Tips Feng Shui untuk Kantor Ini Bisa Diterapkan dalam Perusahaan

Kantor yang menerapkan Feng Shui dipercayai bisa membawa lebih banyak keberuntungan.

Image: Unsplash/LYCS Architecture
0 114

Feng Shui tidak hanya bisa diterapkan untuk rumah saja, namun bisa juga diterapkan di kantor kamu. Percaya tidak percaya, banyak sekali perusahaan yang menerapkan Feng Shui untuk kantor mereka agar nantinya dipercaya mampu membawa energi positif dan keberuntungan sehingga membawa semangat kerja dan membantu jenjang karis yang semakin tinggi dalam perusahaan.

Meskipun Feng Shui sendiri masih diragukan oleh banyak orang, namun masih banyak yang menerapkan Feng Shui baik desain rumah maupun desain kantor yang nantinya dipercaya mampu memberikan peruntungan, kesehatan, dan kehidupan yang lebih baik.

Beberapa tips untuk menerapkan Feng Shui di perusahaan bisa dilihat di bawah ini.

Feng Shui Kantor
Image: wikimedia.org

2. Atur posisi meja kerja

Feng Shui Kantor
Image: news.startup

Atur posisi meja kerja kamu sesuai dengan aturan Feng Shui. Posisi meja kerja yang tidak sesuai dengan aturan Feng Shui membuat pekerjaan dapat terbengkalai. Menurut Feng Shui, meja harus diposisikan tidak membelakangi pintu masuk, meja kantor harus diatur menghadap ke arah pintu masuk.

Selain memudahkan untuk mengetahui siapa yang masuk dan keluar dari meja kerjanya, energi positif dan sirkulasi udara dapat dirasakan dengan baik sehingga mampu meningkatkan semangat kerja yang lebih baik lagi. Jika meja kantor kamu harus membelakangi pintu, gunakan cermin atau benda mengkilap lainnya agar kamu bisa melihat siapa saja yang masuk dan keluar dan apa saja yang terjadi di belakang kamu.

3. Gunakan warna interior pada ruang kantor

Feng Shui Kantor
Image: atilaminates.com

Warna interior cukup penting memegang peranan Feng Shui untuk kantor. Warna interior yang akan digunakan nantinya diperhitungkan menurut Ba Zi yang bersangkutan. Contohnya, jika kamu memiliki elemen Ba Zi yang hangat (Kayu dan Api), maka kamu bisa menggunakan warna interior berwarna kehijauan dan kemerahan. Warna hijau mewakili kesegaran dan keseimbangan yang mampu memberi kesan tenang dan menyejukkan. Sedangkan warna merah mampu memberikan semangat ketika bekerja.

Meski begitu, jangan berlebihan ketika menggunakan warna tersebut, seperti contohnya warna merah. Memang warna merah bisa digunakan untuk menambah semangat, tetapi jika digunakan berlebihan kamu akan merasa jauh lebih stres.

4. Atur posisi jendela kantor

Feng Shui Kantor
Image: Pinterest

Hendaknya setiap kantor memiliki jendela agar nantinya cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan kantor. Usahakan atur jendela sebaik mungkin agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruang kerja. Salah satu elemen Feng Shui untuk kantor ini bertujuan agar nantinya dapat meningkatkan konsentrasi ketika kamu bekerja dan mendukung aliran energi positif agar kamu tetap semangat. Bahkan lebih baik lagi jika meja kerja kamu diatur menghadap jendela agar mampu menciptakan rasa kesejahteraan selama bekerja.

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Lobi Kantor yang Ampuh Buat Tamu Berkesan

5. Hias meja kerja agar terlihat lebih menarik

Feng Shui Kantor
Image: bigbrain.info

Untuk menambah semangat kamu ketika bekerja, kalian bisa tambahkan beberapa barang yang membuat meja kamu terlihat lebih menarik. Kamu bisa tambahkan tanaman-tanaman kecil berwarna hijau segar yang siap memberikan energi positif dan membuat pandanganmu tidak berat. Meskipun begitu, hati-hati jika menaruh beberapa tanaman seperti tanaman yang merambat karena dipercaya dapat mengundang hal negatif.

Selain itu kamu bisa gunakan benda-benda yang bisa menambah semangat dan motivasi. Misalnya seperti foto-foto orang tersayang, batu kristal, dan barang-barang lain yang bisa mempercantik meja kerja kamu dan pastinya akan mendatangkan energi positif. Di dinding dekat meja kerja kamu bisa menggunakan hiasan seperti lukisan gunung, warna emas, dan lain-lain, yang dipercaya mampu memberikan kematangan usaha dan kemakmuran.

6. Kebersihan Ruang Kerja

Tips Feng Shui Kantor
Image: environmentalcleaning.net

Kebersihan ruang kerja juga menjadi aspek yang perlu diperhatikan dalam menata kantor menurut Feng Shui. Jika meja kerja dan sekitarnya terlihat berantakan dan kotor, maka akan mendatangkan energi negatif yang tentunya membuat kamu menjadi malas bekerja.

Kalau meja kerja kamu terlihat bersih dan rapi, maka kamu akan lebih nyaman dalam bekerja dan mampu menyeleasikan pekerjaan lebih cepat. numpuk, jangan biarkan berkas-berkas berserakan. Paling tidak kamu bisa menaruh berkas-berkas yang menumpuk ke bagian samping meja dan diletakkan secara bersusun.

7. Hindari meletakkan komputer baik bersebelahan maupun berhadapan

Feng Shui Kantor
Image: ambiencedore.com

Komputer sudah menjadi peralatan yang wajib digunakan oleh kantor. Menurut Feng Shui, komputer lebih baik tidak diposisikan bersebelahan maupun berhadapan. Hal ini dipercaya dapat menimbulkan suasana kerja yang tidak nyaman dan memicu persaingan. Kamu bisa mengatasi ini dengan memberi sekat masing-masing bagi para pekerja. Kalaupun kamu bekerja di kantor yang menerapkan open space atau desain terbuka, paling tidak berikan pemisah semisal buku, keranjang arsip, susunan dokumen atau lainnya.

8. Meja kerja harus berbentuk persegi panjang

Feng Shui Kantor
Image: indonesia.alibaba.com

Menurut Feng Shui untuk kantor, meja kerja haruslah berbentuk persegi panjang. Begitupun jika desain kantor kamu menerapkan desain kantor terbuka. Ini diyakini dapat meningkatkan produktivitas kerja dan membuat suasaa kerja terasa lebih erat bersama rekan kerja lainnya. Meja berbentuk bulat tidak disarankan untuk digunakan, karena meja bulat lebih cocok untuk menerima tamu yang datang.

9. Jangan bekerja di dekat atau sejajar dengan pintu masuk maupun pintu toilet

Feng Shui Kantor
Image: samekomdoor.com

Hindari meletakkan meja kerja di dekat toilet maupun di dekat pintu masuk meskipun pintu masuk merupakan gerbang energi positif. Selain karena alasan privasi dan udara toilet yang kurang nyaman, bekerja sejajar dekat pintu masuk maupun di dekat toilet dipercaya lebih sering terpapar energi negatif sehingga membuat pekerjaan menjadi berantakan serta segala kerja keras dan rencana karir seseorang menjadi buruk.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan untuk menciptakan feng shui kantor. Meskipun banyak yang perlu diperhatikan, namun tak bisa dipungkiri, hal tersebut dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Sudahkah kantormu menghadirkan tips di atas?

Leave A Reply

Your email address will not be published.