Yuk Manfaatkan Barang Bekas, Kreasikan dengan 10 Barang Ini

Image: Junk King
0 26

Tiap hari, tanpa disadari sebenarnya kita sudah menyimpan dan terus mengumpulkan barang-barang bekas di rumah. Ya, kamu mungkin tidak sadar tak pernah lagi menggunakan barang-barang di rumah, namun tak lekas membuangnya. Nah, kini sudah saatnya kamu rapikan sekaligus memperindah dengan manfaatkan barang bekas di rumah itu. Barang seperti koran dan majalah bekas, botol, kaleng, pakaian dan sebagainya tak harus selalu berujung ke tempat sampah bukan?.

Manfaatkan Barang Bekas di Rumah

Jika kamu meluangkan sedikit waktu untuk melihat rumah dan lingkungan sekitarnya, ternyata ada beberapa barang bekas yang sebenarnya masih bisa dikonversi menjadi barang baru atau sesuatu yang memiliki kegunaan lain. Tentu saja, dibutuhkan kreatifitas untuk mengolah barang-barang sisa tersebut.  Selain itu, kamu juga bisa mendasarkan pada kebutuhan akan item tertentu yang bisa kamu rangkai dari benda-benda bekas tersebut.

Berikut ini beberapa barang yang mungkin bisa kamu olah menjadi benda lain yang lebih berguna dan lebih menarik, diantaranya:

1. Aneka Kertas Bekas

Manfaatkan Barang Berkas
Image: Portal Usaha

Apakah kamu atau mungkin orang tua berlangganan koran dan majalah? Kalau iya, maka besar kemungkinan rumah kamu menyimpan tumpukan kertas bekas di rumah. Biasanya, kertas-kertas bekas ini akan diloak atau berakhir di gudang. Kertas bekas seperti kertas koran bisa dimanfaatkan untuk:

  • Membersihkan kaca jendela dan cermin
  • Dijadikan alas di berbagai keperluan seperti saat mengecat rumah dan sebagainya
  • Sebagai pembungkus barang pecah belah dan sampah beling
  • Membantu mengeringkan sepatu yang basah
  • Mempertahankan bentuk tas selama dalam penyimpanan
  • Menghilangkan bau wadah makanan atau minuman baru
  • Membuat laci sayuran kulkas selalu kering dan terbebas dari bau-bau tajam

Sementara kertas bekas lainnya juga dapat dimanfaatkan sebagai penutup lampu agar cahayanya tidak terlalu terang dan kamu bisa tidur lebih mudah di malam hari. Kertas HVS bekas misalnya, bisa dikreasikan sedemikian rupa agar lebih sesuai dengan dekorasi ruang tidur kamu.

2. Kanebo

Memanfaatkan Barang bekas
Image: Harga Jual

Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan lap yang satu ini. Kanebo merupakan kain lap yang memiliki daya serap tinggi terhadap air. Biasanya lap ini digunakan saat mencuci kendaraan. Agar selalu dalam kondisi prima, lap ini harus selalu tersimpan dalam kondisi lembab. Inilah mengapa biasanya banyak orang yang memiliki kanebo lebih dari selembar.

Sayangnya memiliki terlalu banyak kanebo di rumah juga bisa jadi pemborosan. Kanebo yang lama tak digunakan akan menjadi kering dan rusak. Maka dari itu, gunakan kanebo tersebut untuk keperluan lain yang juga membutuhkan daya serap air. Misalnya untuk cuci piring atau membersihkan barang-barang rumah tangga lainnya.

3. Toples dan Botol Bekas

Manfaatkan Barang Bekas
Image: Thrifty Jinxy

Salah satu barang yang paling umum ditemukan di rumah adalah botol dan stoples bekas. Wadah-wadah bekas ini bisa kamu manfaatkan menjadi berbagai barang lain menyesuaikan dengan kebutuhan rumah, misalnya stoples bisa dimanfaatkan kembali sebagai:

  • Wadah bumbu-bumbu dapur
  • Tempat penyimpanan pernak-pernik aksesoris
  • Akuarium mini
  • Vas bunga

Ingat bahwa kamu perlu mengandalkan kreatifitas untuk melihat stoples bekas ini akan dirubah menjadi apa. Boleh saja kamu menambahkan sticker atau ornamen agar lebih cocok dengan interior rumah.

Selain itu, botol bekas sisa sirup, kecap ataupun saus biasanay juga banyak sekali ditemukan di penyimpanan rumah. Bila jumlahnya terlalu banyak, masih ada solusi lain selain diloak misalnya dengan dijadikan  hiasan lampu gantung. Masukkan leher botol pada dudukan yang dibuat pada papan kayu kemudian masukkan kabel dengan bola lampu ke dalam botol tersebut.

4. Roller Kue Bekas

Manfaatkan Barang Bekas
Image: pricearea.com

Mungkin kamu, kakak atau bahkan ibu kamu hobi membuat kue? Nah, untuk menipiskan kue, biasanya mereka menggunakan roller ataupun penggiling adonan. Barang berbahan kayu ini sudah mulai ditinggalkan karena sudah ada alat yang lebih modern. Maka dari itu, mungkin di dapur kamu terdapat beberapa roller yang sudah tak terpakai lagi. Kamu bisa manfaatkan barang bekas di rumah ini sebagai gantungan dengan gaya shabby chic, vintage, dan rustic yang saat ini populer.

5. Spidol Whiteboard Bekas

Manfaatkan Barang Bekas
Image: SuratKabar.id

Apakah kamu termasuk orang yang suka menyiapkan cadangan spidol whiteboard sebelum kehabisan? Jika iya, mungkin kamu memiliki beberapa batang spidol bekas yang kemungkinan masih ada sedikit isi di dalamnya. Spidol-spidol whiteboard bekas ini bisa dimanfaatkan sebagai pencahayaan darurat ketika mati lampu mendadak dan tidak ada lilin. Saat ujung spidol tersebut disulut dengan api, maka ia akan menyala seperti lilin.

6. Tangga Bekas

Manfaatkan Barang Bekas
Image: Pinterest

Setelah melakukan renovasi, terkadang kamu memiliki tangga bekas yang diambil dari salah satu bagian rumah kamu yang diperbaiki. Nah, tangga bekas ini tak perlu memenuhi gudang penyimpanan kamu sebab bisa dimanfaatkan sebagai penunjang interior maupun eksterior. Dengan sedikit sentuhan artisitik, tangga bekas bisa menjadi rak sepatu, tempat meletakkan pot tanaman hias dan lain sebagainya.

7. Pigura Foto Bekas

Manfaatkan Barang Bekas
Image: ideastand.com

Barang bekas yang mungkin saat ini juga menumpuk di dalam penyimpanan rumah adalah pigura bekas. Frame gambar yang dukunya membingkai foto maupun lukisan dalam beraneka ukuran ini biasanya berakhir di gudang saat ada peremajaan dan sebagainya. Kamu bisa membersihkan, merombak atau memperbaiki pigura tersebut dengan cat maupun pernis.

Barang yang bisa kamu hasilkan dari benda bekas yang satu ini misalnya sebagai wadah aksesori misalnya perhiasan, kalung, gelang dan anting. Pigura yang sudah dibersihkan bisa diikat menggunakan kawat kecil melintang di antara sisi bingkai pigura.

Baca Juga: 10 Barang yang Bawa Pengaruh Buruk di Rumah, Percaya atau Tidak?

8. Drum Bekas

Barang Bekas di Rumah
Image: Times Lombok

Kalau kamu punya drum yang sudah tidak terpakai, benda berukuran besar ini tentunya bisa jadi material daur ulang yang berguna. Misalnya, bisa dijadikan kursi atau sofa kecil yang unik. Selain itu, konsepnya bisa terlihat seperti vintage ataupun industrial. Cukup lubangi bagian samping drum dan isi dengan sofa kecil, kemudian cat drum tersebut dengan warna kesukaan.

9. Sendok dan Garpu Bekas

Barang Bekas di Rumah
Image: lemkertas.com

Peralatan makan yang sudah terlihat usang seperti sendok dan garpu juga bisa ajang manfaatkan barang bekas di rumah. Kamu bisa mengumpulkan sendok dan garpu bekas dan memilahnya untuk kemudian dirubah menjadi barang berguna atau barang menarik lainnya.

Kamu bisa membuat lampu gantung gaya industrial dari kumpulan sendok dan garpu bekas. dengan cara dipanaskan, sendok dan garpu dapat ditekuk lalu dipasangakan pada papan kayu warna-warni. Selain dijadikan lampu gantung, kamu juga bisa membuat tempat menggantungkan kunci di tembok dari tenik yang sama.

10. Teko Bekas

Barang Bekas di Rumah
Image: Brilio

Gaya industrial lainnya juga bisa kamu terapkan pada teko bekas yang bisa dijumpai di dapur. Barang yang tak terpakai lagi ini bisa dirubah sebagai pot tanaman, kap lampu gantung, tiang lampu meja atau bahkan air mancur kecil yang unik. Banyak kafe yang menerapkan desain ini pada interior mereka dan bisa kamu tiru pada teko bekas di rumah.

Demikianlah beberapa ide untuk memanfaatkan barang bekas di rumah yang bisa kamu jumpai dengan mudah di dapur atau di gudang rumah. Tak menutup kemungkinan jika kamu temukan benda lain yang bisa kamu rubah menjadi sesuatu yang baru, lebih berguna dan lebih menarik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.