12 Tips Mengubah Kamar Kos Kamu Jadi Apartemen Mewah!

Image: Pinterest
0 156

Kos identik dengan kamar yang kecil, sumpek, dan berantakan. Tentu hampir semua orang maklum dengan kondisi demikian. Terutama bila melihat penghuninya yang hanyalah para mahasiswa alias pengangguran terselubung hingga pekerja biasa. Mereka menempati kos hanya untuk istirahat dan lebih banyak menghabiskan waktu di luar.

Meski begitu, menjadikan kamar kos sebagai tempat yang nyaman adalah keharusan. Dengan begitu, kamu akan jadi lebih betah melakukan berbagai aktivitas di dalam kamar. Salah satu cara adalah dengan mengubah kamar kos jadi serasa kamar mewah di apartemen bergengsi. SpaceStock punya 12 tips mengubah kamar kos jadi apartemen. Yuk simak ulasannya.

[lwptoc title=”Tips Mengubah Kamar Kos Menjadi Apartemen Mewah”]

1. Cari sofa bed yang Sesuai dengan Ukuran

Kamar Kos Jadi Apartemen
Image: bensonforbeds.co.uk

Untuk membuat kamar kos kamu memiliki kesan layaknya apartemen mewah, salah satu caranya adalah memasukkan sofa ke dalam kamar. Kamar kamu sempit? Tenang, sekarang ada sofa bed atau sofa kasur yang bisa membuat kamu memiliki sofa dan tempat tidur secara bersamaan.

Ya, dengan menggunakan sofa bed, maka kamu dapat melipat tempat tidurmu untuk dijadikan sofa ruang tamu yang cantik dan mewah. Kamu tidak perlu repot lagi memikirkan ruangan yang sempit. Ide yang brilian, bukan?

2. Pasang cermin besar

Ubah Kamar Kos Jadi Apartemen
Image: gotohomerepair.com

Kamar yang sempit memang jadi kendala utama dalam mendekorasi kamar. Namun hal ini dapat diatasi dengan memasang cermin berukuran besar di dalam kamar. Dengan cermin besar, ruangan kamu akan mendapatkan refleksi dari sisi ruangan.

Hasilnya kamar yang sempit akan memiliki kesan lebar dan luas. Ilusi optik seperti ini sudah banyak diterapkan oleh banyak arsitektur ternama dalam mendekorasi ruangan mewah.

3. Alasi lantai dengan karpet

Ubah Kamar Kos
Image: aliexpress.com

Untuk menambah kesan mewah dalam kamar kamu, tidak ada salahnya untuk memasang karpet sebagai alas lantai kamar. Karpet identik dengan kemewahan dan kebersihan sehingga kesan apartemen mewah akan tampak tak hanya di dinding kamar saja, tapi juga di bagian lantai. Terlebih, akan membuat langkah kaki terasa nyaman ketika berada dalam kamar.

Carilah karpet dengan warna yang lembut dan tidak bermotif ramai sehingga kesan tenang dan kalem akan semakin menambah kemewahan kamarmu.

4. Gunakan wallpaper

Ubah kamar Kos
Image: Homedit.com

Cara lain untuk mengubah kamar kos menjadi lebih mewah bak apartemen adalah dengan memasang wallpaper di dinding kamarmu. Setidak-tidaknya pasanglah wallpaper pada sisi di mana kamu tidur.

Saat ini sudah banyak wallpaper dengan harga murah dan kualitas baik di pasaran sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek cukup dalam. Pilih wallpaper dengan warna yang lembut sehingga ruangan tetap akan terang dan terasa luas.

5. Letakkan meja dan bangku kecil untuk tamu

Ubah Kamar Kos
Image: tlcinteriors.com.au

Memiliki kamar kos yang sempit bukan berarti kamu tidak bisa memiliki perabotan ruang tamu untuk teman-teman yang datang berkunjung. Kamu bisa menggunakan meja kecil yang diletakkan di sudut kamar tepat di sebelah sofa bed.

Meja kecil ini akan menambah kenyamanan para tamu yang datang berkunjung. Bisa juga kamu siasati dengan meja portable.

6. Pasang gorden jendela

Ubah Kamar Kos
Image: Pinterest/Amanda Pierce

Beberapa orang menganggap remeh fungsi dan desain dari gorden jendela. Padahal benda yang satu ini sangat menentukan kesan yang ditimbulkan dalam kamar. Pasang gorden yang sesuai dengan ukuran jendela kamar dan warna wallpaper kamu. Gorden akan menambah kesan manis dan mewah dalam kamar.

7. Gunakan hiasan dinding multifungsi

Ubah kamar kos
Image: Pinterest

Untuk memperluas kesan kamar kos, kamu bisa memanfaatkan hiasan dinding multifungsi. Misalnya saja gantungan rak kecil yang memiliki desain unik yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan buku atau benda lain di atasnya. Selain hemat tempat, dekorasi ruangan juga jadi lebih menarik.

8. Pasang taplak meja

Desain Kamar Kos
Image: Pinterest

Kesan apartemen mewah tak hanya dari perabotan besar saja, kamu juga harus menggunakan taplak meja dengan motif yang menarik pada meja kecilmu. Taplak meja menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang rapi dan  peduli dengan detail.

9. Gunakan lampu yang cukup terang

Ubah Kamar Kos
Image: Archzine

Tips mengubah kamar kos jadi apartemen berikutnya adalah dengan memaksimalkan pencahayaan. Gunakan pencahayaan yang cukup terang baik dari lampu ataupun cahaya alami. Selain kamar terasa luas, cahaya terang juga akan memudahkan kamu membaca dan melakukan berbagai aktivitas lain di dalam kamar.

10. Selalu rapikan kamar

Ubah Kamar Kos jadi Apartemen
Image: mydomaine.com

Apalah arti barang mewah di dalam kamar jika kamar kamu justru selalu terlihat berantakan? Upayakan untuk selalu merapikan dan membersihkan kamar agar kesan mewah bak apartemen tidak hilang karena kamar yang berantakan.

Kembalikan setiap barang langsung pada tempatnya setelah selesai digunakan. Begitu pula dengan peralatan makan yang sebaiknya langsung dicuci atau dibersihkan begitu selesai.

Baca Juga: Tips Cerdik Hadirkan Desain Apartemen Studio 21m

11. Atur posisi barang

Tampilan Kamar Kos
Image: sweetteal.com

Cara lain untuk mendapatkan kesan mewah adalah dengan mengatur posisi barang yang ada di kamar agar terlihat sedap dipandang mata. Misalnya saja posisi sofa bed sebaiknya diletakkan di samping jendela sehingga kamar akan terasa lebih terang dan luas. Begitu pula dengan posisi cermin besar yang sebaiknya diletakkan di samping tempat tidur.

12. Manfaatkan setiap sudut kamar

Ubah Kamar Kos
Image: Pinterest/apairandasparedy

Meskipun kamar sempit namun kamu tetap dapat berkreasi agar kamar tampak luas dan mewah. Salah satu caranya adalah dengan menambah hiasan di sudut ruangan yang kosong dengan menggantung pajangan gambar atau bisa ditambahkan lampu kecil. Hiasan ini akan tampak sangat menarik bagi setiap tamu yang akan datang berkunjung.

Itulah 12 tips ubah kamar kos agar terlihat bak apartemen mewah. Tertarik untuk mencobanya? Kalau masalahnya ada di budget, maka kamu bisa bermain di area ide dan imajinasi. Manfaatkan kemampuan kamu mengubah segalanya menjadi lebih menarik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.