10 Tips Investasi Properti yang Harus Kamu Pertimbangkan di Awal

Image: remax.com
0 25

Properti masih menjadi pilihan investasi yang sangat menguntungkan sekaligus juga aman. Dibanding dengan jenis investasi lainya seperti saham atau lainnya, investasi properti menjanjikan keuntungan yang terus meningkat setiap tahunnya. Hampir tidak ada kerugian dalam investasi properti.

Karena itu, tak salah bila banyak yang tertarik untuk investasi properti. Meski demikian, untuk menghasilkan keuntungan yang besar, investasi properti tidak bisa dijalankan asal-asalah. Beragam tips investasi properti harus dipelajari dan praktekkan.

Tips Investasi Properti

Berikut beberapa tips investasi properti yang bisa jadi pertimbangan kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum benar-benar menginvestasikan uang kamu:

1. Keuangan

Tips Investasi Properti
Image: uprint.id

Sebelum melakukan investasi di bidang properti, ada baiknya jika kamu mempertimbangkan kondisi keuanganmu ke depannya. Apakah akan menjadi lebih baik atau lebih buruk? Apalagi jika properti yang akan kamu ambil dibayar dengan cara dicicil.

Jangan sampai hanya karena memikirkan keuntungan setelah membeli properti kemudian kamu melupakan kondisi keuangan kamu. Rincikan dengan baik setiap pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya sebagai bahan pertimbangan utama dalam memutuskan untuk mengambil sebuah properti.

Perlu diingat, keuntungan investasi properti baru bisa didapat setelah beberapa tahun kemudian. Itu artinya, uang yang kamu gunakan untuk investasi sebaiknya adalah uang yang bukan untuk modal sektor produktif.

2. Lingkungan

Tips Investasi Properti
Image: Unsplash/@TomFisk

Jika kamu ingin berinvestasi dalam bidang properti sekaligus kamu gunakan untuk bisnis properti, maka sebaiknya perhatikan betul kondisi lingkungan di sekitar properti yang akan kamu ambil.

Misalnya kamu beli rumah untuk disewakan. Maka akan sangat baik jika membeli rumah yang berada dekat dengan lingkungan kampus atau perkantoran sehingga kamu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan penyewa terbaik.

3. Pajak properti

Tips Memulai Investasi Properti
Image: jarlawyer.com

Sekali lagi, jika kamu menjalankan investasi properti sekaligus bisnis properti, maka jangan terburu-buru mengambil properti. Sekalipun itu adalah properti yang sangat menarik dengan lingkungan sekitar yang mendukung.

Alangkah baiknya jika kamu memastikan pajak properti yang harus kamu bayar setiap tahunnya. Jangan sampai pajak yang kamu bayarkan justru jauh lebih besar dari pendapatan sewa yang akan kamu terima.

Baca Juga: Beda Investasi Properti dan Bisnis Properti, Lebih Untung Mana?

4. Dekat dengan fasilitas publik

Cara Menjalankan Investasi Properti
Image: Grid.id

Jika tidak ingin menyewakan properti yang kamu investasikan, usahakan untuk memilih yang dekat dengan fasilitas publik. Memang harganya akan lebih mahal. Tetapi setidaknya, kamu akan mendapatkan dua pemasukan sekaligus.

Pertama pemasukan dari bisnis properti yang biasanya bisa kamu dapatkan dengan cepat, dan yang kedua dari sektor investasi properti. Misalnya properti kamu dekat dengan sekolahan atau kampus. Maka kamu bisa menyewakanya pada keluarga yang butuh akses ke sekolah atau kampus dengan cepat.

5. Tingkat kejahatan

Tips Investasi Properti
Image: detroitjournalism.org

Tips investasi properti berikutnya adalah soal keamanan di sekitar lingkungan properti. Siapapun yang akan menyewa properti milik kamu tentu ingin berada di lingkungan yang aman. Lakukan penyelidikan terlebih dahulu mengenai tingkat dan jenis kejahatan yang sering terjadi di sana.

Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai situasi keamanan lingkungan sekitar dari agen properti secara langsung atau bertanya pada masyarakat sekitar. Ingatlah bahwa lingkungan yang aman bukan hanya karena properti akan disewakan, namun juga mengingat kemungkinan jika suatu hari kamu dan keluarga akan tinggal disana.

6. Kesempatan kerja

Memulai Investasi Properti
Image: YouWorkForThem

Salah satu kawasan terbaik untuk memiliki properti adalah kawasan perkantoran dan universitas. Dengan banyaknya jumlah perkantoran di sekitar properti, maka akan semakin besar pula potensi sewa/beli yang kamu miliki diminati. Jumlah perkantoran yang banyak akan memperbesar kesempatan kerja bagi orang yang akan menyewa propertimu.

Bahkan bukan tidak mungkin jika sebuah perusahaan besar akan menyewa langsung propertimu untuk dijadikan tempat tinggal para pekerja mereka yang berasal dari luar kota. Jika sudah begini, kerjasama yang baik akan memnbuatmu memiliki peluang untuk meraup untung di tahun berikutnya.

7. Fasilitas & Sarana

Selain dekatnya sekolah dan tempat kerja, fasilitas lain juga harus dipertimbangkan sebelum membeli sebuah properti. Semakin lengkap fasilitas yang dimiliki sebuah properti, maka semakin tinggi harganya dan menarik pula investasi tersebut.

Adapun beberapa fasilitas yang wajib dilengkapi adalah air, listrik, akses jalan, tempat ibadah, lahan parkir, rumah sakit, sarana tranportasi umum, pasar, dan fasilitas lainnya. Sebaiknya hindari membeli properti yang sulit diakses atau sangat minim fasilitasnya. Meskipun harganya mungkin lebih murah dibandingkan properti lainnya, namun investasi seperti ini sangat kecil keuntungannya.

8. Potensi rencana pengembangan

Langkah Investasi Properti
Image: ikons.id

Tips investasi properti ke delapan adalah soal adanya rencana pengembangan dari sebuah kawasan properti. Jika sebelumnya kamu mendapatkan penawaran properti yang berada di kawasan minim fasilitas dengan harga murah, maka sebaiknya jangan terburu-buru untuk menolaknya.

Mungkin saat ini properti tersebut tidak terlalu tinggi nilainya jika digunakan sebagai investasi, namun jika properti tersebut berada di kawasan yang memiliki rencana pengembangan yang baik, maka tidak ada salahnya jika kamu berinvestasi disana. Sering kali sebuah kawasan yang tampak ‘mati’ dan sangat rendah harganya justru dalam beberapa tahun ke depan memiliki nilai yang sangat fantastis berkat pengembangan kawasan tersebut.

9. Rata-rata pendapatan sewa

Ketika akan melakukan investasi properti, jangan lupa pula untuk mempertimbangkan rata-rata pendapatan sewa di daerah sekitar. Jangan sampai kamu mematok biaya sewa terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah jika kamu membisniskan properti kamu. Terlalu tinggi menyebabkan properti kamu tidak laku, dan terlalu rendah membuat kamu rugi.

10. Potensi bencana alam

Selain beberapa poin di atas, kamu juga harus mempertimbangkan poin adanya kemungkinan bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, dan lain-lain. Jangan sampai kamu membeli properti yang berada di daerah rawan bencana yang akan menyebabkan kerugian besar jika harus berkali-kali melakukan renovasi.

Itulah 10 tips investasi properti yang sebaiknya kamu pertimbangan terlebih dahulu. Memiliki investasi properti memang menggiurkan, tapi ingatlah untuk selalu bijak dalam mengambil keputusan, terutama dalam hal keuangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.