10 Ide Ciptakan Taman Tanpa Lahan di Hunian Minimalis

Image: Pinterest
0 111

Meski tinggal di apartemen tipe studio atau convertible sekalipun, bukan berarti kamu tak bisa menciptakan suasana ruangan yang sejuk, hijau nan asri. Salah satunya adalah dengan mengkreasikan konsep taman tanpa lahan.

Model taman ini bisa diwujudkan cukup hanya dengan memanfaatkan ruang minimalis di sekitar tempat tinggal. Penasaran bagaimana cara menerapkannya? Berikut tips dan trik ciptakan taman tanpa lahan seperti ide di bawah ini.

1. Buat Taman dengan Tanaman Gantung

Taman Minimalis
Image: Pinterest

Kamu bisa membuat suasana asri dan cantik dengan taman dari pot gantung. Pot-pot gantung ini bisa diisi dengan tanaman cantik seperti anggrek, begonia, Bowiea Volubilis, geranium, lantana, portulaca, dan masih banyak lagi.

Semua tanaman ini mengeluarkan bunga-bunga berwarna yang memperindah dekorasi rumah kamu. Selain itu tanaman ini hanya membutuhkan perawatan yang sederhana. Cukup menyemprot air secara rutin saja.

2. Taman Vertikal dengan Pot Tanaman Bertingkat

Taman Tanpa Lahan
Image: iheartnaptime.net

Ide membuat taman vertikal biasanya banyak diterapkan di perkantoran atau gedung-gedung tinggi. Tapi ternyata kamu juga bisa membuat taman ini dengan menggunakan pot tanaman bertingkat atau dikenal dengan raised bed planter. Jenis pot ini banyak dijual di toko perlengkapan taman.

Kamu bisa meletakkan di tangga, dinding belakang, halaman depan atau bahkan di samping kamar tidur. Nah untuk jenis tanaman yang bisa dipilih memang lebih banyak dibandingkan model pot gantung. Kamu bisa menanam tanaman hias dan juga herbal seperti kemangi, ketumbar, seledri, daun mint dan tanaman sage.

3. Taman dalam Pot dengan Roda

Taman Tanpa Lahan
Image: ebay.co.uk

Jika kamu memikirkan sebuah taman yang bisa berpindah-pindah sesuai keinginan, maka cobalah taman dalam pot yang dilengkapi dengan roda. Model pot ini bisa berbentuk kotak, lingkaran, oval atau mirip seperti bath up. Pada bagian bawah pot sudah diberi roda sehingga bisa dipindahkan dengan mudah.

Konsep taman ini selain praktis juga memudahkan perawatan. Kamu bisa memindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari, tempat redup atau masuk ke dalam rumah. Tentu saja kamu juga bisa menanam aneka bunga seperti bunga mawar, lili, dan aneka jenis sayur seperti kembang kol dan kemangi.

4. Taman Kecil di Ruang Santai

Taman Tanpa Lahan
Image: Pinterest

Jika kamu memiliki ruang santai di rumah namun semuanya serba tertutup, cobalah membuat taman di dalam ruang ini. Konsep taman ini menggunakan ide tanaman gantung yang merambat dan bunga dalam pot. Taman kecil ini terasa lebih asri dengan aneka bunga yang penuh dengan cabang dan daun hijau seperti dipladenia, petrea volubilis, kuping gajah, sirih merah, dan tanduk rusa.

Agar serasi dengan ruangan maka pilih pot yang warnanya senada dengan interior rumah. Kemudian jangan memberi banyak perabot karena ruangan bisa terlihat sempit. Jangan lupa untuk merawat tanaman dengan cara membuka jendela kaca dan menyemprot air setiap dua minggu sekali.

5. Tanaman Rambat di Atap Rumah

Taman Tanpa Lahan
Image: Pinterest

Konsep taman hijau ternyata tidak hanya diletakkan di tanah saja. Kamu bisa mencoba menanam tanaman rambat dari atap rumah. Caranya adalah menata besi penyangga sejajar kemudian mengisinya dengan pot yang sudah diberi media humus dan tanah gembur. Tanami dengan aneka tanaman rambat seperti mandevilla, alamanda, thunbergia dan ipomea.

Agar tidak tampak membosankan maka kamu bisa menanam kombinasi bunga yang berbeda. Pilih susunan bunga berdasarkan warna kelopak bunga sehingga saat musim bunga tampak lebih indah.

6. Taman Minimalis di Balkon Rumah

Taman Tanpa Lahan
Image: Pinterest

Ide taman tanpa lahan berikutnya bisa kamu buat di balkon rumah. Caranya adalah menggunakan pot khusus yang diberi tali pada bagian bawahnya. Ikatkan pada bagian pagar balkon rumah atau apartemen kamu.

Jenis tanaman yang sesuai untuk model ini adalah tanaman yang mampu bertahap terhadap sinar matahari sepanjang waktu. Misalnya kaktus mini, euphorbia, lantana camara, portulaca, kaliandra merah dan Tthunbergia.

7. Pot Gantung dari Botol Plastik Bekas

Taman Tanpa Lahan
Image: Pinterest/boredart.com

Ide untuk membuat taman tanpa lahan tidak harus menggunakan bahan yang mahal. Salah satunya adalah dengan menggunakan botol plastik bekas yang sudah tidak terpakai. Caranya dengan melubangi pada satu sisi botol baik secara vertikal atau horizontal. Isi dengan humus, bebatuan kecil dan tanah gembur.

Lalu beri bibit bunga begonia, geranium, zygocactus, petunia dan jenis bunga yang lain. Pastikan bunga terkena sinar matahari yang cukup dan letakkan di tempat yang teduh.

8. Taman dari Palet Kayu Bekas

Taman Tanpa Lahan
Image: stpaulsgarwood.com

Untuk membuat taman sederhana di teras rumah maka cobalah membuat taman dari palet kayu. Biasanya banyak palet kayu bekas yang dijual di toko-toko kelontong. Susun palet kayu menjadi tangga bertingkat untuk menghemat ruangan. Kemudian beri tanaman yang sudah ditanam dengan media pot.

Karena palet kayu biasanya tidak terlalu kuat, maka usahakan menaman bunga mini seperti amarilis, geranium, lily dan beberapa anggrek mini. Ketika semua tanaman berbunga pasti teras kamu jadi lebih indah.

Baca Juga: 11 Tanaman Hias dalam Apartemen untuk Mempercantik Ruangan

9. Taman di Dinding dari Daun Jendela Bekas

Taman di dinding bisa menjadi ide yang sangat unik. Nah yang lebih unik jika kamu menggunakan daun jendela kayu bekas yang sudah tidak digunakan. Caranya dengan memasang daun jendela ke dinding menggunakan paku beton yang kuat. Kemudian gantung beberapa pot bunga secara zig-zag.

Untuk jenis tanaman yang sesuai seperti bunga mawar aneka warna. Pastikan jarak pot sesuai untuk ketinggian bunga mawar. Jangan lupa untuk memotong beberapa cabang agar tidak terlalu tinggi dan muncul cabang baru.

10. Taman Bonsai di Dalam Ruangan

Taman Tanpa Lahan
Image: Tokopedia

Jenis bunga bisa menentukan seberapa luas lahan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah ide untuk menanam bonsai yang tidak membutuhkan banyak lahan. Bahkan kamu bisa menanam bonsai mini dalam pot kemudian letakkan di dalam ruang tamu, ruang kerja atau ruangan lainnya.

Jika ingin terlihat lebih rimbun maka pilih saja jenis bonsai beringin, bonsai sakura, bonsai bougenville, bonsai maple dan jenis lainnya. Perawatan bonsai juga cukup mudah. cukup dengan memotong batang dan daun secara rutin, menyemprot dengan air dan penuhi kebutuhan sinar matahari.

Itulah beberapa ide ciptakan taman tanpa lahan di hunian minimalis kamu. Pastikan kamu merawat tanaman dengan baik. Mereka juga punya kehidupan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.