Apartemen di Bawah 500 Juta Masih Paling Diminati

Image: SpaceStock Team
0 129

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Februari 2019 Indonesia Property Expo (IPEX) yang diadakan di Jakarta Convention Center mampu menarik ribuan pengunjung. Salah satu tujuan penyelenggaraan acara ini adalah dihadirkannya proyek apartemen dan rumah dengan harga di bawah Rp 500 juta.

Terbukti dari hampir seluruh apartemen di bawah 500 juta laris manis diserbu pengunjung selama acara. Salah satunya yaitu Royal Heights Apartment milik PT Tajur Surya Abadi. Mereka menawarkan unit apartemen mulai dari harga Rp 360 juta untuk tipe satu kamar hingga Rp 900 jutaan untuk tipe tiga kamar.

Apartemen Murah untuk Keluarga Baru dan Milenial

Apartemen di Bawah 500 Juta
Image: Property Inside

Padahal menurut salah satu perwakilan PT Tajur Surya, Ardian Hendra, harga Rp 360 juta sudah mengalami kenaikan sekitar 5% dari harga saat pre-launch karena tingginya antusias masyarakat.

Bahkan pihaknya sedang menyiapkan peluncuran tower kedua karena unit di tower pertama sudah hampir ludes. Harganya diperkirakan lebih tinggi 10% dibandingkan unit di tower pertama.

Selain Royal Heights Apartemen, pengembang ini juga memiliki proyek unggulan lainnya yang sedang digarap, yaitu Tajur Surya di kompleks perumahan Royal Tajur, Bogor. Ardian yang juga Manajer Proyek Royal Tajur menjelaskan, kedua proyek tersebut ditujukan untuk  keluarga-keluarga baru dan kaum milenial.

Berbeda dengan apartemen yang tak menyentuh harga 1 miliar, mereka menjual rumah dengan kontur split level dan upslop level mulai dari harga Rp 1,1 miliar sampai Rp 1,7 miliar. Alasannya karena pasar yang dituju lebih tinggi.

“Unit apartemen atau hunian berkontur split level dan upslope sangat menarik. Ini karena tren harga properti di kawasan Royal Tajur mengalami kenaikan pada kisaran 12% hingga 15% per tahun,” terang Ardian.

Ia juga menambahkan, sebanyak 125 unit rumah dari 180 unit yang disediakan hanya dalam satu klaster di kawasan Royal Tajur telah laku terjual.

Khusus dalam acara IPEX 2019, Ardian menjelaskan bahwa PT Tajur Surya menyiapkan berbagai promo menarik. Untuk apartemen misalnya, pembeli bisa melakukan booking hanya dengan membayar Rp 5 juta.

Sedangkan untuk rumah, pihaknya memberikan hadiah langsung untuk perlengkapan rumah seperti AC hanya dengan membayar Rp 19 juta.

Harga Murah dan Lokasi Strategis

Indonesia Properti Expo
Image: www.jumardanm.com

Salah satu pengunjung acara yang digelar PT Adhouse Clarion Events bersama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dan DPR REI DKI Jakarta adalah Juni (28). Warga Cibubur, Jakarta Timur tersebut mengaku sengaja hadir karena sedang mencari hunian dengan harga promosi.

“Saya kerja di Bogor, niatnya bisa pindah ke sana soalnya sekarang tempat tinggal jauh jaraknya dari lokasi kerja kan. Jadi intinya sih cari hunian kecil yang dekat tempat kerja,” jelas Juni.

Juni mengakui ia dan istri lebih condong mencari apartemen dengan harga di bawah Rp 500 juta. Karena harga yang sesuai tabungan keduanya dan bisa menjadi instrumen investasi di masa depan.

“Kalau untuk beli rumah tidak siap, mending apartemen nanti bisa disewakan kalau saya pindah kerja lagi. Apalagi harganya masih terjangkau dengan tabungan kami berdua,” ungkap Juni.

Menurut pihak panitia IPEX 2019, yang banyak dicari adalah apartemen berlokasi strategis dan dekat dengan jaringan kendaraan umum. Sementara dari segi harga di kisaran Rp 400 juta hingga Rp 1 miliar ke atas.

Dalam IPEX 2019, salah satu pimpinan Bank BTN, Suryanti, memberikan masukannya untuk para pengembang. Pengembang harus pintar-pintar melihat pasar dan daya beli konsumen serta mampu melakukan inovasi dalam menawarkan rumah maupun apartemen.

Leave A Reply

Your email address will not be published.