10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Ini Bikin Kamu Semangat Menjalankannya

Image: SpaceStock Team
0 103

Bagi sebagian pekerja, bulan Ramadhan mungkin menjadi bulan yang berat. Selain tuntutan kerja di kantor yang tidak berkurang, tubuh pun lemas akibat menahan lapar dan haus selama menjalankan ibadah puasa. Anehnya, meski membuat tubuh lemas karena tidak ada asupan sumber energi yang masuk, ternyata ada banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan. Bahkan dianjurkan oleh dunia medis.

[lwptoc]

1. Puasa Membersihkan Racun (detoksifikasi)

Hampir bisa dipastikan makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung berbagai zat tambahan yang lambat laun menjadi racun. Hati memang berperan untuk melakukan penyaringan pada racun tersebut tetapi itu tidak cukup. Terutama pada racun yang tersimpan di dalam lemak.

Puasa akan membakar lemak termasuk yang sudah lama sekalipun. Jadi racun yang ada di dalam lemak yang tidak bisa dihilangkan akan ikut terbakar bersama lemak menjadi energi. Itulah kenapa puasa memiliki manfaat untuk proses pelepasan racun (detoksifikasi) bersama dengan Hati, ginjal dan organ tubuh lainnya.

2. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Pada saat puasa, secara otomatis kita akan mengistirahatkan proses pencernaan pada siang hari. Fungsi fisiologis normal yang ada di dalam tubuh akan tetap berlanjut sebagaimana biasanya untuk produksi sekresi dalam proses pencernaan. Tetapi dilakukan pada tingkat yang lebih rendah. Dengan begini, akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Selama puasa seluruh organ pencernaan akan beristirahat, enzim dan hormon juga demikian. Berkat puasa organ vital ini minimal bisa beristirahat selama 14 jam. Dengan begitu, organ pencernaan akan lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

3. Mengatasi Peradangan

Manfaat puasa bagi kesehatan berikutnya adalah mengatasi peradangan. Hal ini sesuai dengan apa yang ditunjukkan dalam beberapa penelitian. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa puasa mampu menurunkan efek peradangan dan alergi seperti rheumatoid arthritis, arthritis, dan juga berbagai penyakit kulit lainnya seperti psoriasis.

Bahkan beberapa ahli sepakat jika puasa mampu meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus besar berbahaya seperti halnya kolitis ulserativa.

4. Mengurangi Gula Darah

Ketika puasa, bisa dipastikan kita tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman kurang lebih selama 14 jam. Efeknya gula darah akan turun. Tubuh kemudian akan merespon keadaan ini dengan menggunakan cadangan glukosa yang tersimpan di dalam jaringan tubuh demi menghasilkan energi selama berpuasa.

Itulah kenapa orang dengan diabetes harus konsultasi dulu sebelum berpuasa. Dan orang dengan gula darah tinggi tetapi tidak menderita diabetes, bisa mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan yang luar bisa. Itulah kenapa pula, saat berbuka kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Tujuannya adalah sesegera mungkin meningkatkan kadar gula darah.

5. Membantu Mengatasi Kegemukan

Bagi yang sedang menjalani diet, mungkin ini kabar terbaiknya. Puasa bisa membantu menurunkan berat badan atau kegemukan. Yang lebih keren lagi, puasa adalah proses diet alami tanpa efek samping. Hal ini sesuai dengan teori sebelumnya, puasa akan menggunakan cadangan glukosa dalam tubuh, dan begitu glukosa habis, proses ketosis dimulai.

Pada proses inilah tubuh akan memecah lemak-lemak yang tersimpan baik di dalam ginjal maupun otot-otot untuk digunakan sebagai sumber energi. begitu banyak lemak yang dibuang, maka peluang untuk mendapatkan tubuh sesuai idaman bakal semakin besar.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berdasarkan banyak penelitian, puasa adalah salah satu metode alami yang terbukti manjur untuk mengurangi tekanan darah. Manfaatnya puasa bisa mengurangi risiko aterosklerosis. Perlu diketahui, atherosclerosis adalah penyakit yang membentuk plak di dinding arteri. Akibatnya arteri menjadi lebih tebal. Jika dinding di arteri semakin tebal, sirkulasi darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Terjadilah tekanan darah tinggi.

Begitu kita berpuasa, resiko pembentukan plak di dinding arteri berkurang. Arteri adalah pembuluh darah berotot yang bertugas untuk membawa darah dari jantung. Plak bisa terbentuk dari kegemukan, kalsium, kolesterol, dan substansi lain pada darah.

7. Meningkatkan Sistem Imunitas

Puasa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Syaratnya kita harus menerapkan pola makan seimbang pada waktu berbuka dan sahur. Misalnya kita rajin mengkonsumsi buah-buahan. Maka akan meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral esensial. Dua zat ini sangat penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Misalnya Vitamin A dan E yang merupakan antioksidan yang tersedia dalam buah ini mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, ketika berbuka dan sahur kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah. Terutama yang mengandung air melimpah, sebab bisa menggantikan cairan yang hilang selama puasa.

Baca Juga: 7 Tips Olahraga Saat Puasa Ini Cocok Dilakukan Biar Tetap Semangat

8. Membantu Mengatasi Kecanduan

Manfaat puasa berikutnya adalah membantu mengatasi kecanduan. Walau bukan cara yang utama, tetapi setidaknya puasa bisa menjadi pelengkap yang efektif. Selama puasa pikiran akan lebih terjaga untuk menahan diri sepanjang hari. Secara tidak sadar, kita juga akan melupakan zat-zat adiktif.

9. Membuat Hati dan Pikiran Menjadi Tenang

Bagi umat Islam, puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja. Melainkan juga obat untuk membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Sebab selama puasa, kita akan merasa dalam keadaan yang bersih.

Sehingga lebih tenang dalam menjalankan berbagai kebaikan. Dengan begitu kita akan lebih sabar, murah hati sekaligus juga meningkatkan intensitas ibadah dan berlaku santun.

10. Meningkatkan Kadar Lemak ‘Baik’ dalam Darah

Terakhir, berdasarkan studi Annals of Nutrition Metabolism, manfaat puasa bagi kesehatan adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 8 persen, trigliserida hingga 30 persen, dan meningkat kolesterol baik sampai 14,3 persen. Manfaat ini bisa kita dapat bila pola makan sehat dan olahraga kita terapkan selama berpuasa.

Sungguh luar biasa manfaat puasa bagi kesehatan. Sungguh adalah orang-orang yang merugi bila tidak menjalankan ibadah ini. Selain bertujuan untuk amal dan pahala, manfaatnya pun berdampak bagi kesehatan kita pula.

Leave A Reply

Your email address will not be published.