8 Perusahaan Investor Indonesia Pendukung Bisnis Startup

Image: SpaceStock Team
0 175

Perusahaan investor Indonesia tentunya menjadi hal yang penting dalam dunia bisnis. Pasalnya, nilai investasi itu jadi hal penting yang harus dilakukan bagi tiap pelaku bisnis. Langkah awal untuk menjalankan berbagai ide yang kreatif harus dilakukan dalam dunia bisnis, khususnya untuk pelaku bsinis yang baru merintis atau dikenal startup.

Melalui investasi tersebut, maka pelaku bisnis akan mendapatkan dukungan berupa saluran dana. Tidak hanya itu saja, akan tetapi investasi juga menduduki peran supaya perusahaan bisa terus berkembang. Hal ini menjadi suatu hal yang wajar jika banyak bisnis startup yang bermunculan.

Melalui pengalaman yang mumpuni dan sokongan dana dari investor, maka hal ini menjadikan bisnis startup yang dijalankan mampu berkembang dengan sangat baik. Ada banyak sekali para investor yang memberi dukungan pada kesuksesan pelaku startup. Melalui sokongan dana tersebut, pelaku startup dapat menjalankan bisnis dengan sangat baik sesuai yang diharapkannya.

Berikut ini deretan 8 perusahaan investor Indonesia yang siap memberikan dukungan kepada pelaku bisnis startup masa kini:

[lwptoc]

1. Wavemaker

Perusahaan Investor Indonesia
Image: ASEAN Today

Wavemakers merupakan perusahaan modal ventura yang selalu memberikan dukungan kepada setiap perusahaan rintisan baru atau startup. Melalui ide kreatif dan pertumbuhan bisnis, perusahaan yang menduduki nomor pertama ini sangat mendukung dengan bisnis yang sedang dijalankan para startup. Wavemaker sudah banyak sekali menggeluti dan fokus industri, diantaranya yaitu seperti Fintech, Adtech dan solusi enterprise.

Wavemaker juga memberikan dukungan berupa dana, khususnya pada perusahaan Zap, Glint, Moka, Zilingo dan perusahaan industri yang lainnya.  Melalui dukungan yang diberikan itulah yang menjadikan industri perusahaan startup dapat berjalan sangat lancar. Hal ini pun sesuai dengan perkembangan jaman yang ada sekarang ini.

2. Golden Gate Ventures

Perusahaan Investor Indonesia
Image: LinkedIn Golden Gate Ventures

Golden Gate Venture merupakan perusahaan yang memberikan dana pada perusahaan startup sejak tahun 2011 lalu. Golden Gate Ventures memberikan dana kepada lingkungan Asia Tenggara secara keseluruhan, diantaranya seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Korea dan negara Asia Tenggara yang lainnya.

Goldeen Gate Ventures masuk sebagai perusahaan investor Indonesia yang berinvestasi dalam jenis e-commerce, platform Saass, Marketplace dan yang lainnya. Perusahaan yang sudah mendukung kesuksesan dari Golden Gate Venture yaiu CodaPay, Carousell, Duit Pintar, AloDokter dan Indo Trading.

3. Convergence Ventures

Perusahaan Investor Indonesia
Image: Daily Social

Bagi pelaku bisnis startup paling menggemari perusahaan investor Convergece Ventures. Sejak tahun 2014, perusahaan ini membuka peluang besar bagi para pelaku bisnis yang ingin mendapatkan dukungan, baik itu dari ide kreatif hingga kebutuhan dana. Sudah ada banyak perusahaan yang telah di dukung oleh perusahaan Convergence Ventures, diantaranya yaitu Female Daily, Garena, Qraaved, Yes Boss, Nida Rooms, Seekmi dan masih ada banyak lagi.

Bagi kalangan masyarakat luas, deretan perusahaan yang sudah didukung oleh Convergence Ventures sudah mengenalnya. Melalui bisnis yang dihasilkan mampu menunjang nama perusahaan semakin luas dan banyak dikenal.

4. Gobi Partners

Perusahaan Investor Indonesia
Image: Digital News Asia

Dalam dunia penanaman modal, Gobi Partners tentunya sudah tidak akan terdengar asing lagi bagi pelaku bisnis startup. Bagaimana tidak? Sudah sejak lama perusahaan ventura yang satu ini menggeluti bisnis dalam industri investasi se-Asia. Lebih dari 15 tahun menggeluti bidang penanaman modal, tentunya ada banyak pengalamnan yang di dapatkannya.

Sudah ada banyak sekali perusahaan yang berhasil disokokng oleh Gobi Partners, khususnya di kawasan ASEAN. Sedangkan Gobi Partner ini lebih berfokus pada bisnis startup yang bergerak dalam bidang e-commerce, cloud computing, startup muslim dan fintech. Dari sejumlah perusahaan yang sudah bekerja sama selama ini yaitu Time Voyager, Travelio, TripsVisto dan Sale Stock.

5. CAV (CyberAgent Ventures)

Perusahaan Investor Indonesia
Image: CyberAgent Ventures

CAV atau Cyber Agent Ventures ini merupakan perusahaan investor yang berasal dari negara Jepang. Cyber Agent Ventures telah mengelurakan sejumlah dana kepada beberapa perusahaan, khsususnya di seluruh kawasan Asia. Hal menarik yang dapat diketahui dari Cyber Agent Ventures yaitu kesuksesanya dalam mendukung bisnis startup.

Bisnis startup Indonesia yang telah berhasil di sokong oleh Cyber Agent Ventures yaitu Tokopedia, Touchten, Bilna, HarukaEdu, Kurio dan beberapa perusahaan ternama di Indonesia yang lainnya. Melalui keberhasilannya dalam mencapai kesuksesannya itulah yang menjadikan perusahaan ini semakin berkembang dan semakin banyak masyarakat yang mengenalnya.

Baca juga : Inilah 10 Pengusaha Properti Terkaya di Indonesia

6. Venturra Capital

Perusahaan Investor Indonesia
Image: Venturra

Veturra Capital merupakan perusahaan investor Indonesia di bawah naungan perusahaan Lippo Group. Di Indonesia, perusahaan investor ini menjadi perusahaan terbesar dan ternama. Hal ini pun juga dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan Venturra Capital. Bahkan setiap perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Ventura Capital selalu mencapai kesuksesannya dan semakin maju.

Veturra Capital menjadi sebuah perusahaan investor yang tidak hanya mengedepankan pada investasi saja. Akan tetapi Veturra Capital juga ingin menjadi bagian terpenting dari pertimbangan gagasan yang telah diajukan oleh pendiri bisnis startup. Sudah ada banyak perusahaan yang tercatat pernah menjalin kerjasama dengan Venturra Capital, diantaranya yaitu Carro, Kfit, RuangGuru, Zilingo, MatahariMall dan perusahaan yang lainnya.

7. 500 Startups

Perusahaan Investor Indonesia
Image: Medium

Deretan perusahaan invetor ternama yang ikut serta dalam menghiasi bisnis yaitu 500 Startups. Perusahaan 500 Startups telah berhasil mengeluarkan dana sebesar Rp 650 milliar juta ke sejumlah perusahaan yang ada di Asia Tenggara. Ada lebih dari 250 perusahaan yang telah di dukung oleh 500 Startups.

Melalui dana fantastic yang begitu sangat besar menjadikan perusahaan 500 Startups ini menjadi perusahaan ventura raksasa. Pihak dari perusahaan 500 Startups mengharapkan bisa mengambil peran pada ekosistem sekaligus berkontribusi dalam membantu bisnis startup supaya dapat tumbuh sekaligus menciptakan generasi yang lebih kreatif, khususnya bagi pelaku bisnis pemula. 500 Startups telah memberikan dukungan investasi kepada perusahaan Pomelo, Qraved, KFIT, Happy Fresh, Fabelio dan masih ada banyak perusahan startup yang lainnya.

8. East Ventures

Perusahaan Investor Indonesia
Image: Marketeers.com

East Ventures merupakan perusahaan investor Indonesia yang sudah terlibat menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan terbesar dan ternama. Perusahaan investor ternama ini selain memberikan dukungan dalam bentuk dana, maka dukungan berupa ide kreatif untuk mengembangkan bisnis juga dilakukan untuk bisnis startup.

Diantara perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan East Ventures yaitu sebagai Traveloka dengan jumlah pendanaan mencapai US$ 350 juta, Tokopedia jumlah pendanaan mencapai US$ 1,1 milliar, loket, Kudo dan perusahaan yang lainnya. East Venture memiliki track record yang begitu sangat baik selama ini. Dengan hal ini, wajar saja jika perusahaan ini masuk sebagai daftar perusahaan investor yang paling banyak diminati para pelaku bisnis startup masa kini.

Melalui sejumlah perusahaan investor ternama di atas, para pelaku bisnis startup tidak perlu khawatir akan perkembangan dan kemajuan bisnis yang dijalankannya. Mengingat bahwa perusahaan investor sangat berpengaruh pada kemajuan bisnis startup, maka hal ini menjadikan para pelaku bisnis harus bekerja sama dengan sejumlah perusahaan Investor Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.