Uniknya Beberapa Rumah Terbalik di Dunia, Indonesia Juga Punya!

Image: Wikipedia
0 177

Tentunya rumah yang aman dan nyaman adalah impian setiap orang. Sebelum membeli atau membangun rumah pastinya kita memilih konsep atau desain rumah yang kita inginkan. Pada umumnya, kita tertarik dengan desain rumah yang mewah, indah dan luas, namun realitanya terdapat rumah terbalik di dunia yang desainnya tentu sangat menarik dan tak biasa.

Konsep dan desain rumah yang super unik akan menjadikan bangunan tidak biasa-biasa saja. Di dunia ini terdapat banyak sekali rumah terbalik yang hits. Negara-negara yang memiliki rumah terbalik antara lain Amerika, Polandia, Rusia, Spanyol dan Indonesia.

Rumah Terbalik di Dunia Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Memiliki rumah yang mewah, indah dan nyaman adalah impian setiap orang. Namun, di dunia ini ternyata ada rumah yang memiliki desain terbalik sehingga saat melihatnya pun rasanya seperti kita ikutan terbalik. Rumah terbalik ini memiliki sisi keunikan dan keindahan tersendiri sehingga meningkatkan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi rumah terbalik ini.

1. Wonderworks, Amerika Serikat

Rumah Terbalik di Dunia
Image: Tips For Family Trips

Salah satu rumah terbalik di dunia yang berada di  Amerika Serikat adalah Wonderworks. Bangunan ini merupakan rumah yang didesain secara terbalik dan berlokasi di Orlando, Amerika Serikat. Bangunan Wonderworks saat ini dijadikan museum sebagai pusat ilmu pengetahuan sekaligus wisata atraksi. Tiket masuk lokasi ini sekitar Rp. 300.000. Akan tetapi, ada tambahan biaya saat kita menaiki wahana lain di dalam Wonderworks.

2. Szymbark, Polandia

Bangunan Terbalik di Dunia
Image: Pinterest

Szymbark adalah rumah terbalik di dunia yang berlokasi di Polandia. Selain menawarkan keindahan, rumah ini juga menyediakan atraksi-atraksi seperti Salino Manor House, House of Scout dan masih banyak lagi. Letaknya pun strategis dan mudah dijangkau apabila akn berkunjung kesini. Tiket masuk ke kisaran Rp. 116.000 untuk dewasa dan Rp.100.000 untuk anak-anak.

3. Die Welt Steht Kopf, Spanyol

Rumah Terbalik di Dunia
Image: weltstehtkopf.de

Rumah terbalik di dunia selanjutnya adalah Die Welt Steht Kopf yang berada di Spanyol. Rumah ini sengaja dibangun untuk destinasi wisata di Spanyol. Jika akan berkunjung ke lokasi ini jangan lupa membawa uang secukupnya. Memasuki lokasi rumah terbalik ini kita diminta untuk membeli tiket terlebih dahulu.Tiket masuk ke kisaran Rp. 116.000 untuk dewasa dan Rp.100.000 untuk anak-anak.

4. Upside Down House, Rumah Air Terjun Niagara, AS

Rumah Terbalik di Dunia
Image: Suara.com

Rumah terbalik Air Terjun Niagara ini tepatnya terletak di Ontario, Amerika Serikat. Pada awalnya rumah ini dibangun oleh imigran asal Polandia. Karena terinspirasi dari keindahan Air Terjun Niagara, imigran tersebut membangun rumah dengan desain yang unik yakni terbalik.

5. House Attack, Austria

Rumah Terbalik di Dunia
Image: Pinterest

House Attack adalah sebuah rumah terbalik yang terkenal di Austria. Rumah ini menawarkan sensasi terbalik dengan berbagai perabotan rumah yang terbalik pula. Tak jarang para wisatawan yang masuk ke dalam rumah untuk berfoto.

6. Rumah Makan Sakasa, Jepang

Rumah Terbalik di Dunia
Image: Kaldata.com

Rumah makan yang berada di Negara Jepang ini memang rumah makan yang paling unik. Dikatakan unik karena bangunannya terbalik dengan desain eksterior yang membuat kita menjadi bingung. Dengan cat berwarna pink dan putih membuat rumah makan ii terkesan cerah, cantik dan unik.

7. Das Tolle Haus Am Enderse, Jerman

Rumah Terbalik di Dunia
Image: msc-emstal.de

Rumah terbalik di dunia yang terakhir adalah Das Tolle Haus Am Enderse. Rumah ini terletak  di Hassen, Jerman. Sama seperti rumah-rumah terbalik lainnya, rumah ini juga dilengkapi dengan furniture terbalik.

Indonesia Juga Punya Wisata Rumah Terbalik

Untuk mengunjungi rumah terbalik ternyata kita tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di Indonesia sendiri nyatanya punya berbagai destinasi wisata yang terdapat rumah terbalik sebagai spot selfie maupun fasilitas pendukung. Berikut beberapa rumah terbalik yang berada di Indonesia:

1. De Tjangkul, Batu

 

Rumah Terbalik di Dunia
Image: ngalam.co

De Tjangkul batu adalah salah satu destinasi wisata di Kota Batu, Malang. Wisata ini berlokasi di Kusuma Agrowisata yang dikonsep dengan tema pertanian. Awal 2019 ini De Tjangkul memberikan warna baru dengan adanya spot selfie baru yakni rumah terbalik. Rumah terbalik ini pun sontak menjadi hits dan membuat pengunjung banyak yang datang.

2. Bukit Lintang Sewu, Bantul

Rumah Terbalik di Dunia
Image: Explore Wisata

Jogja selalu memberikan warna bagi para wisatawan. Tepatnya di Kabupaten Bantul, terdapat rumah terbalik yang termasuk dalam kawasan Bukit Lintang Sewu. Letaknya yang berada di puncak membuat pemandangan dapat dinikmati secara lebih luas. Tiket masuknya pun murah, hanya Rp 2.500 saja.

Baca Juga: 12 Bangunan Unik di Dunia yang Siap Dibuka Tahun 2019

3. Rumah Sujud Lombok

Rumah Terbalik di Dunia
Image: Travelling Yuk

Rumah Sujud yang terletak di Lombok Barat, NTB ini memiliki cerita tersendiri. Pasalnya, rumah terbalik ini merupakan hasil dari gempa yang mengguncang lombok beberapa waktu lalu. Dengan cat berwarna kuning diharapkan para korban gempa dampak semangat kembali dalam menjalani hari-hari.

4. Puncak Mas, Lampung

Rumah Terbalik di Dunia
Image: Pergi Dulu

Sesuai dengan namanya, Puncak Mas ini terletak di sebuah puncak yang berlokasi di Perbukitan Sukadanaham, Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung. Di kawasan ini menawarkan panorama alam yang indah karena letaknya di puncak. Selain itu, adanya spot selfie rumah terbalik juga menjadi salah satu alasan banyak pengunjung yang berdatangan.

5. Coban Talun, Batu

Rumah Terbalik di Dunia
Image: yukexplore.com

Coban Talun adalah tempat yang sudah hits di Kota Batu, Malang. Terkenal dengan hutan pinusnya, Coban Talun kemudian membuat berbagai spot selfie yang kekinian. Salah satunya adalah bangunan rumah dengan konsep terbalik. Konsep inilah yang berbeda dan terlihat unik sehingga banyak pengunjung yang tertarik. Harga tiket masuknya pun murah yakni Rp 5.000.

6. Dago Dream Park, Bandung

Rumah Terbalik di Dunia
Image: wisatabdg.com

Dago Dream Park yang berlokasi di Kota Bandung ini menyediakan spot selfie rumah terbalik yang berkonsep rumah tradisional. Tampilan rumah terbalik pun sangat sangat kental dengan budaya, apalagi ditambah dengan ornamen-ornamen tradisional. Barang-barang di dalam rumah ini pun juga terbalik sehingga terkesan unik.

7. Eco Green Park, Malang

Rumah Terbalik di Dunia
Image: tosciety.com

Eco Green Park merupakan salah satu wisata edukasi yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Di Kawasan Eco Green Park ini terdapat satu bangunan yang menyedot perhatian yakni rumah terbalik yang malang-melintang. Desain luar dari rumah ini pun cukup unik karena seperti terkena guncangan gempa. Hal ini terlihat pada dinding-dinding yang retak.

Desain Unik Rumah Terbalik Sangat Mengagumkan

Pada dasarnya, setiap desain bangunan memiliki peran penting sebagai acuan pembuatan bangunan. Desain rumah terbalik pun dilakukan oleh arsitek yang memang ahli dan profesional dalam membuat desain. Tak heran jika rumah-rumah tersebut terkesan unik, cantik, sampai-sampai membuat para wisatawan tertarik berkunjung.

Desain eksteriornya selalu terbalik dengan perpaduan warna-warna cerah agar terlihat mencolok. Sedangkan pada bagian interiornya tidak semuanya diusung dengan terbalik pula. Akan tetapi, perabotan atau furniture yang terdapat di dalam rumah terbalik didesain juga terbalik. Dengan demikian, semua desain dan seisi rumah dapat dipadukan.

Akhir Kata

Rumah terbalik di dunia memang memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri. Rumah dengan konsep yang unik dan jarang ditemui ini banyak menarik wisatawan dari manca negara karena keunikan rumah terbalik. Di Indonesia sendiri, rumah terbalik sudah banyak dibangun di berbagai tempat wisata sebagai tempat spot selfie.

Tentunya rumah adalah tempat yang kita gunakan untuk berteduh, berlindung dan menikmati hari bersama keluarga. Namun demikian, setelah membaca rumah terbalik di dunia yang terpapar di atas, mungkin kamu bisa mempertimbangkannya untuk konsep rumah kamu. Berani?

Leave A Reply

Your email address will not be published.