10 Tips Terapkan Desain Kamar Anak laki-Laki untuk Tumbuh Kembang Anak

Image: Viendoraglass.com
0 134

Membiasakan anak laki-laki tidur di kamarnya sendiri bisa mengajarkan karakter yang baik bagi anak. Salah satunya adalah melatih kemandirian diri dan belajar mengurus apa yang jadi miliknya. Namun tidak semua anak langsung bisa betah tidur sendiri di kamarnya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba mendesain kamar anak laki-laki sedemikian rupa. Tujuannya agar anak merasa nyaman, familiar, dan betah menghabiskan malam di kamarnya sendiri. Kalau kamu bingung bagaimana desain kamar anak laki-laki yang tepat, berikut tips ampuh yang bisa kamu terapkan:

1. Hadirkan Perabotan yang Ramah Anak

Desain Kamar Tidur Anak Laki Laki
Image: homeworlddesign.com

Perabotan yang ramah anak di sini adalah dari segi desainnya yang dapat mengurangi kemungkinan berbahaya bila secara tidak sengaja terjadi pada anak. Terutama ketika sang anak sedang beraktivitas.

Di masa kanak-kanak, anak laki-laki biasanya sangat aktif bermain, berlari kesana kemari. Tak jarang anak terjatuh hingga akhirnya menimpa perabotan. Untuk itu, perabotan yang ramah anak akan mengurangi resiko terluka serta membuat anak lebih nyaman.

2. Karpet Lembut dan Kesat

Desain Kamar Tidur Anak Laki Laki
Image: Pinterest

Lantai yang licin akan beresiko bagi anak laki-laki yang aktif berlari. Anak bisa saja jatuh terpeleset ketika menginjak karpet yang licin. Untuk itu gunakanlah karpet yang kesat.

Lebih baik lagi jika karpet tersebut terasa lembut dan empuk. Selain mengurangi resiko jatuh terpeleset, juga akan membuat anak merasa nyaman saat bermain di kamarnya.

3. Ruang yang Luas

Desain Kamar Anak Laki Laki
Image: cindiroom.info

Karena keaktifannya, kamar anak laki-laki cenderung membutuhkan ruang yang lebih luas daripada anak perempuan. Untuk itu sediakan ruang yang cukup luas untuk bermain dan belajar bagi anak.

Menyediakan kamar tanpa area bermain sangat tidak tepat bagi anak-anak. Sebab area bermain memiliki pengaruh cukup besar terhadap tingkat kenyamanan anak di kamarnya, terutama bagi anak laki-laki. Pun juga sangat berpengaruh pada perkembangannya nanti.

4. Rak Penyimpanan

Desain Kamar Anak Laki Laki
Image: homearena.co.uk

Kamar anak laki laki cenderung penuh dengan mainan anak, seperti mobil-mobilan, robot atau semacamnya bagi anak laki-laki. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan lemari atau rak tempat menyimpan dan mengatur letak barang-barang anak, terutama mainan.

Adanya tempat penyimpanan ini juga akan mengajarkan kebiasaan baik bagi anak, seperti membereskan kembali mainan yang telah digunakannya, serta menjaga kerapihan dan kebersihan kamarnya. Sebaiknya pilih rak penyimpanan yang berkualitas, agar tidak mudah rusak dan bisa tahan dalam jangka waktu lama.

5. Penerangan yang Memadai

Desain Kamar Anak Laki Laki
Image: Pinterest

Pastikan cahaya di kamar anak memadai, demi kenyamanan dan juga kesehatan matanya. Selain itu cahaya kamar yang kurang memadai juga akan memberikan kesam suram serta menyeramkan bagi anak. Hal ini akan membuat anak tidak betah menghabiskan malam di kamarnya sendirian.

Gunakan lampu yang cukup terang untuk menemani aktivitas bermain anak. Kamu bisa menambahkan lampu tidur yang lebih redup untuk menemani tidur anak. Selain itu kamu juga bisa mendekorasi kamar anak dengan desain lampu hias karakter favoritnya.

6. Tema Karakter Favorit Anak

Desain Kamar Anak Laki Laki
Image: Interior – Fun

Menata kamar anak bisa jadi menyenangkan bagi orang tua. Namun perlu diperhatikan untuk menyesuaikan desain kamar anak sesuai karakter dan selera anak. Misalnya menghiasai kamar anak laki-laki dengan barang-barang bertema karakter superhero yang disukainya. Hal ini tentu akan membuat anak merasa senang dan betah untuk berlama-lama di kamarnya sendiri.

Untuk mengetahui tema yang disukai, kamu bisa tanyakan pendapat anak terlebih dahulu. Buat anak ikut berpartisipasi dalam mendesain kamarnya. Selain akan membuatnya belajar bertanggung jawab terhadap kamarnya, hal ini juga akan membuatnya merasa memiliki dan menghargai kamarnya.

7. Warna Dinding Kamar

Desain Kamar Anak Laki Laki
Image: digsdigs.com

Karakter warna kamar anak laki-laki sebaiknya cerah dan penuh warna, terutama pada area bermain agar memberikan kesan riang. Namun karena anak akan tumbuh dengan cepat, dan anak laki-laki cenderung cepat bosan, jadi pilihlah warna yang cerah tapi netral. Sementara untuk area tidur sebaiknya gunakan warna yang lebih tenang untuk membantunya cepat beristirahat.

Perhatikan pula warna yang disukai anak sebelum memutuskan wanrna cat dinding kamar yang digunakan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan walpaper dinding yang sesuai dengan tema desain kamar anak.

8. Efesiensi Ruang Kamar

Desain Kamar Anak Laki Laki
Image: Pinterest

Seperti disebutkan sebelumnya, anak laki laki cenderung membutuhkan ruang yang lebih luas untuk beraktivitas daripada anak perempuan. Untuk dapat menyediakan ruang yang luas, kamu perlu melakukan beberapa trik untuk efesiensi ruang.

Salah satu trik yaitu menggunakan perabotan yang memiliki dua fungsi atau lebih. Misalnya tempat tidur yang juga memiliki laci penyimpanan serta bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang anak laki-laki. Atau juga menggunakan tempat tidur yang memiliki meja belajar yang menempel. Trik lainnya yaitu menggunakan rak gantung untuk tempat penyimpanan, agar memiliki area lantai yang lebih luas.

Baca Juga: 11 Langkah Desain Kamar Tidur Anak Perempuan Sesuai Perkembangan

9. Menggunakan wallpaper

Desain Kamar Anak Laki Laki
Image: Pinterest

Dewasa ini terdapat beragam desain walpaper untuk kamar anak yang bisa kamu pilih. Untuk kamar anak laki-laki, kamu bisa memilih wallpaper berbau petualangan, otomotif seperti mobil, motor, pesawat; atau juga karakter film kartun atau superhero yang disukai anak.

Kamu bisa menyesuaikan walpaper dinding kamar dengan tema desain kamar anak. Misalkan jika bertema superhero favoritnya, maka kamu bisa menempelkan walpaper bertema serupa. Selain membuat kamar lebih indah dipandang, juga akan menambah rasa betah anak untuk tidur di kamarnya.

10. Area Istirahat dan Belajar yang Nyaman

Desain Kamar Anak Laki Laki
Image: Viendoraglass.com

Area tidur dan belajar merupakan area terpenting dalam mendesain kamar anak. Jadi fokuskan desain kamar pada area tersebut. Perhatikan penataan tempat tidur dan meja belajar, pastikan anak mendapatkan kenyamanan saat tidur dan belajar.

Sebisanya buat pemisah antara area belajar dengan area bermain. setidaknya agar barang-barang yang digunakan anak untuk belajar tidak tercampur dengan mainan anak.

Selain beberapa tips desain kamar anak laki-laki di atas, ada baiknya juga sediakan satu area dinding tanpa gambar alias kosong. Biarkan area ini digunakan anak untuk berkreasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.