Buat Si Kecil Makin Senang, Intip 12 Ide Desain Ruang Bermain Anak di Apartemen

Image: Home-Designing.com
0 50

Masa terpenting dalam pertumbuhan anak adalah saat masih kecil. Bagaimanapun juga, karakter dan cara berpikir anak mulai terbentuk saat masa-masa ini. Untuk itu, penting sekali kamu sadari bahwa dengan menghadirkan area ruang bermain anak, hal ini dapat mempengaruhi karakter dan pola pikir yang baik untuk sang anak. Tak masalah seberapa besar area ruang bermain anak, yang terpenting adalah ciptakan desain ruang bermain yang menarik dan dapat membuatnya bisa berpikir sekreatif mungkin.

Nah, kamu bisa juga hadirkan ruang bermain anak meskipun terbatas akan space ruang apartemen yang kecil. Tak perlu kawatir, ada sejumlah cara dan ide yang bisa kamu lakukan untuk menghadirkan ruang ini di apartemen.

1. Optimalkan ruang yang ada

Meskipun kamu memiliki berbagai ide dan desain yang menarik, kamu tetap harus bersikap realistis dengan kondisi yang ada. Jangan sampai nantinya kamu atau anak kecewa saat hasilnya tidak sesuai dengan desain yang dirancang.

Sikap realistis ini bisa kamu terapkan dengan ketersediaan ukuran ruangan, biaya, dan izin dari pihak manajemen apartemen. Hal ini menjadi poin utama yang wajib kamu sadari terlebih dahulu. Jadi, usahakan untuk sesuaikan dengan kondisi ruangan di unit apartemenmu dulu, ya!

2. Gunakan kombinasi warna monokromatik dengan warna lain agar ruang terkesan luas

Ruang Bermain Anak
Image: thespruce.com

Ruang bermain anak memang identik dengan warna-warni yang cerah dan ceria. Namun, kamu juga bisa bereksperimen dengan menggunakan warna monokromatik.

Penggunaan warna monokromatik akan memberikan kesan ruangan yang lebih lapang. Sedangkan agar tampilannya tidak terkesan datar, wajib tambahkan warna-warna cerah dan playful untuk buat si anak makin betah, misalnya navy blue, hijau mudah, pink, dan lain-lain.

3. Hadirkan desain yang tetap disenangi anak hingga tumbuh dewasa

Ruang Bermain Anak
Image: Harmony Land

Desain ruang bermain anak sebaiknya dibuat bisa bertahan lama. Maksudnya bertahan lama di sini adalah desain yang tetap sesuai karakter anak hingga tumbuh dewasa nanti. Melihat pertumbuhan anak yang cepat dan selalu berkembang, jadi penting sekali untuk dapat mengakali ruangan ini.

Misalnya desain pada foto ini. Permainan warna putih dan cerah seperti oranye, biru, dan hijau akan tetap menyesuaikan kegemaran anak hingga remaja nantinya.

4. Membuat rak dinding untuk penyimpanan mainan anak

Ruang Bermain Anak
Image: BAOMOI.com

Jika ruang di apartemen memang terbatas, kamu tidak perlu membeli lemari khusus untuk menyimpan mainan anak. Kamu bisa menggunakan rak yang built-in di dinding untuk menyimpan mainan. Hal ini akan membantu kamu menghemat tempat sehingga anak bisa memiliki ruang bermain yang lebih luas.

Biarkan rak mainan dalam kondisi terbuka agar anak bisa dengan mudah mengambil mainan yang diinginkan.

5. Memikirkan desain tema yang menarik

Ruang Bermain Anak
Image: Mamapedia

Meskipun memiliki ruang yang terbatas, kamu tetap bisa membuat desain ruang bermain anak di apartemen yang menarik. Tentukan tema untuk ruangan tersebut yang disukai anak. Misalnya, kamu bisa menggunakan tema pohon dan nuansa alam untuk anak laki-laki atau tema istana untuk anak perempuan. Sesuaikan tema ini dengan kesukaan anak kamu masing-masing.

6. Mendesain dan membangun secara bertahap

Mendesain dan membangun ruang bermain anak di apartemen bisa kamu lakukan secara bertahap. Kamu tidak harus memastikan ruangan tersebut langsung jadi dalam sehari. Apalagi jika kamu kesulitan di segi keuangan. Kamu bisa membuat jadwal dan menentukan target pembangunan tersebut apabila diperlukan.

7. Mengajak anak untuk terlibat dalam merencanakan desain

Jika kamu kebingungan menentukan desain yang tepat untuk ruang bermain anak di apartemen, tidak ada salahnya jika ajak anak untuk terlibat. Hal ini akan membantu anak untuk ikut mengembangkan kreatifitasnya. Selain itu, hal ini juga bermanfaat agar anak bisa puas dengan hasil dari ruang bermain yang sudah jadi nantinya.

8. Menggunakan furnitur multifungsi

Untuk bisa mengatasi masalah kekurangan ruang, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan furnitur multifungsi. Misalnya menggunakan meja yang bisa juga digunakan sebagai tempat penyimpanan barang.

Furnitur multifungsi ini kini bisa kamu temukan dengan mudah di toko-toko mebel atau membuatnya sendiri di tukang kayu. Penggunaan furniture multifungsi ini selain bisa membantu menghemat ruang, kamu juga bisa berhemat dari segi biaya.

Baca Juga:Intip Deretan Ide Furniture Multifungsi untuk Apartemen Anda

9. Menggunakan warna navy blue untuk kesan yang lebih elegan

Desain Ruang Bermain Anak
Image: Qubes Modular

Warna navy blue bisa kamu gunakan untuk kesan ruangan yang lebih elegan. Warna ini juga cocok untuk anak-anak yang sudah mulai bersekolah. Selain itu, jika anak sudah beranjak dewasa nantinya akan bisa tetap menyukai warna ini.

Warna biru juga dinilai bisa membantu daya ingat anak saat belajar sehingga ruang bermain anak bisa digunakan juga sebagai ruang belajar anak.

10. Mengurus izin ke pihak manajemen apartemen

Jika apartemen tersebut bukan murni milik sendiri, sebaiknya meminta izin terlebih dahulu ke pihak manajemen apartemen. Hal ini karena beberapa apartemen tidak mengizinkan perombakan yang terlalu besar, seperti adanya pelubangan dinding. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa juga menggunakan desain yang tidak akan terlalu merombak dinding apartemen.

11. Menyesuaikan dengan kebutuhan anak

Jika pihak apartemen memang sudah menyediakan taman atau ruang khusus bermain anak bersama, kamu bisa menyesuaikan ruang bermain anak pribadi ini dengan kebutuhan. Kamu bisa menambahkan hal-hal yang belum tersedia di ruangan bermain bersama.

Jika suatu saat ada cuaca buruk dan anak tidak bisa bermain di luar ruangan, sang anak tetap bisa bermain di dalam rumah. Terlebih, kamu jadi tidak perlu turun jauh ke bawah untuk mengajak anak bermain.

12. Sisakan ruang lapang di tengah ruangan 

Anak-anak, terutama yang masih kecil membutuhkan ruang yang lebih lapang untuk bisa bermain dengan bebas. Jangan biarkan ada barang yang bercecer atau ditaruh di tengah ruangan.

Selalu sisakan ruang yang cukup di tengah untuk area bermain anak. Kamu bisa menempatkan karpet kecil agar anak bisa merasa lebih nyaman.

Mendesain ruang bermain anak di apartemen memang terkadang sulit karena keterbatasan ruang, namun masih bisa dilakukan. Coba terapkan ide di atas untuk kesenangan sang anak bisa bermain bebas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.