Ini Dia 7 Kawasan Perumahan Elit di Jakarta, Harganya Selangit!

Image: NW Elite Homes
0 50

Jakarta memang terkenal sebagai tempat dimana setiap orang dari berbagai penjuru Tanah Air mengadu nasib. Bahkan, profesional dari mancanegara pun juga banyak yang tinggal di sini. Tak heran jika kini, banyak orang kaya yang hidup di Ibukota Indonesia ini. Dan sama halnya dengan seperti orang biasa, mereka pun juga ingin memiliki rumah idaman. Sama-sama ingin punya hunian yang aman dan nyaman, Bedanya para orang kaya ini mengincar hunian mewah ataupun perumahan elit Jakarta.

Seperti Apa Kriteria Perumahan Elit Itu?

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, seperti apa sebenarnya kriteria perumahan elit tersebut? Jangan-jangan, tempat yang kamu tinggali selama ini termasuk kategori elit? Tentunya rumah mewah ini bisa dilihat dari segi harganya. Sebuah rumah dikatakan mewah, seperti yang disebutkan dalam aturan baru terkait pajak hunian mewah dalam Peraturan Menteri Keuangan no. 92/PMK.03/2019 bisa disimpulkan bahwa harga rumah mewah mulai Rp 30 miliar per unit.

Menggunakan harga, berbagai faktor yang meliputi perumahan elit pastinya akan mengikuti antara lain kualitas bangunan, sarana prasarana dan fasilitas yang lengkap, kemudahan akses dan lokasi yang strategis menjadi hal yang wajib dimiliki oleh perumahan elit. Mereka yang menghuni perumahan ini biasanya datang dari kalangan selebritis, pejabat dan miliuner.

Beberapa Kawasan Perumahan Elit Jakarta

Perumahan Elit Jakarta
Image: NW Elite Homes

Untuk lebih memudahkan anda mendapatkan gambaran seperti apa sebenarnya perumahan elit Jakarta, berikut ini beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi untuk mengetahui seperti apa lingkungan hunian mewah di ibu kota.

1. Pondok Indah, Jakarta Selatan

Kawasan Perumahan Mewah
Image: Arsitag

Lokasi yang sudah sejak lama dikenal sebagai Beverly Hills Indonesia ini memang memiliki fasilitas umum yang lengkap dan memanjakan para penghuninya. Sebut saja fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, pusat hiburan, pusat pendidikan, area perkantoran hingga lapangan golf.

Daerah Pondok Indah dirancang dengan konsep tanah serta dilengkapi dengan fasilitas mewah sehingga tak mengherankan bila banyak perumahan elit yang dikembangkan di sini. Soal harga, rumah yang ada di kawasan Pondok Indah dibanderol dengan harga sekitar Rp 40,9 juta per meter persegi.

2. Menteng, Jakarta Pusat

Perumahan Elit Jakarta
Image: The Arch Work

Sejak zaman Belanda saja area ini sudah terkenal sebagai kawasan elit dan hanya dihuni oleh petinggi dan bangsawan Belanda dengan bangunan berarsitektur gaya Belanda mirip di Amsterdam. Kawasan ini juga menjadi tempat tingga sejmlah tokoh nasional mulai dari Soekarno, Mohammad Hatta, M. Natsir dan Nasution.

Sampai saat ini, pamor daerah ini tak tergerus dan masih memiiki daya tariknya. Terbukti dengan harga Rp 88,7 juta per meter persegi yang harus dikeluarka jika ingin punya rumah di sini. Namun masih ada beberapa titik yang memiliki harga yang masih cukup terjangkau di Menteng.

3. Kemang, Jakarta Selatan

Kawasan Perumahan Mahal di Jakarta
Image: Pinterest

Daerah satu ini lebih populer di kalangan orang ekspatriat yang ingin tinggal di Jakarta. Jangan heran jika kamu akan menjumpai banyak Warga Negara Asing di sini. Daya tarik dari daerah ini terletak pada lokasinya yang dikatakan strategis dari pusat kota maupun berbagai tempat kuliner. Selain itu, kawasan Kemang juga dilengkapi fasilitas mumpuni seperti instansi pendidikan, sarana hiburan, dan berbagai macam layanan publik. Rata-rata harga rumah yang ditawarkan dimulai dari angka Rp 30 juta per meter persegi.

Jakarta Selatan juga masih memiliki beberapa tempat menarik lainnya yang prospektif untuk dipilih sebagai hunian elit. Daerah Permata Hijau misalnya dengan harga tanah rata-rata di kisaran Rp 45,8 juta per meter persegi. Ada pula daerah Senopati yang juga memiliki harga yang tak kalah fantastis yaitu di kisaran Rp 80 juta per meter persegi

4. Kelapa Gading, Jakarta Utara

Perumahan Elit Jakarta
Image: Arsitag

Kelapa Gading mengalami perkembangan pesat pasca digarap PT Summarecon Agung Tbk dan kini untuk penataan dan pembangunannya dilanjutkan puluhan pengembang terkenal lain. Memiliki fasilitas yang begitu lengkap dan kases mudah ke berbagai lokasi penting di ibukota, daerah ini juga menjanjikan sebagai kawasan perumahan elit Jakarta.

Harga tanah di daerah ini bisa menyentuh angka Rp 13 juta sampai Rp 27 juta per meter perseginya. Harga bisa saja jauh melambung apabila berlokasi di daerah yang tidak terimbas banjir saat musim hujan. Cukup disayangkan daerah yang dicap sebagai salah satu kawasan elit ini masih bermasalah dengan banjir.

5. Puri Indah, Jakarta Barat

Kawasan Perumahan Elit
Image: Arsitag

Meskipun harga tanah dan rumah di kawasan ini tak semahal dibanding beberapa lokasi yang disebutkan di atas, Puri Indah masih menjanjikan sebagai salah satu daerah elit. Hal ini bisa dilihat dari lokasi strategis dari akses tol yang dimiliki oleh daerah ini. Dengan kelebihan yang dimilikinya tersebut, tak heran jika harga tanah rata-rata di daerah ini bisa sedikit meningkat di kisaran Rp 30,56 juta.

6. Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara

Perumahan Elit di PIK
Image: sedayuindocity.com

Jakarta Utara memang memiliki banyak kawasan elit selain halnya Kelapa Gading. Pantai Indah Kapuk (PIK) juga terkenal sebagai daerah elit lainnya. Hal ini dikarenakan area ini memiliki akses mudah ke jalan tol bandara Soekarno Hatta serta Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Tak hanya itu, Pantai Indah Kapuk juga memiliki lokasi yang srategis yaitu di antara Jakarta Barat dengan Tangerang. Dengan demikian, memudahkan warga yang tinggal di lokasi ini untuk menjangkau kedua kawasan bisnis tersebut. PIK ini juga sering dijadikan incaran bagi perusahaan nasional maupun multinasional yang ingin mengalamatkan kantor dan bisnisnya di ibukota.

7. Pulomas, Jakarta Timur

Perumahan di Pulomas
Image: Kompas.com

Jakarta Timur nyatanya juga tidak ketinggalan. Kawasan ini juga memiliki kawasan elitnya tersendiri. Di sini terdapat cluster elit seperti yang bisa dilihat pada Komplek Pulomas Residence yang tercatat hanya ditinggali oleh kalangan eksekutif dan lainnya. Rumah yang ada di perumahan elit Jakarta ini umumnya dihuni para petinggi TNI AL, pengusaha maupun kalangan selebritis.

Sementara soal harga tanah, Pulomas memiliki harga rata-rata di kisaran Rp 22 juta per meter perseginya. Selain halnya daerah Pulomas, Jakarta Timur juga masih memiliki Cawang yang juga bisa dibilang sebagai kawasan mewah. Hal ini terbukti dari harga tanah rata-rata di Cawang yang bisa mencapai Rp 38 juta per meter persegi.

Kesimpulan

Berikut beberapa kawasan yang di dalamnya banyak terdapat perumahan elit Jakarta. Ibu kota memang masih memiliki daya pikat yang sangat kuat bagi siapapun yang menginginkan kehidupan yang lebih baik. Tak terkecuali bagi para konglomerat yang juga ingin memiliki hunian idaman di tempat yang strategis dengan fasilitas penunjang hidup lengkap dan berkualitas.

Semakin tingginya harga tanah yang ada di berbagai kawasan di Jakarta, maka harga bangunan di kawasan tersebut semakin naik. Bahkan kini sudah mencapai angka puluhan miliar. Dengan tren yang terus menunjukkan geliat positif seperti ini, wajar apabila banyak investor yang juga meminati properti di ibu kota. Tak terkecuali untuk kamu yang juga sedang mencari-cari properti incaran untuk investasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.