Yuk Kenal Kompor Tanam Berikut Varian dan Rekomendasi Produknya

Image: EST Living
0 62

Sedang mencari peralatan yang matching untuk dapur minimalis modern di apartemen kamu? Sudah seharusnya bila kamu memiliki dapur modern, maka berbagai perlengkapan dan peralatan di dalamnya pun juga modern. Selain berbagai peralatan elektornik terkini, salah satu peralatan yang juga bisa menunjang tampilan kekinian dapur adalah kompor tanam. Tak sekedar terlihat mewah dan modern, kompor ini memang dilengkapi oleh berbagai fitur canggih.

Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih ke Kompor Tanam

Kompor Tanam
Image: Pinterest

Dapur modern dalam hunian masa kini biasanya memang selalu dipersenjatai dengan kitchen set lengkap dengan kompor di dalamnya. Banyak pula rumah tangga yang melirik kompor ini untuk membuat tampilan dapur biasa mereka lebih kekinian. Tak hanya menjadi lebih semangat mengolah menu masakan, kompor ini juga menawarkan berbagai kelebihan lain. Berikut ini beberapa alasan yang membuat banyak orang mulai menggunakan kompor tanam, diantaranya;

1. Kesan Rapi untuk Dapur

Kita mulai dari membahas desain cooktop. Kompor tanam menggunakan cara instalasi ditanam di atas meja secara permanen, kebalikan dari kompor biasa yang bisa dengan mudah dipindahkan.

Dengan demikian, apa yang terlihat dari kompor tersebut hanyalah bagian tungkunya saja karena bagian bagian lain tersembunyi di bawah kitchen set. Karena seolah menyatu, kompor akan menambah kesan rapi pada dapur berkonsep minimalis modern .

2. Hemat Tempat

Dengan desain yang demikian, tentunya kompor ini akan lebih menghemat area pada kitchen set kamu. Tidak ada lagi area khusus yang harus kamu persiapkan hanya untuk kompor dan berbagai aktivitas memasak. Selain itu, kompor ini juga memiliki varian 1 tungku, 2 tungku dan 3 tungku sehingga bisa dengan mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kitchen set dalam dapur kamu.

3. Mudah Dibersihkan

Karena hanya memperlihatkan bagian tungkunya saja, untuk membersihkan kompor pun menjadi lebih mudah dan cepat. Kamu bisa melepas tungku kemudian merendamnya dalam air panas sekitar 10 menit dan menggunakan kuas untuk membersihkan detail tungku. Bila tungku berbahan kaca, cukup dilap menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi.

4. Keamanan

Instalasi permanen dengan pipa yang tersembunyi dalam kabinet menjadikan kompor jenis ini dikenal lebih aman dari anak-anak. Selain itu, kompor jenis ini juga tidak akan terjatuh lantaran tersenggol. Kompor modern ini umumnya juga dilengkapi fitur pendeteksi kebocoran gas untuk meningkatkan keamanan.

5. Dukungan Fitur Modern

Dikenal sebagai peralatan dapur modern, kompor ini pastinya memiliki sejumlah fitur yang lebih memudahkan pekerjaan memasak. Jadi, bukan hanya fitur keamanan di atas saja yang akan kamu dapat. Nah, dukungan fitur inilah yang kemudian perlu dijadikan sebagai pertimbangan saat akan membeli kompor. Beberapa fitur populer antara lain;

  • Timer; fitur agar kompor mati secara otomatis sekaligus mencegah masakan yang terlalu matang (gosong).
  • Alarm; fitur agar kamu dapat peringatan saat masakan dianggap sudah matang.
  • Keamanan; fitur yang bekerja saat mencapai suhu tertentu (berlebih), kompor akan mati secara otomatis.

Mengenal Varian Kompor Tanam Populer di Pasaran Saat Ini

Untuk menyesuaikan dengan permintaan pasar dan lebih mudah untuk menarik konsumen baru, produsen kompor juga menawarkan berbagai macam produk. Varian produk yang ada di pasar saat ini bisa dikategorikan dari bahan bakar

1. Kompor Tanam Gas

Kompor Tanam
Image: thekbzine.com

Seperti namanya, kompor ini menggunakan gas (LPG) untuk bahan bakar. Varian kompor ini menjadi yang paling banyak digunakan di dapur Indonesia. Hal ini karena LPG dianggap sebagai bahan yang paling terjangkau untuk kemampuan rumah tangga pada umumnya. Jika ingin beralih dari kompor gas biasa ke kompor tanam, maka penggunaan bahan gas ini bisa kamu lakukan dengan tetap memperhatikan keamanan untuk mencegah potensi kebakaran .

2. Kompor Tanam Listrik

Kompor Tanam
Image: damailand

Mungkin kamu sudah tidak terlalu asing dengan penggunaan berbagai pemanas bertenaga listrik. Aliran listrik dihantarkan pada kabel nichrome ke gulungan besi yang ada di tungku kompor sehingga menghasilkan panas. Sayangnya, penggunaan kompor ini akan menambah kebutuhan listrik rumah tangga kamu. Namun demikian, penggunaan listrik memberikan keamanan lebih karena tidak memicu percikan api yang bisa membahayakan.

3. Kompor Tanam Induksi

Kompor Tanam
Image: Resep Koki

Juga menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya, kompor jenis induksi ini memanfaatkan medan elektromagnetik dalam mengalirkan panas ke peralatan memasak (panci dan wajan). Kelebihan penggunaan kompor ini adalah keamanan yang lebih tinggi karena panas benar-benar dialirkan pada perlengkapan masak saja.

Baca Juga: Tips Aman Memasak Tanpa Mengaktifkan Alarm Kebakaran di Apartemen

Rekomendasi Produk Kompor Tanam yang Bisa Kamu Pertimbangkan

Mungkin saat ini kamu sudah memiliki gambaran yang lebih baik tentang kompor tanam dan ingin mencari beberapa produk yang mungkin sesuai dengan kriteria dan budget. Ada banyak pilihan produk dengan desain dan varian yang mungkin bisa membuat kamu bimbang. Apalagi kalau dana yang ada ada di kisaran RP 1 jutaan. Berikut beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu cek.

1. Modena BH-0725 LISCIO

Kompor Tanam
Image: Bolapedia

Modena BH-0725 LISCIO menggunakan permukaan dari bahan tempered crystal tahan panas. Kompor ini memiliki tungku berlapis enamel untuk menampung sejumlah 3 ring burner. Kompor ini menggunakan gas dengan konsumsi 3,38 kW setiap jam.

2. Modena BH-3324 ESPERTO

Kompor Tanam
Image: Modena Appliances

Kompor berbentuk vertikal ini menggunakan bahan stainless steel anti karat. Juga masih di kisaran harga yang sama, kompor ini menjanjikan konsumsi gas 3,4 kW perjam.

3. Modena BH-2324 FORZA

Jenis Kompor Tanam
Image: Modena Appliances

Kompor vertikal lain dari Modena ini menggunakan bahan tempered glass dan setiap tungku memiliki 3 ring burner sama seperti tipe yang dibahas sebelumnya.

4. Rinnai RB-712N (S)

Kompor Tanam
Image: Rinnai Malaysia

Menggunakan bahan dasar stainless steel, kompor ini memiliki 2 tungku yang dibekali pan adaptor,  wok adaptor, fitur pemantik api khusus yang  memudahkan penggunaan. Kompor ini memiliki tingkat konsumsi gas 3,5 kW perjam.

5. Winn Gas W-777

Kompor Tanam
Image: Hartono

Kompor ini menggunakan bahan tempered glass tahan panas dan dibekali fitur auto gas stopper yang dapat memutus gas otomatis segera setelah selesai digunakan untuk keamanan dan efisiensi yang lebih baik. Kompor ini menggunakan sistem gas tekanan rendah berpemantik api otomatis.

Kesimpulan

Beberapa produk yang disebutkan di atas hanyalah beberapa yang menurut kami bisa kamu manfaatkan sebagai masukan dan pertimbangan. Bisa saja kamu menemukan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan konsep dapur yang kamu aplikasikan.

Jangan hanya terpaku pada merek dan harga saja, bandingkan juga fitur, durabilitas dan estetika yang dimiliki produk. Jangan lupa untuk memastikan bahwa produk kompor yang kamu pilih memiliki sertifikasi SNI serta dilengkapi layanan purnajual terpercaya.

Demikianlah beberapa hal mendasar yang perlu kamu ketahui tentang  kompor tanam. Dengan harga yang kini semakin terjangkau, tak ada salahnya kamu memiliki kompor yang menawarkan tampilan lebih modern, elegan, rapi dan fungsional ini di dapur. Bisa saja kamu mencadangkan kompor biasanya dan mempercantik tampilan dapur dengan produk terbaru ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.