12 Ide Pembatas Ruangan untuk Hunian Mungil dan Tetap Nyaman

Pembatas ruangan pun dapat ikut mempercantik ruanganmu di rumah, coba hadirkan 12 material ini.

Image: Pinterest
0 26

Hunian mungil memang identik dengan ruangan yang sempit dan terbatas, sehingga harus diatur agar terbagi dengan baik. Perlu kamu ketahui bahwa menggunakan dinding hanya akan membuat ruangan terasa semakin sempit dan sumpek. Nah, alternatif paling baik adalah menggunakan pembatas ruangan yang bersifat multifungsi untuk membagi-bagikan beberapa ruangan. Kali ini, SpaceStock punya 12 ide pembatas ruangan yang berguna banget buat mempercantik hunian kamu.

Ragam Ide Pembatas Ruangan

1. Tirai atau Kain

Tirai Pemisah Ruangan
Image: Fanny Soulier

Tirai atau kain merupakan ide pembatas ruangan yang paling banyak digunakan karena teramat simple namun tetap menarik. Salah satu alasannya karena bahan ini sangat mudah untuk ditemukan dan diperoleh di mana saja. Selain itu material tirai kain juga termasuk mudah untuk dipasang, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra.

Penggunaan tirai sebagai penyekat ruangan dapat membantu kamu untuk menciptakan suatu ruangan yang cukup privat di dalam ruangan lain. Manfaat lain dari tirai adalah juga dapat difungsikan untuk menjadi sekat antara tempat tidur dengan tempat penyimpanan pakaian, kamar mandi, ataupun tempat tidur anak.

2. Penyekat Lipat

Pemisah Ruangan yang Bisa Dilipat
Image: bestdecorthings.com

Kamu mungkin menganggap tirai atau material kain kurang kondusif untuk digunakan sebagai sekat. Tidak perlu khawatir, material kayu juga bisa menjadi alternatif yang cukup mudah untuk diperoleh dan bahkan nilai plus-nya adalah kayu mempunyai penampakan yang lebih menarik dan keren. Salah satu contohnya adalah penyekat lipat.

Selain itu kamu juga bisa menyesuaikan model dari penyekat lipat ini dengan konsep ruangan di dalam hunianmu. Penyekat lipat ini dapat kamu gunakan ketika dibutuhkan saja. Jadi ketika sudah tidak digunakan bisa kamu lipat dan simpan.

3. Penyekat Kayu yang Tersusun Secara Horizontal

Pembatas Ruangan Kayu
Image: Pinterest

Selain penyekat lipat, satu lagi ide pembatas ruangan dengan menggunakan material kayu. Ide ini bahkan dapat diterapkan pada berbagai konsep ruangan minimalis dan dipercaya tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Menariknya kamu bahkan bisa membuat sendiri penyekat ruangan ini. Caranya simpel saja kamu cukup memasang balok kayu secara horizontal. Selain berfungsi sebagai penyekat, ide ini juga dapat membuat ruanganmu tampak semakin unik dan keren.

4. Penyekat Industrial

Ide Pembatas Ruang dari Besi
Image: HomDeko

Jangan ragu untuk menerapkan konsep di tempat pekerjaanmu sebagai ide penyekat ruangan. Kalau kamu pekerja pada perusahaan industri atau memang penyuka desain a la industrial, cobalah ide penyekat satu ini yang dijamin akan memberi kesan pabrik pada hunianmu.

Penyekat industrial ini menggunakan material dari besi yang bisa dibentuk sesuai dengan keinginanmu. Misalnya kamu ingin menyusunnya secara horizontal dan vertikal, sehingga menghasilkan pembatas besi dengan bentuk kotak-kotak. Ide ini akan membuat sekat di dalam ruangan hunianmu semakin tampak dengan jelas.

5. Rak Buku

Ide Rak Buku
Image: foodcam.com

Kamu juga bisa memanfaatkan furniture di dalam hunianmu sebagai ide untuk penyekat ruangan, lho! Misalnya kamu mempunyai rak buku, maka cobalah untuk menjadikannya sebagai penyekat. Ide ini juga akan membuat batas dari dua zona berbeda di dalam ruangan semakin terlihat dengan jelas.

Deretan buku-buku yang tersusun di rak ini juga akan memberi kesan tersendiri terhadap konsep ruanganmu. Selain rak buku kamu juga bisa menggunakan furniture lain seperti sofa, cabinet,  ataupun lemari yang tidak terlalu tinggi.

6. Rak Tanaman

Ide Pemisah Ruangan
Image: Pinterest

Ide pembatas ruangan satu ini mungkin terdengar cukup asing dan belum terlalu banyak diterapkan. Tetapi ide ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan penggunaan rak buku, karena juga bersifat multifungsi. Di mana rak tanaman tidak hanya berfungsi sebagaimana mestinya, melainkan juga dimanfaatkan untuk fungsi lain.

Untuk menerapkan ide satu ini kamu bisa menggunakan room divider seperti plants holder yang biasa disebut rak tanaman. Selain berfungsi sebagai tempat menata tanaman dan sebagai penyekat ruangan, rak ini juga akan memberi kesan yang asri, segar, dan natural di dalam hunianmu.

7. Penyekat dari Material Kaca

Kaca Sebagai Pembatas Ruangan
Image: Pinterest

Kalau sudah bosan dengan material kayu atau besi, kamu juga bisa menggunakan material kaca untuk menjadi penyekat ruanganmu. Salah satu contohnya adalah menggunakan kaca buram sebagai sekat.

Akan lebih baik lagi kalau kaca buram ini kamu patenkan letaknya atau dengan kata lain dipasang permanen pada langit-langit ke lantai agar tidak bergerak.

8. Manfaatkan Material Alami

Ide Pembatas Ruangan Menarik
Image: canadafengshui.com

Ide penyekat ruangan berupa material alami juga bisa kamu manfaatkan sebagai pembatas dalam ruanganmu, lho! Apalagi kalau kamu penyuka hal anti-mainstream dan segala barang yang unik. Jika tadi sempat membahas seputar pot tanaman untuk pembatas ruangan, adapun material alami lain yang bisa kamu manfaatkan seperti air terjun hias, batu alam, dan lain-lain.

Penyekat ruangan dengan menggunakan material alami ini juga akan memberikan kesan bahwa ruanganmu tidak kaku dan menciptakan suasana nyaman. Selain itu penyekat ini juga dapat menjadi hiasan yang semakin mempercantik hunianmu.

9. Akuarium

Tips Membuat Penyekat Ruangan
Image: homelitus.com

Atau jika kamu sudah terpikir dengan air terjun hias sebagai pembatas ruangan, kenapa tidak coba juga dengan tampilan akuarium? Nyatanya, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai ide untuk penyekat ruangan yang bersifat multifungsi dan berhasil mempercantik ruangan di rumah.

Penggunaan akuarium sebagai penyekat ruangan dapat kamu terapkan jika ingin memisah antara ruang tamu dan ruang keluarga misalnya. Jadi baik sedang duduk di ruang tamu ataupun di ruang keluarga, semuanya bisa menikmati pemandangan ikan-ikan hias di dalam akuarium.

Baca Juga: Perhatikan Tips Menyulap Apartemen Kecil Menjadi Mewah Ini

10. Penyekat dari Kertas

Ide Penyekat Ruangan
Image: aca.co.id

Siapa bilang kertas tidak bisa menjadi ide penyekat ruangan? Bahkan material yang memang kerap dijadikan sebagai bahan pembuat kerajinan juga bisa dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan penyekat ruangan yang unik.

Contoh ide sederhana tentang penyekat ruangan berbahan dasar kertas yaitu kertas yang digunting-gunting mengikuti pola tertentu, misalnya pola bulat, kemudian pola tersebut dibentuk sambung-menyambung dan direkatkan di atas kawat. Terakhir kamu tinggal menggantungnya dari langit-langit.

11. Kelambu untuk pemisah area luas

Penyekat Ruangan Menggunakan Kelambu
Image: Hotelopia.es

Jika ada bagian ruang yang cukup luas di hunian mungil kamu, kelambu bisa jadi ide penyekat ruang yang tepat. Kamu bisa memilih kelambu terbuka maupun tertutup, keduanya sama-sama oke. Manfaatkan balok kayu di bagian langit-langit untuk menggantungkan kelambu. Tampilan ini memang hampir mirip dengan bahan tirai sebagai pemisah, namun dengan kain yang lebar ini akan semakin menampilkan kesan alami.

12. Bisa juga padukan kayu dan kaca sebagai penyekat ruangan

Ide Penyekat Ruangan
Image: Restoration Hardware

Tinggal di hunian terbatas bukan berarti kamu tak bisa hadirkan ruang kerja yang keren dan menarik. Kamu bisa mengambil ruang tertentu, misalnya ruang tamu. Sisakan saja sedikit area untuk ruang kerja di dalam ruang tamu, kemudian pisahkan menggunakan sekat gabungan kayu dan kaca. Dengan begitu kamu bakal punya ruang tamu yang terintegrasi dengan ruang kerja sekaligus.

Itulah beberapa ide pembatas ruangan yang cocok untuk hunian mungil kamu. Apa kamu punya ide lainnya?

(Source: Homify)

Leave A Reply

Your email address will not be published.