Begini Cara Desain Ruang Kerja untuk Tingkatkan Produktivitas

Image: Unsplash
0 77

Perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Apple rela menghabiskan banyak uang hanya untuk menciptakan desain ruang kerja yang nyaman bagi para pekerjanya. Mereka sadar, pekerja kantoran adalah mereka yang bekerja melalui ide dan pikiran. Jika kedua hal ini tak dapat dioptimalkan, maka hampir bisa dipastikan pekerjaan ikut tidak maksimal.

Kamu mungkin tidak bekerja di perusahaan sebesar keduanya. Ruangan tempat kerjamu mungkin juga tidak seluas dan semegah keduanya. Tetapi ada ide yang bisa kita anut dari dua perusahaan tersebut. Kita bisa membuat desain ruang kerja dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Beri cahaya alami yang cukup

Desain Ruang Kerja
Image: Pinterest

Ruangan kerja yang tertutup akan terasa pengap dan sumpek sekalipun telah kita beri penerangan dari lampu. Satu-satunya cara terbaik adalah dengan cara membiarkan cahaya matahari masuk dalam jumlah yang cukup.

Cahaya matahari yang masuk ke dalam ruang kerja tidak harus melalui pintu atau jendela yang terbuka lebar. Mengibaskan tirai jendela dan membiarkan cahaya masuk melalui kaca jendela sudah cukup baik untuk membuat ruangan menjadi lebih hidup.

Masuknya cahaya matahari ke dalam ruang kerja tak hanya membuat ruangan menjadi lebih segar, namun juga meningkatkan kreativitas para pekerja. Selain itu, cahaya matahari juga dapat meredakan stress akibat terlalu lama melihat layar komputer.

2. Tambahkan Tanaman

Desain Ruang Kerja
Image: aliexpress.com

Tahukah kamu bahwa tanaman ternyata juga memiliki peran yang penting dalam meningkatkan produktivitas kita dalam bekerja. Ruangan yang tertutup tentu menyebabkan jumlah oksigen di dalam ruangan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan oksigen di ruangan terbuka. Kurangnya asupan oksigen ke dalam otak dapat menyebabkan mudah mengantuk, mudah lelah, sulit konsentrasi, dan stress. Kalau sudah begini, apapun yang dikerjakan jadi tidak maksimal hasilnya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa meletakkan tanaman di dalam ruang kerja. Ada banyak jenis tanaman hias yang juga memiliki fungsi sebagai penyaring udara dan pemasok oksigen. Mulai dari bunga krisan, pakis, aloe vera, dan tanaman hias lain bisa kamu letakkan di sudut ruang atau meja kerjamu agar semakin sedap dipandang.

Baca Juga: Tambah Semangat, 10 Tanaman Hias di Meja Kerja Ini Berikan Aura Positif

3. Area untuk bergerak

Desain Ruang Kerja
Image: techofficespaces.com

Kebanyakan para pekerja kantoran menghabiskan 8 jam kerja mereka dalam posisi yang sama, yakni duduk menghadap ke layar komputer. Hal ini tentu sangat tidak sehat dan dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit. Produktivitas juga akan menurun seiring dengan semakin penat dan lelahnya fisik akibat kurang gerak.

Untuk mengatasi hal ini, maka sebaiknya berikan ruang untuk bisa bebas bergerak di dalam ruang kerja. Ruang yang diperlukan untuk bergerak tidak perlu luas tapi cukup untuk meregangkan badan atau berjalan-jalan sebentar di dalam ruang kerja. Dengan adanya space atau ruang yang kecil ini, maka diharapkan para pekerja dapat melakukan beberapa gerakan penyegaran badan yang juga akan memicu peningkatan produktivitas.

4. Personalisasi

Desain Ruang Kerja
Image: bene.com

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruang kerja yang nyaman adalah personalisasi. Personalisasi dalam ruang kerja bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa benda yang menunjukkan karakter kamu. Misalnya saja sebuah figura dari orang tersayang yang akan memotivasi kamu dalam bekerja.

Beberapa perusahaan sudah menerapkan cara desain yang satu ini karena terbukti dapat meningkatkan produktivitas kerja. Melihat foto keluarga dapat mengingatkan kembali betapa pentingnya mempertahankan keluarga dengan bekerja sebaik mungkin.

5. Bentuk ruang kerja

Desain Ruang Kerja
Image: fortune.com

Bentuk ruang kerja yang seperti kubik atau bilik yang saling berhadapan mulai dipopulerkan pada tahun 1960-an. Pada mulanya, desain ini ditujukan untuk menghindari desain ruang kerja sebelumnya yang mana para pekerja menghadap ke arah yang sama.

Namun ternyata, desain ruang kerja kubik justru membuat para pekerja semakin mudah stress dan sulit konsentrasi. Hal ini dikarenakan suasana kerja yang menjadi lebih bising dan tidak kondusif.

Maka dari itu, sangat penting untuk memilki ruang kerja sendiri sehingga berbagai gangguan yang dapat merusak konsentrasi para pekerja dapat dikurangi. Atau bisa juga terapkan model ruang kerja saat ini dengan mengusung open space, di mana interaksi sesama karyawan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

6. Peredam suara

Desain Ruang Kerja
Image: Ezermester

Jika ruang kerja berada di lokasi yang terkena banyak gangguan suara, seperti dekat dengan jalan raya atau bahkan rel kereta api, maka sebaiknya gunakan peredam suara pada ruangan. Peredam suara dapat meminimalisir gangguan suara yang dapat membuyarkan konsentrasi pekerja.

7. Warna ruang kerja

Desain Ruang Kerja
Image: visi.co.za

Warna memang memberikan kesan yang berbeda pada setiap orang. Untuk meningkatkan produktivitas, ada baiknya untuk memberikan warna yang mampu meningkatkan kreativitas dan emosi. Misalnya saja warna hijau atau biru, namun sebaiknya pilih warna dengan gradasi yang ringan sehingga tidak membuat mata mudah lelah.

8. Hiasan dinding

Desain Ruang Kerja
Image: mashable.com

Jika ruang kerja menggunakan warna putih, kamu bisa menambahkan beberapa poster, mural, atau hiasan dinding lain yang membuat dinding ruang kerja menjadi lebih hidup dan ceria. Bahkan kini ada rak gantung yang juga berfungsi sebagai hiasan dinding karena desain ruang kerja yang unik dan menarik.

9. Posisi kursi dan jendela

Desain Ruang Kerja
Image: officelovin.com

Untuk membantu tubuh kembali segar setelah lama bekerja, maka hal yang paling baik adalah melihat pemandangan alam. Posisikan kursi dekat dengan jendela sehingga kamu dapat menemukan inspirasi kapan saja kamu mau ketika mata sudah terlalu lelah melihat layar komputer dan menikmati suasana luar yang hijau

10. Menambah kesan alam

Desain Ruang Kerja
Image: infurma.es

Jika tidak ada jendela pada ruang kerjamu, maka cara lain untuk meningkatkan produktivitas dalam ruang kerja adalah dengan menambah kesan alam pada ruangan. Kamu bisa menambahkan beberapa gambar pemandangan alam atau unsur kehijauan, atau bahkan sekelumit pajangan tanaman di dinding ruangan. Suasana alam yang terdapat di ruang kerja dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih tenang dan nyaman.

Itulah beberapa cara menghadirkan desain ruang kerja agar produktivitas meningkat. Jadi, tunggu apalagi? Segera periksa ruang kerjamu dan lakukan perubahan yang akan membuat semangat kerja semakin bertambah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.