Desain Ruang Kantor Terbuka, Desain Terbaru Kantor Jaman Sekarang

Desain ruang kantor terbuka kian populer untuk diterapkan pada kantor jaman sekarang.

Image: esplanadebuilders.com
0 135

Semakin banyak kantor-kantor baru mulai dari e-commerce, perbankan, dan ahensi yang menerapkan desain ruang kantor terbuka. Selain lebih hemat biaya karena tidak perlu membangun partisi dan perabotan lain yang harus dibeli, pemilik kantor juga bisa mengeksplorasi desain yang diinginkan mengingat ruang kerja yang tersedia masih cukup luas.

Tentu dari berbagai kalangan karyawan, pasti ada yang suka maupun tidak suka dengan desain kantor seperti ini. Jika kamu termasuk orang yang selalu aktif atau ekstrovert, desain kantor ini sangat cocok bagi kamu. Namun jika kamu termasuk introvert yang lebih senang bekerja sendiri dan lebih fokus dengan pekerjaanmu, maka desain kantor ini agak menantang buat kamu.

Tidak hanya yang telah disebutkan di atas, desain ruang kantor terbuka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. SpaceStock akan menjabarkannya di bawah ini.

[lwptoc title=”Kelebihan dan Kekurangan Desain Ruang Kantor Terbuka”]

Kelebihan Desain Ruang Kantor Terbuka

1. Hemat biaya dan beban yang dikeluarkan

Desain Ruang Kantor Terbuka
Image: Unsplash/Alexander Mils

Pemilik kantor pastinya tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk membeli perabot perkantoran. Pemilik kantor tidak perlu membeli partisi, rak, meja satu per satu, dan lain-lain untuk setiap karyawan yang nantinya bekerja di tempatnya. Selain itu beban-beban perusahaan seperti listrik, internet, fasilitas-fasilitas kantor seperti AC jauh lebih berkurang. Apalagi jika kantor tersebut menggunakan AC sentral, tentu beban perusahaan akan jauh lebih ringan dibandingkan dengan menggunakan AC pada setiap ruangan yang tentunya lebih banyak mengeluarkan uang.

2. Mudahnya pengawasan oleh petinggi kantor

Desain Ruang Kantor Terbuka
Image: Pexels.com

Manager atau supervisor akan jauh lebih mudah untuk melakukan pengawasan pada karyawan. Dengan desain ruang kantor yang lebih terbuka, tentunya karyawan juga tidak bisa berleha-leha untuk tidak bekerja. Selain itu desain kantor seperti ini memudahkan manajer dan supervisor untuk membimbing dan bertukar pikiran dengan karyawan ketika menemukan hambatan dalam pekerjaan yang sedang dikerjakan.

3. Meningkatkan komunikasi antar karyawan

Desain Ruang Kantor Terbuka
Image: Publiko MX

Tidak adanya partisi pembatas yang membuat kubikel dalam ruang kerja membuat karyawan jadi lebih mudah untuk berkomunikasi. Bahkan jika ada masalah tentunya antar pekerja satu dengan lainnya bisa lebih terbuka dan berbagi solusi.

4. Pertukaran ide jadi lebih cepat

Desain Ruang Kantor Terbuka
Image: huffingtonpost.com

Jika satu karyawan memiliki ide yang bisa diterapkan untuk pekerjaannya, maka karyawan lainnya bisa langsung mendengar ide tersebut. Bertukar pikiran antar karyawan mampu meningkatkan produktivitas ketika sedang bekerja karena pastinya ada solusi-solusi yang akan muncul ketika ada hambatan dalam bekerja.

5. Meningkatnya hubungan karyawan dan atasan

Desain Ruang Kantor Terbuka
Image: glassdoor.com

Yang tak kalah penting adalah terciptanya hubungan antar karyawan dengan atasan yang baik. Hal ini karena karyawan dan atasan bisa dengan mudah saling menjangkau. Keadaan demikian secara langsung akan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Dengan jangkauan yang dekat membuat atasan dan karyawan labih dekat, dalam arti hubungan akan terjalin semakin baik. Kemudian, keadaan ini secara langsung juga mengembangkan lingkungan kerja yang positif. Jika karyawan merasa senang, maka produktivitas mereka secara alami juga akan meningkat.

6. Cahaya mudah masuk dan sirkulasi udara lebih baik

Desain Ruang Kantor Terbuka
Image: Pexels.com/ProxyClick

Tentunya tanpa adanya sekat-sekat pembatas, cahaya matahari yang masuk melalui jendela tidak akan terhalang.  Sirkulasi udara juga lebih baik karena tidak ada pembatas. Selain itu cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan dipercaya mampu membuat pikiran kamu lebih jernih ketika bekerja.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Sarinah Gedung Pencakar Langit Pertama di Indonesia

Kekurangan Desain Ruang Kantor Terbuka

1. Tidak ada ruang pribadi

Di sisi lain, konsep tanpa sekat pada kantor juga membuat karyawan tidak bisa menjaga hal-hal yang bersifat privasi atau pribadi. Seperti misalnya membawa barang-barang pribadi yang sering dibawa. Meskipun keamanan dalam ruang kerja cukup terjaga, tetapi kehilangan barang pribadi bisa memicu pertikaian karena pastinya tidak ada yang ingin disalahkan. Contoh lainnya ketika kamu sedang mendapat telepon dan bersifat penting. Kamu tidak bisa ngobrol dengan leluasa karena pastinya percakapan kalian lebih mudah didengar. Mau tidak mau kamu harus ke private room agar lebih leluasa untuk berbicara.

2. Ruang kantor terasa lebih berisik

Mengingat banyak sekali pekerja yang berada dalam ruang kantor tanpa pembatas, maka pastinya suara-suara akibat aktivitas pekerjaan lebih sering kamu dengar. Mulai dari karyawan lainnya yang mengobrol, bunyi nada dering telepon, hingga polusi suara lainnya terdengar begitu jelas. Tentu bagi orang yang tidak suka kebisingan akan merasa sangat terganggu, apalagi jika kamu tidak mudah konsentrasi ketika suasana kerja kamu begitu bising.

3. Sering terjadi perselisihan

Satu ruangan kantor yang terdiri dari banyak orang pastinya harus berhadapan dengan pengambilan keputusan bersama. Contoh simpelnya ketika kamu ingin mengatur temperatur AC, lampu, pewangi ruangan dan lain sebagainya. Tentu tidak semua karyawan setuju dengan keputusan kamu karena pastinya karyawan lainnya memiliki keputusan yang berbeda atau alasan lainnya.

4. Hirarki antar pekerja hilang

Memang hubungan antar karyawan dengan atasan jauh lebih meningkat. Bahkan karyawan yang senior dan junior pun bisa menjadi teman yang baik karena intensnya komunikasi. Tetapi bisa saja karena hubungan baik yang sudah terjalin, karyawan menjadi tidak respek dengan karyawan senior ataupun atasan karena mengganggap mereka setara. Terkadang juga karyawan akan menganggap remeh bahwa karyawan senior ataupun atasannya akan berbaik hati untuk menerima permintaan maaf ketika mereka berbuat salah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.