12 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman

Image: SpaceStock Team
0 251

Setahun sudah lamanya merantau di Jakarta, bekerja di kantor besar yang tidak memungkinkan untuk pulang kampung. Maklum saja, tanah kelahiran yang terletak jauh di sana membuat para karyawaran perantau hanya dapat pulang kampung setidaknya satu tahun sekali.

Seperti kita ketahui, waktu yang digunakan untuk setiap karyawan pulang kampung atau mudik adalah saat Lebaran. Agenda libur yang panjang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bertemu sanak saudara. Oleh karena itu agar ajang mudik kamu terasa aman dan menyenangkan, pastikan semua hal dipersiapkan matang. Kali ini SpaceStock memberikan tips mudik lebaran yang aman dan nyaman.

1. Bawa Bekal Makanan atau Camilan

Tips Mudik Lebaran
Image: taybakers.com

Jika kamu bepergian menggunakan kendaraan seperti kereta api atau pesawat memang biasanya terdapat makanan yang bisa kamu beli. Namun, jika kamu menggunakan kendaraan bus atau mobil biasanya akan sulit untuk menemukan makanan atau camilan.

Untuk itu, kamu perlu bawa sendiri bekal makanan dan camilan. Hal ini perlu untuk mengantisipasi saat macet sehingga jika harus buka puasa atau sahur di jalan tidak perlu lagi repot mencari tempat makan.

2. Bawa Peta untuk Mengantisipasi Hilangnya Sinyal

Tips Mudik Saat Lebaran
Image: Uzone.id

Sekarang ini kamu memang bisa manfaatkan Waze atau Google Maps untuk memandu perjalanan mudik. Namun, aplikasi tersebut sangat bergantung terhadap keberadaan sinyal ponsel.

Jika kamu kehilangan sinyal, sudah pasti kesulitan memanfaatkan aplikasi tersebut. Untuk itu, bawalah peta biasa untuk mengantisipasi hilangnya sinyal. Hal ini akan sangat membantu jika tersesat dalam perjalanan.

3. Berhenti Berkendara Saat Merasa Lelah

Tips Mudik Saat Lebaran
Image: youngcardriver.com

Terkadang kita memang ingin cepat sampai tujuan saat mudik sehingga tidak beristirahat sama sekali di jalan untuk mengurangi waktu tempuh. Namun, rupanya hal ini sebaiknya dihindari. Saat merasa lelah berkendara, sebaiknya kamu berhenti dan beristirahat.

Memaksakan diri untuk tetap berkendara saat lelah dan mengantuk dapat mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas. Waktu istirahat sekitar 15 menit pun sudah cukup untuk mengembalikan stamina tubuh untuk berkendara.

4. Cek Kendaraan Kamu Sebelum Berangkat Mudik

Tips Mudik Saat Lebaran
Image: equinoxagency.com

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, pastikan untuk mengecek kendaraan sebelum berangkat mudik. Baik menggunakan mobil ataupun motor, kamu perlu lakukan hal ini jauh-jauh hari sebelum mudik.

Perjalanan mudikmu harus aman. Untuk itu, pastikan performa kendaraan bagus dan bisa digunakan untuk perjalanan jauh saat mudik nanti.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman Saat Mudik

Tips Mudik Lebaran
Image: istyle.id

Perjalanan mudik biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika terdapat keterlambatan atau macet. Untuk itu, penting untuk mengenakan pakaian yang nyaman saat mudik.

Usahakan untuk mengenakan baju yang nyaman seperti baju yang terbuat dari bahan katun, kaos, atau jaket. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat karena tidak akan nyaman saat dikenakan di perjalanan jauh.

6. Hindari Berangkat Mudik Terlalu Mepet Lebaran

Tips Mudik Saat Lebaran
Image: Freepik

Jika kamu menginginkan perjalanan mudik yang lebih santai, hindari berangkat mudik terlalu mepet dengan hari lebaran. Pergilah beberapa hari sebelum lebaran. Hal ini sangat bermanfaat jika ingin menghindari kemacetan dan keramaian jalan yang terlalu parah.

Duduk terlalu lama di dalam kendaraan juga dapat menyebabkan badan pegal, lelah, bahkan bisa mengganggu kelancaran pencernaan. Untuk itu, sebaiknya pergi mudik dengan santai beberapa hari sebelum lebaran dan beristirahat saat mulai merasa lelah.

7. Istirahat yang Cukup Sebelum Berangkat Mudik

Tips Mudik Lebaran
Image: Shutterstock

Sebelum berangkat mudik, pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup. Memang jika lelah saat perjalanan Anda bisa istirahat di jalan. Namun tetap saja istirahat yang terbaik dilakukan di rumah. Jangan sampai kamu berangkat mudik sendiri dalam keadaan lelah dan kurang tidur.

Usahakan untuk menabung jam tidur terlebih dahulu sebelum berangkat mudik. Hal ini karena waktu tidurmu di perjalanan tidak akan sama kualitasnya dengan saat tidur di rumah.

8. Kenali Karakteristik Jalur yang akan Dilalui

Tips Mudik Saat Lebaran
Image: EHS Today

Untuk mencapai tujuan mudik, biasanya akan ada beberapa jalur yang bisa dipilih. Saat memilih jalur yang akan dilalui, sebaiknya kamu kenali karakteristik jalur tersebut sebelum berangkat.

Cari tahu apakah jalur yang akan dilalui memiliki banyak belokan, tanjakan, penerangan, hingga tempat beristirahat dan kepadatannya. Hal ini akan berguna agar kamu bisa mengantisipasi segala resiko yang mungkin bisa terjadi.

Baca Juga: Menunggu Buka Puasa, 9 Kegiatan Ini Cocok Buat Ngabuburit di Kantor

9. Membawa Surat-surat Kelengkapan Kendaraan

Tips Mudik Saat Lebaran
Image: Info Blitar

Saat perjalanan mudik, pastikan Anda juga selalu berkendara dan mematuhi semua peraturan lalu lintas yang berlaku. Termasuk juga dengan membawa semua surat-surat kelengkapan kendaraan. Pastikan surat-surat kendaraan Anda masih lengkap dan masih berlaku.

Hal ini akan berguna untuk keamanan Anda selama perjalanan mudik nanti. Jangan sampai saat perjalanan Anda lupa membawa dokumen penting seperti SIM atau STNK yang masih berlaku.

10. Persiapkan dan Bawa Perlengkapan Otomotif yang Penting

Tips Mudik Saat Lebaran
Image: brmustangs

Meskipun kamu telah memeriksa dan memastikan performa kendaraan cukup baik, terkadang hal yang tidak terduga bisa terjadi di perjalanan. Untuk itu, saat mudik persiapkan dan bawa perlengkapan otomotif yang penting.

Alat-alat seperti ban serep, obeng, kunci, dan alat penting lainnya sebaiknya disiapkan dan dibawa. Hal ini akan membantu kamu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik.

11. Siapkan Hiburan untuk di Perjalanan

Tips Mudik Saat Lebaran
Image: Coventry Telegraph

Saat perjalanan jauh, kamu bisa merasakan bosan saat perjalanan. Apalagi saat membawa anak kecil yang mudah bosan dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk menghindari hal ini, tips mudik saat lebaran berikutnya yaitu siapkan hiburan yang bisa digunakan di perjalanan.

Kamu bisa membawa buku cerita, permainan di ponsel, atau lagu-lagu asyik yang bisa menghilangkan rasa bosan dan kantuk.

Leave A Reply

Your email address will not be published.