11 Gedung dengan Desain Fasad Bangunan Paling Menarik di Dunia

Image: SpaceStock Team
0 162

Salah satu hal yang menjadi daya tarik utama dari suatu bangunan adalah desain fasadnya. Pasalnya fasad suatu gedung tidak hanya menunjukkan keindahan atau kualitas dari arsitek yang mendesainnya, melainkan juga fungsi dan kegunaannya. Ingin tahu gedung apa saja yang memiliki desain fasad bangunan paling menarik di dunia? Simak ulasannya berikut ini.

1. Hue Apartment di Richmond

Desain Fasad Bangunan
Image: Cutek America

Gedung apartemen setinggi lima lantai di Richmond ini dirancang oleh Jackson Clements Burrows dengan menerapkan konsep modern minimalis. Fasad gedung sendiri menggunakan material kayu dengan jendela berbentuk bulat yang memiliki diameter sangat bervariasi.

Jendela tersebut juga diletakkan secara random di seluruh sisi gedung. Di halaman depan gedung terdapat taman yang menghasilkan perpaduan menarik dengan Hue Apartement. Tertarik untuk berkunjung?

2. 18 Kowloon East di Hong Kong

Desain Fasad Bangunan
Image: Arch20

18 Kowloon East yang berada di Hong Kong ini sebenarnya terdiri dari perkantoran, hunian, dan bahkan lahan parkir. Adapun yang menjadi perancang dari gedung ini adalah seorang arsitek yang berasal dari Aedas. Ia menggunakan konsep penghijauan yang modern sebagai fasad gedung.

Hal paling menarik dari gedung ini adalah taman yang berada di sepanjang eksterior gedung. Warna hijau yang dihasilkan taman semakin menambah daya tarik gedung, terutama karena keberadaannya di pusat kota. Selain memperindah tampilan gedung, taman ini juga mampu mengurangi polusi udara.

3. FECHAC Regional Office di Meksiko

Fasad Bangunan Unik
Image: ArchDaily

Salah satu material yang dapat digunakan untuk membuat fasad bangunan adalah logam. Seperti fasad dari FECHAC Regional Office di Meksiko, gedung dengan dua menara ini terbuat dari logam yang memiliki pola zig-zag bergelombang.

Di bagian lain gedung fasad yang digunakan adalah semi transparan dengan pola pita yang berfungsi sebagai latar dari dua menari di gedung ini. perpaduan antara desain fasad tersebut menghasilkan efek gedung yang modern dan juga elegan. Menarik sekali bukan?

4. Dear Jingumae di Tokyo

Desain Fasad Bangunan
Image: ArchDaily

Tokyo juga memiliki gedung dengan desain fasad paling menarik di dunia, lho. Gedung tersebut adalah Dear Jingumae yang dirancang oleh seorang arsitek bernama Yoshihiro Amano.

Desain fasad yang diterapkan Amano untuk gedung ini yaitu pola bergelombang yang terbuat dari material baja dengan bentuk menyerupai potongan pita. Kalau dipandang sekilas fasad bangunan ini seakan menyelimuti gedung layaknya pelindung, tetapi justru hal itulah yang membuatnya menjadi tampak unik.

5. Tower Hatert di Belanda

Desain Fasad Bangunan
Image: Inhabitat.com

Tower Hatert di Belanda yang merupakan buatan Rotterdam 24H Architecture merupakan perpaduan antara material logam dan kayu. Desain fasad gedung ini adalah gaya kontemporer art nouveau. Jika diperhatikan fasad bangunan ini memiliki motif yang menyerupai bunga. Motif tersebut menghasilkan pola unik dari bagian atas hingga bawah.

6. Estar Moveis SuperLimao Studio di Belanda

Desain Fasad Bangunan Unik
Image: ArchDaily

Menurutmu apa yang membuat studio di Belanda ini menjadi menarik? Tentu saja desain fasadnya yang dibuat berbentuk sarang lebah dengan pola heksagonal, lalu di beberapa sisi dibiarkan bolong yang berfungsi sebagai area sirkulasi udara.

Pola fasad ini terbagi menjadi dua lapisan warna yaitu lapisan semi transparan dan lapisan buram. Alhasil bangunan memiliki efek visual yang unik dan sangat menarik.

7. Campus Kolding di Denmark

Tampilan Fasad Bangunan
Image: sdu.dk

Penampakan dari luar gedung Campus Kolding yang berada di Denmark ini memang benar-benar menarik. Dan tahukah kamu kalau pesona tersebut tidak lepas dari campur tangan Henning Larsen sebagai arsitek bagunan Universitas ini.

Inovasi yang dibuatnya yaitu mendesain agar fasad gedung dapat bergerak sendiri. Oleh sebab itu fasad gedung ini dibuat dengan bentuk segitiga yang telah dilengkapi lubang kecil. Tampilan gedung ini semakin apik dengan adanya sensor cahaya yang diberikan pada fasad gedung.

8. Manuel Gea Gonzalez di Meksiko

Desain Fasad Bangunan
Image: Pinterest

Manuel Gea Gonzalez adalah gedung rumah sakit di Meksiko yang menggunakan fasad menyerupai struktur spons setinggi 300 kaki untuk melindungi gedung. Sekilas dari luar gedung ini tampak begitu menarik, tetapi fasad tersebut sebenarnya memiliki fungsi lain.

Fasad tersebut berfungsi untuk mem-filter udara untuk membersihkan toksin dan juga sanggup menghilangkan polutan, karena kandungan titanium dioksida yang dimiliki fasad. Dengan begitu udara di sekitarnya pun menjadi lebih bersih dan sehat.

9. Al Bahr Tower di Abu Dhabi

Desain Fasad Bangunan
Image: Diar Consult

Siapa sangka kalau salah satu gedung dengan desain fasad paling menarik di dunia juga berada di Abu Dhabi? Sebagaimana yang diketahui bahwa kawasan ini memiliki cuaca yang sangat terik. Jadi untuk membuat gedung memerlukan fasad yang bersifat responsif terhadap cahaya dan suhu.

Itulah mengapa Alh Bahr Tower memakai fasad berbahan fiberglass yang memiliki bentuk menyerupai katup mawar. Bahan yang digunakan oleh gedung yang sedap dipandang mata ini mampu membelokkan cahaya matahari serta mempunyai respon buka-tutup, jadi tidak mengganggu pandangan dari dalam gedung. Pada saat malam hari fasad ini tidak akan terlihat.

Baca Juga: 15 Apartemen Terunik di Dunia dengan Desain Tak Biasa

10. Algae Building di Jerman

Desain Fasad Bangunan
Image: The Architect Newspaper

Algae Building merupakan bangunan yang dibuat oleh Splitterwerk Architects dan Arup yang memiliki luas 2.150 kaki. Keunikan dari bangunan ini adalah desain fasad yang menggunakan warna cerah, tidak seperti gedung pada umumnya dan jika diperhatikan sekilas benar-benar menarik dan memiliki daya tarik.

Dan ternyata bangunan ini tidak hanya mempesona dari segi desain fasadnya saja, melainkan juga dari manfaatnya. Warna hijau dari Algae Building yang berada di Jerman ini sebenarnya dihasilkan dari jutaan tanaman alga mikroskopis yang berguna memacu produksi biomassa, sehingga sangat ramah lingkungan.

11. Cayan Tower

Tampilan Fasad Bangunan
Image: skyscrapercenter.com

Cayan Tower yang berada di Dubai ini memiliki banyak sekali hal menarik. Selain ketinggian yang menawan, yakni sekitar 306,4 meter dengan fungsi hunian vertikal, fasad bangunan yang dihadirkan juga sungguh menarik. Desain ini merupakan hasil inovasi arsitektur ternama Skidmore Owings & Merril. Konsep fasad kotak-kotak di setiap jendela seakan menyatu dengan konsep bangunan yang berputar 1,2 derajat searah jarum jam ini.

Nah itulah 11 gedung dengan desain fasad bangunan yang paling menarik di dunia. Tertarik ingin travelling dan lihat langsung tampilannya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.