Tangerang, Wilayah Penyangga dengan Pasokan Apartemen Terbesar

Image: SpaceStock Team
0 92

Sebagaimana industri yang memerlukan daerah penyangga, maka pasokan apartemen pun demikian. Selain di Jakarta, Tangerang adalah wilayah dengan pasokan apartemen terbesar di luar DKI Jakarta. Hal ini berdasarkan laporan salah satu lembaga pada tahun 2018.

Menurut perusahaan finansial dan profesional dalam bidang real estate tersebut, di antara kota-kota penyangga lainnya, Tangerang berada di urutan pertama soal pasokan apartemen. Posisi ke-dua ada Bekasi, yang kemudian disusul Depok dan Bogor di posisi terakhir.

Dari data, disebutkan bahwa dari total 106.000 unit dalam 140 proyek, sebanyak 53 persen pasokan apartemen berada di Tangerang. Sementara di Bekasi persentasenya mencapai 21 persen.

Sedangkan di Depok persentase pasokan apartemen sejumlah 16 persen dan di Bogor sebanyak 11 persen.

“Diguyur” Deras Pasokan Apartemen Sejak 2015

Pasokan Apartemen di Tangerang
Image: Pexels

Banyaknya pasokan apartemen di Tangerang dibanding wilayah di sekitarnya sebenarnya tidak mengejutkan. Pasalnya, sejak beberapa tahun terakhir Tangerang selalu menempati urutan pertama jumlah pasokan apartemen masuk tiap tahunnya.

Tahun 2015, pasokan apartemen di Tangerang datang dari 31 proyek dengan total sebanyak 54.988 unit. Sedangkan pasokan apartemen di Bekasi hanya mencapai 31.160 unit dari total 25 proyek. Menyususl Depok yang mendapat pasokan hanya sebanyak 9.912 unit dari 20 proyek yang ada.

Pada tahun 2016 Tangerang juga tetap mendapat pasokan apartemen paling banyak. Ada sekitar 8.400 hingga 9.600 unit baru yang masuk pada tahun tersebut. Bahkan, jumlah tersebut akan mencapai 30,9 % dari total pasokan apartemen di Jabodetabek.

Urutan ke-dua masih ditempati Bekasi dengan 19,5 %, kemudian disusul oleh Jakarta Barat dengan 9,8 %. Urutan terakhir pada tahun 2016 ditempati oleh Jakarta Timur dengan persentase 4,5%.

2017, Tangerang kembali merajai jumlah pasokan apartemen. Meskipun pada tahun ini tingkat permintaan apartemen turun hingga 58,4 % dari tahun sebelumnya, pasokan apartemen di wilayah ini tetap tinggi.

Baca Juga: Apartemen di Bawah 500 Juta Masih Paling Diminati

Mengapa Tangerang?

Mengapa Tangerang menjadi favorit para pengembang untuk memasok unit apartemen dibanding wilayah lain?

Menurut pengamat ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dahnil Anzar Simanjuntak, dari sisi bisnis properti, Tangerang lebih cepat berkembang dan menguntungkan bagi investor.

Menurutnya, alasan pertama Tangerang begitu cepat berkembang adalah jumlah kelompok urban yang lebih besar dibandingkan wilayah lain.

Alasan lainnya adalah akses menuju Tangerang yang semakin mudah. Terutama untuk menuju wilayah Ibukota Jakarta yang menjadi pusat aktivitas masyarakatnya. Kemudian adalah adanya bandara di wilayah ini.

Pengamat properti, Ali Tranghada, setuju soal aksesibilitas. Menurutnya, Tangerang sebagai kota penyangga Jakarta di koridor barat memang menjadi bintang baru investasi properti karena faktor aksesibilitas.

“Kawasan barat Jakarta memiliki aksesibilitas yang jauh lebih baik dibandingkan kawasan penyangga lain. Hal ini dapat dilihat dari adanya jalan arteri dan jalan tol, maupun sarana transportasi yang melalui kawasan ini,” ungkap Ali.

Ali juga menambahkan bahwa dari sisi harga, hunian di wilayah ini masih dapat dijangkau kalangan menengah. Menurutnya, selain dapat menarik end-user, harga murah ini juga mampu menarik pembeli dengan tujuan investasi.

Apartemen yang paling dicari di luar Jakarta adalah unit dengan ukuran yang lebih kecil dan harga yang lebih terjangkau, yaitu kurang dari Rp 1 miliar. Selain itu akses yang mudah dalam menjangkau transportasi publik juga menjadi faktor menentukan keputusan pembelian apartemen.

Leave A Reply

Your email address will not be published.