Biar Makin Segar, 12 Tanaman Bonsai Ini Cocok Hiasi Ruang Apartemen Kamu

Image: home-designing.com
0 56

Tampilan bangunan apartemen yang hampir seragam dan didominasi dengan beton-beton bisa membuat sebagian orang jenuh menempatinya. Apalagi kalau di sekitar lingkungan apartemen tidak dihiasi dengan pohon-pohon hijau.

Beruntung kita bisa sedikit berinovasi. Salah satu caranya yaitu dengan menempatkan pohon kecil yang kerap disebut dengan bonsai di berbagai area apartemen. Tanaman ini dipercaya dapat menghadirkan suasana yang lebih tenang dan menyegarkan. Nah untuk hadirkan tanaman jenis ini, lebih tepat lagi dengan memilih 12 bonsai berikut ini:

1. Bonsai Bougainvilliea Glabra

Tanaman Bonsai
Image: Bonsai Tree Gardener

Bonsai Bougenvillia Glabra atau juga disebut kembang kertas adalah tanaman asli dari Amerika Selatan. Bunga yang termasuk dalam keluarga Nyctaginaceae ini bisa tumbuh sampai 5 meter. Bunganya terdiri dari kelopak bunga yang tipis berwarna merah, merah muda, ungu, oranye. Bonsai Bougenville dibentuk mulai dari proses pencangkokan dan pembentukan batang dengan lilitan kawat.

Bonsai Bougenville bisa diletakkan di bagian balkon apartemen atau area lain yang terkena sinar matahari. Untuk perawatan sehari-hari juga tidak sulit karena bonsai Bougenville tidak membutuhkan banyak air. Hanya saja untuk menjaga bunga tumbuh subur sebaiknya diberi pupuk rendah nitrogen setiap satu bulan sekali.

2. Bonsai Maple Jepang

Tanaman Bonsai di Apartemen
Image: Bonsai Tree Gardener

Jenis bonsai maple atau Acer palmatum adalah tanaman asli dari Jepang. Selain itu juga banyak dijumpai di Korea dan Cina. Bagian kulit dan batang bonsai berwarna hijau atau merah dan menjadi abu-abu saat sudah tua.

Bonsai maple Jepang memiliki bentuk daun menjari, berwarna hijau, merah atau kuning sesuai musim. Namun jika ditanam di Indonesia biasanya hanya mengeluarkan warna hijau karena pengaruh iklim di Indonesia.

Cocok diletakkan di apartemen karena tampilan batang dan daun yang indah. Selain itu hanya perlu diletakkan di tempat yang cukup terang agar daun tidak rusak. Sempatkan juga untuk menyiram setiap hari karena bonsai ini tidak tahan kering.

3. Bonsai Beringin

Tanaman Bonsai di Apartemen
Image: Reddit

Salah satu jenis bonsai yang juga cocok untuk apartemen adalah bonsai beringin. Batang bonsai beringin dibentuk dengan kawat stainless steel hingga menjadi pola yang indah. Pemangkasan daun perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga agar daun tumbuh subur dan cantik. Selain itu perlu diberi pupuk khusus bonsai yang mengandung nitrogen, kalium dan fosfor.

Kelebihan bonsai beringin untuk apartemen adalah bisa diletakkan di mana saja, baik untuk area yang terkena sinar matahari atau tidak. Bonsai beringin juga tidak membutuhkan air terlalu banyak sehingga cukup disiram air satu minggu sekali saja. Semakin tua umur bonsai beringin biasanya bentuk dan warna batangnya semakin menarik.

4. Bonsai Anggur Brazil (Jabotica)

Tanaman Bonzai di Apartemen
Image: Tokopedia

Kamu mau memiliki bonsai buah di apartemen yang buahnya bisa dimakan? Jawabannya adalah bonsai anggur Brazil. Tanaman anggur termasuk dalam keluarga vitaceae. Daun bonsai anggur terlihat sangat unik karena tumbuh merambat. Batang bonsai anggur biasanya dibentuk dalam waktu yang cukup lama karena batang menyerap nutrisi dari tanah dalam pot bonsai.

Jika kamu memilih bonsai anggur Brazil maka pastikan media tanah cukup gembur, kaya dengan fosfor dan lembab. Untuk perawatan juga tidak sulit, hanya perlu disiram satu minggu sekali saja. Sebaiknya bonsai anggur di letakkan di bagian apartemen yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Dengan begitu proses fotosintesis bonsai cukup cepat dan bisa berbuah.

5. Bonsai Satsuki Azalea

Tanaman Bonsai di Apartemen
Image: Bonsai Tonight

Bonsai Satsuki Azalea adalah salah satu tanaman bonsai yang cukup terkenal. Keunikan bonsai ini adalah batangnya bisa dipangkas terus menerus sehingga bunga akan terus muncul. Selain itu dalam satu batang bonsai bisa mengeluarkan aneka warna bunga seperti merah muda, ungu cerah dan kuning. Daun bonsai akan tumbuh lebat seperti bunganya.

Keuntungan memilih bonsai satsuki azalea untuk apartemen kamu adalah bisa diletakkan di tempat yang teduh. Selain itu juga sangat menyukai suhu rendah dari mesin pendingin atau AC. Untuk menjaga bonsai tumbuh subur maka cukup diberi pupuk rhododendron cair yang disemprotkan.

6. Bonsai Ficus Retusa

Tanaman Bonsai di Apartemen
Image: eBay

Ficus Retusa adalah jenis bonsai yang sangat cocok untuk pemula dan tinggal di apartemen. Bonsai yang termasuk keluarga Moraceae ini menyukai suasana ruangan seperti apartemen. Biasanya batang bonsai akan dibentuk melengkung. Daun bonsai yang berwarna hijau gelap bisa melengkapi warna interior apartemen kamu.

Jenis bonsai ini bisa diletakkan sebagai hiasan di jendela kaca. Hal ini karena bonsai membutuhkan pantulan sinar ultraviolet secara tidak langsung dari kaca. Kebutuhan air untuk bonsai cukup disiram ketika tanah terlihat kering saja.

7. Bonsai Ficus Religiosa

Tanaman Bonsai di Apartemen
Image: Amazon.com

Bonsai dari pohon Ficus Religiosa dikenal juga sebagai bonsai keramat karena dipercaya sebagai tempat pencerahan sang Buddha. Daun bonsai memiliki bentuk hati, berwarna perunggu dan terlihat mengkilap saat terkena sinar matahari atau cahaya lampu.

Kamu bisa menaruh bonsai ini di tempat yang terkena sinar matahari selama 5 sampai 6 jam sehari. Selain itu jangan meletakkan bonsai di bawah AC karena pohon tidak tahan dengan suhu dingin. Untuk menjaga agar daun sukulen tumbuh subur maka berikan cukup air setiap satu minggu sekali dan semprotkan pupuk organik.

8. Bonsai Pachira Aquatica

Tanaman Hias Bonsai
Image: Pano Ranch

Pachira Aquatica sangat cocok untuk suasana apartemen. Bonsai yang dikenal dengan nama lain bonsai pohon uang ini dianggap mampu memberi aliran rejeki dalam kepercayaan Feng Shui. Daun bonsai berbentuk palem, berwarna hijau, permukaan yang halus dan mengkilap. Keindahan bonsai terlihat dari bagian bunga berwarna oranye yang memiliki kelopak panjang dan terbuka seperti kulit buah pisang.

Jenis bonsai ini cocok untuk menambah keindahan ruang tamu apartemen. Selain itu kamu cukup memberi air saat tanah terlihat kering saja. Pemangkasan daun bisa dilakukan secara rutin untuk menjaga tunas bunga dan daun terus tumbuh.

9. Bonsai Kelapa

Tanaman Hias Bonsai
Image: cocobonsai

Punya ide menanam kelapa di apartemen? Kamu bisa mencoba menanam bonsai kelapa dengan bentuk batang mini dan daun kelapa yang khas. Kelapa bisa tumbuh sampai 15 meter di tanah terbuka, tapi juga bisa dibuat menjadi bonsai kerdil.

Prosesnya dimulai dengan menanam kelapa tua dengan batoknya di pot bonsai yang sudah diberi tanah berkultur fosfor dan penyubur. Letakkan pot di pinggir jendela apartemen sambil menunggu tunas tumbuh perlahan. Lalu hilangkan sabut kelapa perlahan dan pindahkan tunas ke tanah. Beri air yang cukup untuk mempercepat pertumbuhan tunas.

Saat sudah mulai terbentuk batang maka bentuk dengan kawat bonsai untuk mengkerdilkan batang. Beri air setiap dua hari sekali dan pupuk organik setiap 15 hari sekali. Nah, sangat mudah bukan?

Baca Juga:Tambah Semangat, 10 Tanaman Hias di Meja Kerja Ini Berikan Aura Positif

10. Bonsai Sakura

Tanaman Hias Bonsai
Image: Pinterest

Bonsai sakura cocok untuk perempuan karena warna bunga sakura yang merah jambu dan putih menggambarkan suasana apartemen yang romantis. Bunga sakura atau Prunus Cerasoides bisa ditanam dari biji, batang yang dicangkok atau stek pada tunas muda. Untuk membentuk bonsai sebaiknya dimulai sejak batang mulai tumbuh subur meskipun masih berukuran kecil.

Perawatan bonsai hanya perlu menyiram dua kali sehari pada pagi dan sore. Kemudian jangan lupa memangkas daun bonsai setiap satu minggu sekali agar daun dan bunga yang muncul semakin banyak.

11. Bonsai Pinus

Tanaman Hias Bonsai
Image: blogspot.com

Pohon pinus biasanya tumbuh di hutan dengan ketinggian sampai 40 meter. Tapi pohon pinus ternyata juga bisa dibentuk kerdil menjadi bonsai dan diletakkan di dekat pintu masuk apartemen. Bonsai ini terlihat indah dan unik karena memiliki akar tunggang yang biasanya sampai menonjol dari pot bonsai.

Batang bulat bonsai pinus bisa dibentuk menjadi kerucut sehingga terlihat besar dari atas dan semakin kecil pada bagian atasnya. Daun pohon pinus biasanya akan ikut tumbuh kerdil dengan bentuk seperti kipas. Perawatannya yang mudah sangat sesuai untuk kamu yang tinggal di apartemen. Cukup disiram satu minggu sekali agar tanah tidak kering dan pangkas daun secara teratur.

12. Bonsai Horizontal Cotoneaster

Tanaman Hias Bonsai
Image: Flickr

Horizontal Otoneaster adalah jenis bonsai yang menarik dan indah karena ditumbuhkan dengan media batu. Gaya bonsai sangat sesuai untuk apartemen mewah sesuai keunikan bonsai. Karakter utama bonsai adalah memiliki daun kecil yang lebat. Batang bonsai biasanya dibentuk cukup besar pada bagian akar dan semakin mengecil pada bagian atasnya.

Bonsai ini sangat mudah dirawat karena bisa terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang teduh seperti dalam ruangan apartemen. Namun jika Anda ingin bunga bonsai terus muncul setiap hari maka sebaiknya diletakkan dekat jendela apartemen.

Itulah beberapa tanaman bonsai yang cocok untuk apartemen untuk kamu. Kamu bisa memilih mana tanaman bonsai yang sesuai untuk tipe apartemen dan waktu yang tersedia untuk merawat bonsai. Dengan perawatan yang rutin pasti bonsai akan tumbuh dengan baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.