Ibu Kota Pindah, Siapa yang Merasa Diuntungkan?

Image: BAOMOi.com
0 48

Lokasi ibu kota negara baru telah diputuskan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (26/8/2019) lalu. Pemindahan ibu kota ke Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ini disambut dengan beragam pendapat, sikap, hingga euforia. Dibalik gegap gempita pemberitaan, ada pihak yang menyikapinya secara khawatir karena menilai akan adanya potensi kerusakan lingkungan sebagai dampak pemindahan ibu kota.

Namun ada pula pihak yang optimis akan mendapat keuntungan. Cushmand and Wakefield Indonesia memandang pemindahan ibu kota akan memberikan dampak pada aktivitas perekonomian baru dan proses pembangunan yang masih di Kalimantan Timur. Ada sejumlah pihak yang diuntungkan dari pemindahan ibu kota negara. Berikut ulasannya:

Pemindahan Ibu Kota
Image: BAOMOi.com

1. Kota-kota Besar Terdekat Ibu Kota Baru

Cushman and Wakefield Indonesia menilai bahwa kota-kota besar yang lokasinya berdekatan dengan ibu kota baru akan terkena imbas positif dari pemindahan ibu kota. Menurutnya, kota-kota besar seperti Balikpapan dan Samarinda akan mendapat keuntungan dari adanya berbagai arus pengembangan. Misalnya saja properti komersial.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmajidji juga mengatakan bahwa dampak pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur juga akan membawa keuntungan ke provinsi yang ia pimpin.

“Keputusan Presiden dalam memindahkan ibu kota merupakan keputusan yang berani. Kalimantan Barat akan menjadi daerah yang paling diuntungkan. Sebab, pembangunan akan menjadi lebih sangat cepat untuk ke depannya,” ungkapnya di Pontianak pada Minggu, 18 Agustus 2019 lalu.

Sutarmidji juga menambahkan bahwa Kalimantan memiliki wilayah yang luas sehingga pemerintah dapat lebih leluasa melakukan penataan pada pusat pemerintahannya yang baru. Ia mencontohkan pemindahan ibu kota ke Washington DC yang dilakukan Amerika Serikat. Penataan wilayah akan menjadi lebih baik karena akan ada pembagian antara pusat pemerintahan dan wilayah bisnis.

2. Para Pemilik Tanah

Penerima manfaat paling besar adalah para pemilik tanah lokal. Mereka akan memperoleh kenaikan nilai tanah dengan usaha yang begitu minim. Para tuan tanah ini akan mendapat keuntungan sebagai dampak pemindahan ibu kota secara cepat karena banyak spekulan yang berlomba-lomba mencari posisi lahan yang terbaik.

3. Para Pengembang Properti

Tak hanya tuan tanah yang akan kecipratan untung. Hal serupa juga diprediksi akan didapatkan oleh para pengembang properti. Besarnya skala pembangunan yang diperlukan akan memberikan kesempatan yang begitu besar bagi para pengembang. Baik itu pengembang lokal, nasional, bahkan asing.

Maka dengan rencana berpindahnya pusat pemerintahan, sektor properti di Kalimantan Timur dinilai akan mulai menggeliat. Seiring dengan pindahnya penduduk ke ibu kota baru, maka potensinya pun akan terbuka semakin lebar.

Meskipun potensi yang digaungkan sangat besar dari sejumlah pihak, namun para pelaku bisnis properti dan industri properti melihat peluang tersebut lebih realistis. Spekulan tanah dinilai akan bermain lebih agresif.

Hal ini dinilai oleh Direktur PT Metropolitan Land Tbk (Metland) Thomas J Angfendy. Ia mengemukakan bahwa spekulan yang kini berlomba-lomba menawarkan tanah dengan harga tinggi sebaiknya tidak disikapi dengan ikut bermain di dalamnya.

Metland pun masih menunggu kepastian serta kejelasan pemindahan ibu kota baik. Baik dari skema pembangunan yang melibatkan swasta, payung hukum, hingga pembagian peran. Hal ini juga diaminkan oleh PT Ciputra Development. Pengembang sebaiknya tidak terburu-buru ingin mengakuisisi lahan di lokasi ibu kota baru.

Baca Juga: Proses Tahapan Pemerintah Menjalankan Pemindahan Ibu Kota Baru

3. Jasa Bisnis Pendukung Properti

Pesatnya keuntungan yang diperoleh pengembang properti juga akan mengalir ke ranah usaha pendukung lainnya. Seperti jasa arsitektur, teknik, hingga firma konsultasi yang juga akan mendapatkan dampak pemindahan ibu kota. Jasa-jasa tersebut akan memperoleh manfaat dari meningkatnya permintaan properti.

Pembangunan lahan pemerintah akan dilakukan oleh berbagai pihak. Baik itu BUMN hingga swasta. Pilihan skema kerja yang akan dijalani antara lain bangun, guna serat, transfer, sewa, hingga tukar guling.

4. Para Penanam Modal

Para investor atau penanam modal baik Indonesia maupun skala global juga akan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pasar investasi yang baru. Investor yang mencari aset utama dengan pendapatan yang stabil akan tertarik dengan pembangunan gedung perkantoran serta instansi pemerintahan.

Tak hanya di sektor properti, investor di sektor lain seperti perbelanjaan dan perhotelan juga diprediksi akan mendapatkan keuntungan dari pemindahan ibu kota negara. Hal ini disebabkan karena pemindahan ibu kota dinilai berpotensi memiliki pertumbuhan jangka panjang.

5. Perdagangan Bilateral Indonesia-Malaysia

Relokasi ibu kota juga akan membuka peluang perdagangan bilateral yang lebih baik antara Indonesia dan Malaysia. Misalnya saja jika dibangun jalan yang menghubungkan Kalimantan Timur dengan wilayah Sabah dan Sarawak di Malaysia. Tentu saja hal ini dinilai dapat meningkatkan perdagangan kedua negara serumpun ini.

Memang saat ini sudah terjalin hubungan bilateral antara Indonesia dengan Malaysia. Namun dengan pemindahan ibukota ke kawasan Kalimantan Timur, sektor perdagangan bilateral dinilai akan lebih efektif. Terlebih jika didukung dengan infrastruktur dan sarana lainnya yang lebih mendukung.

6. Sektor Saham

Pemindahan ibu kota juga akan berdampak positif pada sektor saham. Dalam jangka pendek, investasi saham memang belum ada pengaruhnya. Namun dalam ekonomi nasional jangka panjang, pemindahan ibu kota akan berdampak positif. Akan tetapi, proses tersebut memakan waktu sekitar 5-10 tahun.

Saham-saham yang diuntungkan dari pemindahan ibu kota antara lain properti, konstruksi, hingga sektor pendukung lainnya seperti semen. Pengembangan properti selama ini memang masih terpusat di Jawa, Bali, serta Sumatera. Jarang ada pengembang besar yang melirik kawasan Indonesia Tengah hingga Timur.

Ternyata selain sektor properti, ada banyak pihak yang diuntungkan sebagai dampak pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kamu. (Source: Kompas)

Leave A Reply

Your email address will not be published.