Menunggu Buka Puasa, 9 Kegiatan Ini Cocok Buat Ngabuburit di Kantor

Image: SpaceStock Team
0 125

Selama bulan Ramadhan beberapa perusahaan tetap berjalan sebagaimana bulan lainnya. Bagi karyawan yang berpuasa, mau tidak mau mereka harus berbuka di kantor. Jenuh? Pasti. Di saat kondisi tubuh yang lemas karena tidak ada asupan energi yang masuk, kamu musti menyelesaikan setumpuk pekerjaan. Beruntung, kita bisa menerapkan beberapa tips ngabuburit di kantor ambil menunggu waktu tiba.

1. Membaca Buku Favorit

Ngabuburit di Kantor
Image: sohu.com

Biasanya menjelang waktu berbuka puasa, perusahaan memberikan waktu istirahat dimulai dari jam 4 sore. Baru kemudian kegiatan dilanjutkan setelah berbuka. Waktu istirahat ini cukup panjang bila kita habiskan hanya untuk berdiam diri setelah menjalankan ibadah sholat Asar. Tidur? Sepertinya tidak baik untuk ditunaikan di sore hari.

Lebih baik membaca buku favorit saja. Setelah sekian lama sibuk dengan urusan pekerjaan, di bulan yang penuh berkah ini mari luangkan waktu untuk membaca. Buku-buku favorit yang telah lama menumpuk dan tak sempat terbaca, kita habiskan satu persatu selama sebulan penuh.

Tak perlu terlalu lama, kita bisa habiskan 30 menit hingga satu jam untuk membaca buku kesayangan. Setidaknya rutin membaca buku mampu menambah pengetahuan dan membuat kita makin bekonsentrasi. Efeknya daya ingat kita juga bakalan semakin baik.

2. Tadarus Bersama Rekan Kerja

Kegiatan Ngabuburit di Kantor
Image: flickr.com

Selain membaca buku favorit, tips ngabuburit di kantor lainya yang sangat bermanfaat adalah membaca kitab suci al-Qur’an. Ramadhan adalah bulan penuh berkah, setiap amalan baik yang kita kerjakan pahalanya dilipat gandakan.

Membaca Al-Qur’an juga bagian dari cara mengisi rohani dengan hal yang positif. Semakin positif pikiran seseorang, semakin tenang dan damai pula kehidupanya. Walau menghadapi pekerjaan yang seolah tidak ada habisnya, tetapi kita memiliki kelapangan dan ketenangan.

Apalagi kalau kegiatan ngabuburit di kantor dengan membaca Al-Qur’an ini kita lakukan bersama rekan kerja. Kita bisa tadarus bersama atau mengaji bersama untuk menambah wawasan tentang Al-quran dan agama sekaligus mengisi rohani.

3. Olahraga Ringan

Ngabuburit di Kantor
Image: YouTube

Kalau memang pikiran sudah sangat jenuh, membaca terkadang memang bukan pilihan yang baik. Tak ada salahnya kita ganti dengan olahraga saja. Yang penting pilih olahraga ringan agar tidak kehausan atau kehabisan tenaga saat berpuasa.

Lakukan kegiatan ini tepat menjelang berbuka. Supaya begitu selesai olahraga, waktu berbuka telah tiba. Kamu bisa mencoba berbagai aktivitas fisik ringan untuk sekadar membuat sendi dan otot tubuh lebih rileks. Yang penting jangan berlebihan.

4. Creative Time

Kegiatan Ngabuburit
Image: nicepik.com

Kalau kamu masih punya sisa tenaga dan pikiran berlebih, mungkin bisa kamu tuangkan dengan membuat hal-hal yang kreatif. Kamu bisa membuat kerajinan tangan. Yang penting siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya.

Selain membuat kerajinan tangan, kamu bisa pula membuat sesuatu yang bermanfaat untuk ruang kerja kamu. Misalnya membuat deks organiser atau lainnya. Kalau tidak, kamu bisa pula membuat video YouTube. Intinya buat waktu ngabuburit di kantor untuk hal-hal yang kreatif.

5. Berburu Makanan

Kegiatan Ngabuburit di Kantor
Image: beritagar.id

Karena harus berbuka di kantor, mau tidak mau kamu harus menyiapkan makanan sendiri untuk berbuka. Tidak ada salahnya waktu ngabuburit kamu habiskan dengan berburu makanan. Misalnya kamu pergi ke tempat makan yang sebelumnya belum kamu kunjungi. Meski agak jauh tak masalah kan, sekalian kamu ngabuburit.

6. Window Shopping

Aktivitas Ngabuburit
Image: thepartneringgroup.com

Jika kabetulan lokasi kantor kerja kamu dekat dengan tempat-tempat berbelanja, tak ada salahnya kamu main kesana. Kamu bisa ngabuburit sambil window shopping. Cara ini sangat terbukti membuat waktu tidak membosankan. Bahkan waktu cenderung berputar lebih cepat. Apalagi kalau kamu adalah kaum hawa.

Satu hal yang musti diingat dan dicamkan, hanya sekadar window shopping di mall. Jadi berhati-hatilah agar tidak kalap mata dan akhirnya banyak belanja! Tujuanmu hanya untuk sekadar cuci mata saja sambil olahraga sore.

7. Membuat Menu Berbuka

Ngabuburit di Kantor
Image: grazingfood.com

Yang namanya mau berbuka, menyiapkan menu apa yang nanti bakal digunakan untuk berbuka itu wajib. Di sekitar kantor mungkin ada beberapa warung yang menyediakan menu berbuka. Atau kantor bahkan menyediakan makanan berbuka.

Tapi sambil menunggu waktu berbuka tiba, tak ada salahnya bila berkreasi sendiri. Membuat menu takjil di kantor atau bahkan menu utama. Soalnya belum tentu makanan yang ada di sekitar kantor cocok untuk kamu. Membuat menu sendiri tentu sangat menyenangkan, apalagi kalau nanti diberikan pula pada gebetan di tempat kerja. Hmm.

Baca Juga: 11 Menu Takjil di Kantor yang Praktis Nan Sehat

8. Berburu Foto di Tempat Instagramable

Ngabuburit di Kantor
Image: wallpaperswide.com

Tak suka dengan hobi membuat kerajinan tangan karena jiwa seni sangat buruk, mungkin hobi kamu yang bisa bisa dikeluakan. Misalnya hobi di bidang fotografi yang bisa juga dimanfaatkan buat mengisi waktu ngabuburit. Apalagi kalau di sekitar kantor kamu ada beberapa tempat yang Instagramable.

Tempat Instagramable itu tak harus tempat wisata lho, ya. Taman, gedung tua, jalanan atau tempat menarik lainnya di sekitar kantor juga bisa jadi spot yang tepat. Asalkan kamu punya kreativitas dalam mengambil gambar. Tak perlu pula menggunakan kamera mahal, pakai smartphone juga bisa. Ngabuburit dengan cara ini selain bisa menumbuhkan kepekaan juga terasa lebih menyenangkan dan ceria.

9. Main Game

Ngabuburit di Kantor
Image: tryphoto.com

Oke, kalau sudah tak ada yang ingin kamu kerjakan. Tidak ingin tadarus, malas keluar kantor dan hanya ingin duduk saja. Maka pilihannya bakal jatuh pada main game. Tak apa, setidaknya main game bisa membuat kamu rileks kembali sebelum menghadapi lemburan. Toh main game juga bisa membuat waktu menunggu berbuka terasa lebih cepat.

Kalau sudah tiba saatnya berbuka, maka segerakan ya. Salah satu amalan baik sebelum berbuka ya menyegerakanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.