13 Tips Ampuh Menjadi Agen Properti yang Handal

Image: thebalance.com
0 32

Seiring dengan perkembangan sektor properti, peluang usaha di dalamnya juga semakin beragam. Salah satunya adalah menjadi agen properti atau yang terkenal pula dengan sebutan broker. Agen properti inilah yang menjadi fasilitator antara penjual dan pembeli. Jika dihitung proporsinya 80 persen untuk penjual dan 10 persen mewakili pembeli.

Pendapatan agen properti didapat dari komisi. Komisi yang didapat antara 2-3 persen sekali transaksi. Bayangkan kalau harga properti yang dijual sampai Rp 1 milyar, komisinya bisa sampai Rp 30 juta. Tak salah bila kemudian tips agen properti sukses banyak dicari.

Tips Agen Properti

Jika kamu pun tertarik untuk terjun ke bisnis ini, berikut beberapa tips agen properti yang banyak melahirkan kesuksesan:

1. Kenali Profesi Agen Properti

Tips Agent Properti
Image: MerchantPro Express

Menjadi agen properti itu gampang-gampang susah. Yang paling utama adalah kamu harus mempelajari seluk beluk dunia properti karena kamu akan menjadi kunci beragam informasi terkait aneka ragam jenis properti yang dipasarkan melalui agensimu.

Selain itu, kamu wajib memiliki skill marketing yang baik, melayani pembeli dengan baik dan memberikan penawaran terbaik. Tantangan profesi ini adalah menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Bagaimana pun kamu wajib mencarikan dan memenuhi kriteria yang ditetapkan pelanggan. Pelanggan tentu saja sudah mempertimbangkan sesuai kemampuan dan kebutuhannya.

2. Tekun Belajar dan Bekerja

Tips Agent Properti
Image: landlordnews.co.uk

Memang kalimat di atas terdengar seperti kalimat klise yang biasa ada di lagu zaman sekolahan. Akan tetapi ketekunan dan keuletan adalah kunci keberhasilan dalam bisnis.

Jika kamu rajin mempelajari segala hal tentang properti secara teori, tekun dalam bekerja dan menjalin relasi dengan senior agar dapat belajar praktik bisnis properti, serta tekun menjalin hubungan baik dengan pelanggan, maka di masa depan kesuksesan menantimu.

3. Berani Berspekulasi

Tips Agen Properti
Image: ville lmob

Berani berspekulasi beda dengan berani bertaruh ataupun berjudi. Spekulasi adalah kunci kesuksesan berikutnya dalam tips agen properti. Memang semua produk properti hampir dipastikan naik, tetapi tingkat kenaikannya berbeda.

Jika kamu bisa memilihkan produk terbaik untuk konsumen, tingkat kepercayaan konsumen akan meningkat dan peluang sukses terbuka lebar. Demi bisa berspekulasi dengan baik, kamu harus berani mobile, bahkan tidak hanya di kota-kota besar saja. Keluar zona aman demi menyelami daerah-daerah kecil sekalipun.

4. Menjalin relasi

Tips Agen Properti
Image: earnscliffe.ca

Setelah keluar dari dunia kampus atau akademik, kamu akan menyadari bahwa salah satu tali keselamatan berasal dari relasi yang baik. Mungkin saat ini kamu mendapatkan pekerjaan sebagai hasil relasi yang baik dengan alumni.

Relasi dalam bisnis properti dapat terjalin antar agen properti, perusahaan properti, agen dan perusahaan, agen dan client, serta dengan senior-senior yang sudah terlebih dahulu berhasil.

Jadilah seperti spons ketika membangun relasi, seakan dapat menyerap segala ilmu positif. Jangan lupa terapkan dalam perjalanan bisnis kamu.

5. Berani menembus zona nyaman

Tips Agen Properti
Image: Medium

Kadang kala dalam berbisnis, seseorang harus memiliki modal lain dalam bekerja, yaitu modal nekat! Ya, menembus zona nyaman kadangkala menjadi suatu keharusan. Namun jangan kamikaze.

Plot beberapa rencana alternatif sebelum terjun bebas melampaui zona nyaman kamu!

6. Tangguh dan Ikhlas

Tips Agen Properti
Image: socialtalky.com

Segala perbuatan ditentukan oleh niatnya, maka ikhlaslah. Mulai dengan niat yang murni dan niat ini akan mempengaruhi semangat kamu dalam mencapai tujuan dan mempengaruhi berbagai perilaku dalam bekerja dan membangun relasi.

Jika kamu mengalami kegagalan, jangan mudah menyerah. Tetap berada di jalan itu, karena kegagalan adalah guru yang paling baik. Bukannya kita paling mudah mengingat kesalahan?

Ikhlaskan kesalahan tersebut dan jangan lupa perbaiki diri. Itu semua adalah bagian dari proses belajar.

7. Pelajari praktik marketing

Tips Agen Properti
Image: akira.edu

Pelajarilah ilmu inti marketing terlebih dahulu. Dengan belajar marketing, kamu dapat menguasai cara menarik pelanggan, tata bahasa, dan ilmu hukum dan kenotarisan agar dapat membantu pelanggan menghindari masalah hukum.

8. Modal, modal, modal!

Tips Agen Properti
Image: Dream

Tanamlah modal finansial sebanyak mungkin agar kamu dapat memperoleh akses lebih besar ke properti dengan level yang lebih tinggi! Dengan memiliki modal di tangan, maka gerak langkah kamu akan jadi lebih percaya diri untuk meng-upgrade penjualan.

9. Aktif di Media Sosial

Tips Agen Properti
Image: Engadget

Media sosial adalah senjata ampuh marketing saat ini. Gunakan senjata ini dengan sebaik-baiknya. Jika kamu merupakan seseorang yang awam, saat ini ada banyak pelatihan khusus social media marketing. Gunakan kesempatan ini untuk belajar dan berkonsultasi sebaik-baiknya.

Media sosial yang dapat digunakan adalah Facebook, Instagram, dan Twitter untuk menarik pelanggan. Selain itu, agar dapat menjadi layanan yang dekat dengan konsumen, kamu dapat menyelipkan postingan seputar tips & trik  dunia properti.

10. Minimalisir konflik

Tips Agen Properti
Image: ordnur.com

Salah satu hal terpenting dalam bisnis adalah meminimalisir konflik. Agar kamu dapat melakukan hal ini, maka milikilah sifat sabar dan telinga yang kuat mendengar. Memang tidak mudah jika kamu melibatkan perasaan pribadi dalam menghadapi klien yang mungkin berambisi dan panik. Pahami kondisi klien seperti apa.

Cerna setiap keluhan klien dengan baik. Proses otak kamu dengan cepat dan jangan terlalu andalkan perasaan. Berikan pelayanan yang terbaik selelah apapun kamu.

11. Pelajari Ilmu Komunikasi

Tips Agen Properti
Image: Marketing91

Selain itu, pelajarilah ilmu dasar komunikasi dan properti dengan baik. bagaimanapun kamu akan melakukan komunikasi dengan penjual dan pembeli. Tentu cara menghadapi keduanya berbeda dan perlu perlakuan yang tepat.

Jangan segan-segan minta didampingi oleh senior jika kamu menemukan kesulitan dalam bekerja. Belajar dari ahlinya adalah tempat terbaik.

Baca Juga: Hati-hati, Hindari Agen Properti Nakal Seperti Ini!

12. Kelompokkan Klien Kamu

Tips Agen Properti
Image: 1site1clic.com

Sebagai agen properti baru, klien kamu mungkin akan mudah melupakanmu. Kamu mungkin saja akan dihadapkan pada kondisi yang tidak terduga. Namun tidak usah fokus hanya pada satu dua orang saja.

Layani setiap klien dengan baik. Kalau bisa kelompokkan klien kamu, mungkin bisa sesuai dengan demografi atau kebutuhan masing-masing agar tidak mudah terlupa. Tips agen properti ini banyak dilakukan bagi mereka yang sukses.

13. Persempit Area Spesialis

Tips Agen Properti
Image: thebalance.com

Layaknya sebuah profesi, seorang agen yang baik juga harus punya spesialisasi. Sehingga tips agen properti berikutnya adalah mengambil satu bidang dan mempelajarinya secara mendalam.

Misalnya kamu mengambil spesialisasi di bidang green building. Maka ketika ada klien yang butuh seminar atau konsultan tentang bangunan standar hijau, kamulah ahlinya. Spesialisasi adalah cara terbaik untuk branding diri.

Itulah beberapa tips agen properti yang sukses. Semua pekerjaan memang tidak ada yang langsung sempurna. Semuanya adalah hasil dari sebuah proses belajar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.