14 Desain Rumah Terbaik di Dunia Versi World Architecture Festival

Image: World Architecture Community
0 75

Rumah tak hanya sebatas tempat bernaung bagi seluruh keluarga, namun juga menunjukkan identitas diri dari penghuninya. Desain sebuah rumah tertentu bisa memberi gambaran bagaimana kepribadian sang pemilik. Nah dari sekian banyak rumah yang ada di dunia, 14 desain rumah terbaik yang layak masuk dalam nomonasi World Architecture Festival (WAF) 2019. Berikut rumah-rumah tersebut yang sangat layak jadi inspirasi kamu:

1. Gnodde house

World Architecture Festival
Image: 70Farchitecture

Rumah yang berada di Amsterdam ini didesain oleh 70F Architecture. Desain rumah ini sangat menarik karena berbentuk seperti sebuah tabung dengan lengkungan yang indah. Terbuat dari baja membuat bangunan rumah ini sangat kuat.

Desain bangunan ini terinspirasi dari banyaknya domba di daerah sekitar. Layaknya sebuah hunian untuk penggembala domba beserta dombanya, bangunan ini didesain dengan mengedepankan kesan natural.

2. Contemporary Boatshed Home

World Architecture Festival
Image: Atelier Aitken

Rumah dengan desain paling menarik selanjutnya adalah Contemporary Boatshed Home yang dibangun oleh Atelier Aitken Architecture70F architecture. Rumah terbaik versi World Architecture Festival ini didesain dengan gaya kontemporer ini begitu menarik. Para milenial tentu tidak akan ragu untuk memiliki rumah dengan desain yang simpel dan berkelas ini.

3. Beach Shack

World Architecture Festival
Image: World Architecture Festival

Rumah santai yang berada di Florida ini didesain oleh Bryden Wood. Mengusung tema pantai, rumah yang indah ini memiliki platform yang saling berhubungan. Pembatas ruangan dari rumah ini hanyalah pagar kecil dan beberapa perabotan sehingga menampilkan kesan bebas dan luas.

Bentuk geometris dari rumah ini memang sederhana namun tetap menampilkan unsur modern pada beberapa perabotannya. Teras di depan dan belakang rumah yang menghadap pantai juga jadi tempat yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu sore.

4. Minka Twins

World Architecture Festival
Image: ArchDaily

Sesuai dengan namanya Minka yang artinya rumah pertanian tradisional Jepang, rumah ini memang memiliki desain yang terinspirasi dari bangunan tradisional Jepang.

Rumah terbaik versi World Architecture Festival ini terletak di Brisbane, Australia ini memiliki dua bangunan yang saling terhubung ini memiliki bentuk yang sama persis jika dilihat dari luar. Namun jika kamu melihat ke dalamnya, dua bangunan ini justru adalah satu rumah dengan interior yang luar biasa indah.

5. Welcome to the Jungle House

World Architecture Festival
Image: LinkedIn

Masih dari Australia, tepatnya di Sydney, rumah menarik lainnya berdiri dengan nama Welcome to the Jungle House. Rumah yang didesain oleh CplusC Architectural Workshop ini memiliki tema hutan. Kamu akan langsung menemukan banyak sekali tanaman di setiap sudut rumah, terutama pada bagian jendela dan atap rumah.

6. Redfern Warehouse

World Architecture Festival
Image: Dezeen

Masih dari Sydney, Australia, rumah yang satu ini juga tak kalah menariknya dibandingkan dengan rumah lain. Dibangun oleh Ian Moore Architects, rumah yang dulunya adalah gudang ini memiliki 4 kamar tidur utama, dapur, garasi, kamar mandi, hingga kolam renang. Menawarkan kesan ekslusif dalam interiornya, rumah ini patut menjadi salah satu rumah paling menarik versi World Architecture Festival.

7. JCA Living Lab

JCA Living Lab
Image: J.C. Architecture

Desain oleh J.C. Architecture. Rumah yang berukuran kecil disulap menjadi rumah yang begitu indah dan menarik. Tanpa meninggalkan kesan oldish dan alami, JCA Living Lab mengkombinasikannya dengan beberapa sentuhan modern pada sebagian rumah.

Disini kamu bisa menemukan langit-langit rumah yang terbuka sehingga tampak terlihat jelas atap rumah namun pada bagian samping rumah justru terdapat sebuah jendela kaca besar yang modern.

8. LR2 Residence

World Architecture Festival
Sumber: worldarchitecturefestival.com

LR2 Residence merupakan rumah menarik lainnya yang terletak di California, Amerika Serikat. Keunikan rumah ini tak hanya dari desainnya yang begitu indah, namun juga pemandangan yang akan didapatkan para penghuninya. Hal ini dikarenakan LR2 Residence berada di atas lereng yang menghadap ke bukit Pasadena yang indah.

9. Cloud House

World Architecture Festival
Sumber: worldarchitecturefestival.com

Cloud House memiliki tampilan yang sangat berbeda dibandingkan rumah lainnya. Rumah yang terletak di Mandurah, Australia ini memiliki atap dengan warna yang sangat mencolok. Rumah ini memang didesain sesuai dengan permintaan sang pemilik karena ia menginginkan sebuah rumah liburan yang cocok bagi semua anggota keluarga.

10. Powell Street House

World Architecture Festival
Sumber: worldarchitecturefestival.com

Dibangun oleh Robert Simeoni Architects, Power Steel House memiliki kesan yang begitu tenang dan kalem. Dengan pencahayaan yang agak redup dan desain yang didominasi oleh warna gelap, rumah ini sangat cocok bagi seseorang dengan profesi menulis atau profesi lain yang membutuhkan ruang penuh ketenangan.

11. 18 Screens

World Architecture Festival
Sumber: worldarchitecturefestival.com

India juga tak mau ketinggalan. Tepat di Mumbai, sebuah rumah dengan nama 18 Screens dibangun oleh Sanjay Puri Architects. Mengingat tingginya suhu udara di Mumbai saat musim panas tiba, rumah ini dibangun dengan banyak ventilasi udara pada setiap ruangan. Dengan begini, rumah akan tetap sejuk dalam kondisi apapun.

12. GGL House

World Architecture Festival
Sumber: worldarchitecturefestival.com

Studio AG Arquitetura juga berhasil membangun sebuah rumah dengan nama GGL House yang sangat indah tepat di Sao Paulo, Brazil. Rumah yang tampak simpel dan unik ini sangat cocok bagi para pasangan yang baru menikah.

Keunikan rumah ini adalah kesan alami yang sangat terasa pada setiap sudut rumah, bahkan kamu bisa menikmati indahnya sinar matahari dari lantai dua karena terdapat sebuah ruangan terbuka untuk bersantai bersama keluarga.

Baca Juga: Beberapa Aplikasi Desain Rumah Ini Memudahkanmu untuk Desain Rumah Idaman

13. EQ House

Sumber: worldarchitecturefestival.com

Jepang memang dikenal sebagai negara teknologi dan ini pun terlihat dari desain sebuah rumah. Rumah yang disebut dengan EQ House ini adalah sebuah rumah tanpa jendela yang justru memiliki banyak panel digital di dindingnya.

Rumah ini juga dilengkapi dengan AI yang mampu melakukan beberapa perintah si pemilik rumah, seperti mematikan atau menghidupkan lampu dan keran air.

14. Castle Cove House

Sumber: worldarchitecturefestival.com

Terakhir ada rumah yang berada di Australia yang dibangun oleh Terroir. Dibangun di sebuah daerah dengan pemandangan yang begitu hijau dan indah, rumah ini mengusung tema abad pertengahan dan modern pada bagian interiornya.

Itulah 14 rumah paling menarik versi World Architecture Festival (WAF) yang bisa menjadi inspirasi buat kamu semua. Tapi jangan lupa pula sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.