10 Negara dengan Waktu Puasa Terlama

Image: SpaceStock Team
0 89

Selain ideal untuk bekerja, Indonesia juga merupakan negara yang memiliki durasi berpuasa yang cukup ideal. Sebab letaknya berada persis di garis khatulistiwa sehingga tidak mengalami perubahan musim yang cukup ekstrim. Lantas bagaimana dengan negara-negara yang berada di daerah luar khatulistiwa? Tentu saja ada yang memiliki waktu berpuasa terlama dan terpendek.

Negara dengan Waktu Puasa Terlama

Negara yang mengalami waktu berpuasa terlama biasanya sedang mengalami musim panas. Sebab ketika musim panas, waktu matahari terbit sampai tenggelam lebih lama. Bahkan ada yang hampir 24 jam! Karena waktu berpuasa berpatok pada terbit dan tenggelamnya matahari, tentu kondisi tersebut sangat berpengaruh pada durasi yang mesti dijalankan. Berikut ulasan 10 negara dengan waktu puasa terlama.

[lwptoc]

1. Kanada

Waktu Puasa Terlama
Image: Travel + Leisure

Berada di belahan bumi bagian utara, bulan Ramadan masuk di musim panas. Karena memasuki musim panas, waktu matahari terbit dan terbenam di negara dengan ibukota Ottawa ini cukup lama.

Masyarakat muslim di kota Edmonton mesti menjalankan ibadah puasa hampir 19 jam. Sedangkan di kota Toronto, lamanya waktu berpuasa sekitar 16 jam.

2. Turki

Negara Waktu Puasa Terlama
Image: Online Visa Travel

Meskipun tidak termasuk negara di dekat kutub utara, Turki ternyata memiliki waktu berpuasa yang cukup lama. Hal ini disebabkan musim panas yang saat ini sedang terjadi di negara lintas benua tersebut. Masyarakat muslim Turki mesti menjalani ibadah puasa selama 17 jam.

Jika dibandingkan Indonesia yang hanya 12-13 jam, tentu saja menjadi tantangan tersendiri jika harus berpuasa di negara dengan waktu puasa terlama ini.

3. Inggris

Waktu Puasa Terlama
Image: Reservasi Blog

Sama seperti negara di belahan bumi utara lainnya, Inggris pun sedang mengalami musim panas di Ramadan kali ini. Tak heran jika waktu matahari terbit dan terbenamnya cukup lama. Umat muslim di negeri Ratu Elizabeth ini mesti menjalankan puasa antara 18 hingga 19 jam.

Imsak dimulai sekitar pukul 02.30 dini hari. Sementara matahari tenggelam terjadi pada pukul 21.30.

4. Jerman

Waktu Puasa Terlama
Image: tallypress.com

Berada dekat dengan Inggris, durasi berpuasa di negeri panser ini tak begitu berbeda dengan tetangganya. Umat muslim Jerman mesti menahan lapar dan haus selama 18-19 jam sehari. Musim panas memang membuat jangka waktu matahari terbit dan tenggelam lebih lama dari musim lainnya.

Untuk sahur dimulai sekitar pukul 02.00 sampai 03.00 dini hari. Sedangkan waktu berbuka puasa pada pukul 22.00.

5. Belarus

Waktu Puasa Terlama
Image: Kayak

Negara di kawasan Eropa Timur ini juga menjadi salah satu negara dengan durasi terlama untuk berpuasa. Yakni kisaran 19 jam. Waktu mulai berpuasa sekitar pukul 03.00 dini hari. Sedangkan berbuka puasa dilakukan pada pukul 21.30 waktu Belarus.

Meskipun menjalankan ibadah puasa dengan durasi cukup lama, namun kondisi iklim di negara tersebut begitu mendukung sehingga tidak terlalu menguras tenaga selama seharian. Belum lagi masyarakatnya yang begitu toleran makin meringankan ibadah puasa umat muslim di sana.

6. Alaska

Waktu Puasa Terlama
Image: Backroads

Siapkan stamina ekstra jika berpuasa di Alaska. Kawasan yang dekat dengan kutub utara ini mengalami waktu matahari terbit dan tenggelam dengan durasi 20 jam. Artinya, umat muslim hanya diberikan waktu selama 4 jam untuk berbuka sampai sahur.

Namun jika bulan puasa terjadi di musim dingin, waktu berpuasa di Alaska berubah lebih cepat. Sebab matahari terbit dan tenggelam hanya terjadi kisaran 5 jam saja. Karena waktu berpuasa hampir 24 jam, sebagian kaum muslim disana ada yang berpatok ke negara tetangga atau Mekah untuk waktu buka dan sahurnya.

7. Rusia

Waktu Puasa Terlama
Image: PYMNTS.com

Karena wilayah Rusia sangat luas, waktu berpuasa pun beragam di tiap daerah. Sama seperti Indonesia yang memiliki tiga pembagian zona waktu. Negara yang cukup dekat dengan kutub utara ini menghabiskan waktu berpuasa sampai 19 jam.

Bahkan di Kota Murmansk, waktu berpuasanya lebih panjang. Yakni kisaran 20-21 jam. Tak heran jika sebagian umat muslim disana lebih berpatok ke waktu Mekah atau negara tetangga yang durasi puasanya lebih singkat.

Baca Juga: 14 Hal yang Membuat Batal Puasa dan Makruh

8. Swedia

Negara dengan Waktu Puasa Terlama
Image: Nusantara News

Negara tetangga Rusia yakni Swedia juga memiliki durasi puasa yang cukup lama. Bagi yang menjalankan puasa di Swedia, maka mesti menyiapkan stamina untuk menahan lapar dan haus hingga 20 jam. Waktu mulai berpuasa kisaran pukul 03.00. Sedangkan waktu berbuka antara pukul 22.00 atau 23.00.

Durasi puasa selama 20 jam ini juga dialami oleh negara sekitarnya seperti Norwegia dan Swiss.

9. Islandia

Waktu Puasa Terlama
Image: Kompas Ramadhan

Di urutan kedua, Islandia memiliki durasi waktu puasa hingga 22 jam. Artinya matahari terbenam hanya sekitar 2 jam saja. Karena waktu berpuasanya sangat lama, sebagian besar masyarakat muslim di sana berpatok ke waktu Mekah dalam menjalankan ibadah puasa.

Memang ketika musim panas, waktu siang akan jauh lebih lama. Begitu pula ketika musim dingin tiba. Matahari akan terbit dalam durasi lebih sedikit sehingga jika Ramadan jatuh pada musim dingin, waktu berpuasa pun akan berubah lebih singkat.

10. Finlandia

Negara dengan Waktu Puasa Terlama
Image: Muslim Obsession

Di urutan pertama adalah Finlandia. Negara yang terkenal dengan kualitas pendidikan terbaik ini memiliki waktu berpuasa hingga 23 jam sehari. Waktu tersebut tentu sangat tidak mendukung jika benar-benar dilakukan. Maka agar umat muslim tetap berpuasa dengan lancar, mengikuti waktu Mekah menjadi opsi lainnya.

Jika mengikuti negara di sekitar pun sama saja akan mendapatkan waktu puasa yang sangat panjang. Sebab jangka waktu matahari terbit hingga terbenam di negara sekitar juga terbilang sama karena juga sedang mengalami musim panas.

Ternyata jika dibandingkan dengan Indonesia, waktu berpuasa di negara belahan bumi utara jauh lebih lama. Sepatutnya kita bersyukur karena tinggal di negara yang memiliki iklim mendukung untuk beribadah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.