10 Fakta Menarik Tentang Gedung Putih yang Jarang Diketahui

Image: SpaceStock Team
0 159

Gedung Putih atau The White House merupakan salah satu landmark di Amerika Serikat. Tempat tinggal resmi Presiden negara adidaya ini juga menjadi bangunan kebanggaan masyarakat Negeri Paman Sam. Bangunan yang berlokasi di Pennsylvania Avenue, Washington DC ini juga merupakan lambang supremasi Amerika Serikat. Pembangunannya pun terbilang cukup lama. Yakni dalam rentang tahun 1792 sampai 1800.

Di-arsiteki oleh James Hoban yang merupakan arsitek kelahiran Irlandia, The White House mengusung gaya arsitektur Georgia Akhir. Tertarik untuk ketahui fakta yang ada di balik megahnya kediaman resmi Presiden Amerika Serikat selama menjabat ini? Nah, berikut ulasan fakta Gedung Putih yang menarik untuk kita ketahui.

Fakta Gedung Putih
Image: morissonclark.com

1. Nama Gedung Putih bukanlah nama pertama

Sebagian besar kita hanya mengenal bangunan kebanggaan Amerika Serikat ini dengan istilah The White House atau Gedung Putih. Sebenarnya setelah pertama kali dibangun pada tahun 1800, landmark Amerika Serikat ini diberi nama Executive Mansion.

Pada tahun 1901, Presiden Theodore Roosevelt mengubahnya dengan nama The White House atau Gedung Putih. Penamaan tersebut berdasarkan pada cat eksteriornya yang serba putih.

2. Rumah yang sangat besar

Fakta Gedung Putih
Image: usatoday.com

Sebenarnya Gedung Putih merupakan sebuah rumah. Hanya saja ukurannya sangat besar. Lumrahnya hunian lainnya, di dalamnya terdapat kamar tidur utama, ruang keluarga, dan ruangan lain. Namun ukurannya yang sangat besar menutupi fakta tersebut.

Landmark Negeri Paman Sam ini memiliki 132 kamar tidur, 28 ruang perapian, 412 pintu, 147 jendela di 6 lantai, hingga 35 kamar mandi mewah. Ada juga ruang bioskop pribadi, area olahraga, bahkan ruang musik!

3. Tidak ada makan siang gratis

Makan siang yang dihidangkan di The White House ini tidak gratis bagi Presiden dan keluarganya. Istilah makan siang tak gratis ini memang benar-benar makna denotasi. Presiden tetap membayar makan siang melalui gaji bulanannya.

Makan siang yang dihidangkan di sana dibuat oleh koki eksekutif. Bahkan presiden pun harus membayar untuk jasa cuci baju sampai keperluan pribadi lainnya.

4. Gedung ramah disabilitas pertama di Amerika Serikat

Pada pelantikannya di tahun 1933, Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt menggunakan kursi roda semasa tugasnya. Sebagai upaya memudahkan pergerakannya, sebagian besar area The White House dirombak.

Hal ini membuat bangunan tersebut menjadi gedung pertama di Amerika Serikat yang ramah disabilitas. Perombakan beberapa bagiannya juga menginspirasi pembangunan gedung di tempat lainnya.

5. Presiden pertama tak sempat tinggal di Gedung Putih

Setahun sebelum pembangunan Gedung Putih selesai, presiden pertama Amerika Serikat George Washington meninggal. Padahal beliau sempat menunjuk bangunan ikonik ini sebagai tempat kediaman keluarganya.

Menurut catatan sejarah, Presiden pertama yang mendiami Gedung Putih adalah John Adams yang merupakan presiden kedua Amerika Serikat. Kemudian presiden-presiden setelahnya mengikuti jejak John Adams menempati Gedung Putih sebagai kediaman selama menjabat.

Baca Juga: 5 Biaya Bangunan Termahal di Dunia Ini Bikin Mata Terbelalak!

6. Pernah memiliki hewan peliharaan liar

Menurut catatan yang ada, Presiden John Quincy Adams pernah memelihara buaya. Sedangkan Presiden Theodore Roosevelt pernah memelihara ular di Gedung Putih. Bahkan anak beruang, kucing hutan, wallaby, sampai kuda nil pernah menjadi hewan peliharaan Gedung Putih pada masa Presiden Calvin Coolidge.

Meskipun pendahulunya memiliki hewan peliharaan liar di The White House, Presiden Obama tidak mengikuti jejak tersebut. Beliau hanya membawa anjingnya tinggal bersama di gedung besar tersebut. Bahkan dalam catatan, Donald Trump pun tidak memelihara binatang apapun di Gedung Putih.

7. Sistem keamanan dan penjagaan yang luar biasa ketat

Fakta Gedung Putih
IMage: Politico.com

Tak hanya sebagai hunian resmi presiden, Gedung Putih juga menjadi pusat komando penting negara. Tak heran jika sistem keamanannya dibuat berlapis yang luar biasa ketatnya. Bahkan gedung yang berada di Washington DC ini bisa dikatakan sebagai bangunan paling aman di dunia.

Tiap beberapa meter terdapat petugas bersenjata lengkap. Ada juga semacam infra red sensor yang begitu membantu sektor keamanan. Di bagian atas gedung terdapat para sniper terpilih yang selalu siap sedia memburu target. Dari segi keamanan properti, terdapat lapisan bulletproof atau lapisan anti peluru.

Jaringan sistem komputer Presiden pun begitu sempurna keamanannya. Sebab terdapat banyak orang-orang kompeten di bidangnya dalam mengamankan sistem komputerisasi Gedung Putih dari ancaman peretas.

8. Memiliki chef yang lolos seleksi ketat

Fakta Gedung Putih
Image: PBS

Salah satu fakta Gedung Putih yang wajib kamu ketahui ada pada keberadaan para chef dalam Gedung Putih. Merekalah sosok yang bertanggung jawab penuh atas asupan makanan yang didapatkan orang nomor satu di Amerika Serikat. Tak heran jika seleksinya pun sangat ketat. Tak hanya dituntut dalam skill memasak, namun chef yang terpilih juga harus memiliki kemampuan lainnya.

Terdapat lima chef tetap di The White House. Hebatnya lagi, para juru masak ini mampu menyediakan makanan untuk 140 tamu dalam waktu yang singkat. Makanan yang disajikan pun termasuk yang berkelas tinggi dan beraneka ragam.

9. Pembangunannya mempekerjakan para budak

Berdasarkan dokumen penggajian masa lalu, banyak tukang yang terlibat dalam pembangunan Gedung Putih. Kebanyakan tukang tersebut adalah para budak yang dipekerjakan oleh James Hoban. Arsitek yang merancang bangunan landmark ini mempekerjakan budaknya sendiri. Mulai dari Daniel hingga Peter yang dipekerjakan sebagai tukang kayu dalam proyek tersebut.

Sebenarnya rancangan dari James Hoban memiliki ukuran lima kali lebih kecil dari rancangan awal Charles L’Efant. Namun George Washington lebih menyukai apa yang dirancang James Hoban dan memulai pembangunan gedung sampai selesai.

10. Mall di lantai basement

Fakta Gedung Putih
Image: color-ad.com

Tak jauh dari tempat bertemu Presiden dengan penasihat staf kala krisis, yaitu Situation Room, terdapat sebuah mal kecil. Mal tersebut menyediakan berbagai kebutuhan pokok. Di mal tersebut terdapat toko kerajinan sampai dokter gigi. Adanya pusat perbelanjaan mini ini bermanfaat agar Presiden tak harus meninggalkan Gedung Putih jika memerlukan sesuatu.

Bahkan pada masa Presiden Nixon tahun 1969 juga dibangun tempat bowling untuk memperkaya fasilitas di The White House ini.

Berikut beberapa ulasan menarik fakta Gedung Putih. Luar biasa, ya! Berbagai kelengkapan fasilitas yang disediakan di dalamnya bertujuan untuk memudahkan Presiden tanpa harus ke tempat umum untuk urusan privasi dan keamanan pula.

Leave A Reply

Your email address will not be published.