Indahnya 15 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama Peraih Penghargaan Pritzker

Image: SpaceStock Team
0 266

Dalam dunia arsitektur, siapa tak kenal Zaha Hadid? Ialah sosok wanita pertama yang menyabet penghargaan Arsitektur Pritzker. Penghargaan arsitek tahunan ini ia raih pada tahun 2004. Sederet award lainnya pun pernah ia dapatkan. Salah satunya Penghargaan Striling di 2010 serta 2011.

Wanita kelahiran 31 Oktober 1950 ini meninggal pada 31 Maret 2016. Meskipun telah tiada, karya-karyanya masih menjadi inspirasi banyak arsitek lainnya. Wanita blesteran Inggris-Irak ini berhasil menelurkan banyak rancangan bangunan penting hampir di seluruh dunia. Berikut beberapa ulasan karya rancangannya yang begitu mengagumkan.

[lwptoc]

15 Karya Zaha Hadid yang Menawan

1. Guangzhou Opera House

Karya Zaha Hadid
Image: The New York Times

Guangzhou Opera House merupakan bangunan megah yang digunakan untuk tempat pembukaan Asian Games. Gaya arsitektur kontemporernya begitu memanjakan mata. Kompleks seluas 70.000 meter persegi ini memiliki tampilan batu kristal yang seolah hanyut di laut. Terdapat dua bangunan di mana tujuan utama proyek tersebut untuk meningkatkan fungsi kota dengan membuka akses sungai.

Auditoriumnya mampu menampung kapasitas pengunjung hingga 1.800 orang. Terdapat juga ruang multifungsi dengan kapasitas 400 kursi. Ruang serbaguna tersebut juga bermanfaat sebagai area untuk pertunjukan seni, konser, hingga opera.

2. The Riverside Museum

Karya Zaha Hadid
Image: ArchDaily

Museum transportasi ini menyajikan lebih dari tiga ribu model kendaraan. Lokasinya bersebelahan dengan sungai Clyde, Glasgow. Hasil tangan dingin arsitek wanita ini memiliki eksterior dengan pola zig-zag yang menyerupai bentuk riak sungai.

Bentuk bangunannya tampak transparan dengan cahaya indah jika dilihat pada malam hari. Sedangkan pada siang hari, eksteriornya berwarna abu-abu yang menyatu sempurna dengan alam sekitar.

3. MAXXI National Museum, Italia

Arsitek Zaha Hadid
Image: flickr

Media massa The Guardian menyebut bangunan ikonik ini sebagai salah satu masterpiece Zaha Hadid. Bangunan yang berdiri di bekas barak militer Montello ini merupakan bangunan nasional Italia yang dibangun dengan konsep kontemporer.

Dibangun dalam kurun waktu 10 tahun, terdapat dua museum yang menjadi daya tarik utama. Yakni museum arsitektur nasional Italia serta museum koleksi seni kontemporer.

4. Aquatic Centre London

Arsitek Zaha Hadid
Image: Arch20

Zaha Hadid juga merancang area pertandingan renang untuk Olimpiade London 2012. Komplek renang ini mampu menampung hingga 17.500 penonton dan mengusung konsep desain gedung berbentuk geometri. Hal ini dapat membuat pengunjung akan berada di dalam pusaran air ketika berada di dalam gedung. Terdapat 85 ribu ubin yang menutupi seluruh kolam renang.

Atapnya didesain bergelombang yang menjadi representasi gelombang air yang beriak. Materialnya yang dari alumunium lapis baja pun makin memantapkan kualitas bangunan tersebut.

5. Vitra Fire Station

Karya Zaha Hadid
Image: The Architectural Review

Sebuah bangunan khusus pemadam kebakaran pun tak lepas dari campur tangan Zaha Hadid untuk memperindah tampilannya. Pos pemadam yang ada di Jerman ini mengusung material beton miring. Sekilas bentuknya seperti pesawat luar angkasa. Bangunan rancangan arsitek kelahiran Irak ini juga menjadi pijakan besar Hadid di kancah dunia.

Serangkaian dinding beton hingga di bagian atapnya merupakan sisi ikonik yang begitu menarik. Kesederhanaan di tiap aspeknya tampak dari bentuk dinding yang nyaris tanpa ornamen.

6. Heydar Aliyev Center

Karya Zaha Hadid
Image: Baku Explorer

Heydar Aliyev Center merupakan karya Hadid yang berhasil menyabet penghargaan 2014 Design of the Year dari Design Museum London. Rancangan tersebut juga menempatkan Hadid sebagai wanita pertama yang meraih penghargaan tersebut. Bangunan yang ada di Baku, Azerbaijan ini memiliki konsep geometri nan berliku. Gaya islaminya begitu khas dengan komposisi urutan kolom, grid, dan baris yang membentuk ruangan bertingkat.

Hiasan kaligrafinya juga mengalir sempurna mulai dari dinding hingga langit-langit. Tak ayal jika rancangan tersebut menjadi salah satu bangunan monumental yang ada di negara pecahan Uni Sovyet tersebut.

7. Library and Learning Center, Vienna

Karya Zaha Hadid
Image: Arch Daily

Struktur kantilever yang melintang di sepanjang lanskapnya merupakan ciri khas yang begitu elegan. Bangunan yang ada di kota Vienna Austria ini memang didesain dengan mengusung aneka elemen unik.

Aneka elemen unik tersebut dirancang Hadid dengan konsep saling melengkapi satu sama lainnya. Library and Learning Center di Vienna ini merupakan bangunan miliki universitas ekonomi di negara tersebut.

8. Dongdaemun Design Plaza

Karya Zaha Hadid
Image: VenueMagz

Negeri Gingseng Korea pun tak luput dari tangan dingin arsitek wanita ini. Dongdaemun Design Plaza memiliki bentuk lengkungan yang indah. Lengkungan pada fasadnya memang menjadi trademark tersendiri yang dimiliki arsitek berbakat ini. Struktur bangunannya begitu modern dan futuristik. Tak ayal jika bangunan tersebut juga menjadi landmark di Seoul, Korea Selatan.

Di dalam bangunan tersebut terdapat area pameran, ruko, rooftop, hingga aula konvensi. Bentuk dan fungsinya yang begitu menawan juga membuatnya dijadikan sebagai salah satu destinasi para turis yang berlibur ke Seoul.

9. Galaxy Soho Beijing

Karya Zaha Hadid
Image: Flickr

Galaxy Soho bertempat di ibukota Tiongkok, Beijing. Bangunan dengan fasad melengkung a la Hadid ini merupakan area mixed used yang sangat mengagumkan. Empat areanya dibangun saling berkaitan satu sama lainnya.

Uniknya lagi, Hadid juga menggabungkan halaman internal di masing-masing area. Halaman internal ini merupakan salah satu ciri bangunan tradisional Tiongkok.

10. Bergisel Ski Jump Tower, Austria

Karya Zaha Hadid
Image: Itinari

Bangunan setinggi 164 kaki ini memiliki kombinasi jembatan dengan bangunan raksasa. Dilengkapi dengan fasilitas olahraga, cafe, hingga dek balkon, di dalamnya juga tersedia dua elevator yang mengakomodir para pengunjung. Tak hanya menikmati makanan atau lanskap dari ketinggian, para pengunjung pun bisa menyaksikan para atlet balet yang sedang berlatih.

Bangunan yang ada di kota Innsbruck, Austria ini juga menjadi tempat tepat untuk menyaksikan indahnya pemandangan pegunungan Alpine.

11. Capital Hill Residence

Karya Zaha Hadid
Image: Archinect

Hunian dengan desain neo-futuristik ini memiliki luas 3761 meter persegi. Hunian mewah ini merupakan satu-satunya tempat pribadi hasil rancangan wanita campuran Inggris-Irak ini.

Bangunan milik Vladislav Doronin ini memiliki bentuk menyerupai kapal antariksa. Dengan tinggi bangunan 22 meter, hunian dikelilingi hamparan pepohonan dengan lokasi yang jauh dari hiruk-pikuk kota.

12. Hungerburgbahn, Austria

Karya Zaha Hadid
Image: Pinterest

Stasiun kereta api ini dirancang dengan bentuk yang begitu elok. Desainnya sangat megah dengan latar belakang gunung salju di kota Innsbruck, Austria. Bentuk bangunannya didesain menyerupai jamur di area atapnya.

Bentuk setengah es-nya memiliki tampilan berenamel yang sangat unik. Empat stasiun tersebut rampung dirancang oleh arsitek kondang ini. Bentuknya yang ikonik juga menambah daftar landmark yang dimiliki kota tersebut.

Baca Juga: 10 Arsitek Wanita Paling Terkenal di Dunia Beserta Karyanya

13. Pierresvives

Karya Zaha Hadid
Image: Behance

Dalam rancangan satu ini, Hadid menyatukan tiga identitas sekaligus. Hal ini menciptakan bentuk bangunan yang begitu berkesan. Hadid pun tidak meninggalkan ciri khasnya dengan menampilkan lengkungan elok di area fasadnya.

Kualitas beton dan geometrisnya membuat bangunan tampak gagah. Bangunan yang ada di Montpellier ini terdiri atas perpustakaan arsip, tempat olahraga, hingga perpustakaan umum dengan bentuk meluas.

14. Phaeno Science Centre

Arsitek Zaha Hadid
Image: Arch Photos

Wolfsburg juga memiliki hasil karya Hadid dengan tajuk Phaeno Science Centre. Arsitekturnya menyerupai gunung es. Material utamanya berupa baja, kaca dan beton yang dikombinasikan menjadi hasil karya yang menghipnotis. Pusat sains yang ada di Wolfsburg ini mengusung tema putih dengan jendela glasial dan beton putihnya yang tampak sejuk.

Langit-langit yang menjulang juga makin memberikan kesan lega dan perasaan monumental yang sangat berkesan.

15. Ordrupgaard Extension

Karya Zaha Hadid
Image: Architectural

Pemandangan sekitar bangunan menjadi inspirasinya dalam menciptakan rancangan satu ini. Ia mampu membaurkan undulasi pemandangan sekitar secara sempurna. Taman rancangannya memiliki panel kaca yang begitu anggun.

Panel kaca ini juga mampu memberikan privasi dan koneksi ke alam. Proporsi bangunan asalinya pun tidak ia pudarkan namun sempurna dalam melahirkan sebuah karya baru nan elegan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.