Wajib Tahu, Begini Tahap Sewa Kantor di Jakarta!

Image: telsec.net
0 236

Perasaan gembira tiba ketika sudah memasuki babak baru, yaitu mencari tempat baru untuk kantor. Setiap perusahan tentu menunggu momen ini karena dengan adanya tempat baru akan menambahkan rasa semangat dan tekad yang lebih besar lagi. Namun saat ini mencari tempat baru tak bisa sembarangan dan harus teliti memilihnya. Apalagi jika perusahan Anda berlokasi di Jakarta. Hal yang biasa dilakukan perusahaan saat ini adalah dengan menyewa ruangan dalam kurun waktu yang ditentukan. Tentu faktornya disebabkan karena tahap sewa kantor lebih mudah dibandingkan membeli.

Saat ini Jakarta adalah kota yang menjadi pusat area perusahaan di Indonesia. Maka tak heran jika kantor utama dari setiap perusahan berdiri megah di kota ini. Untuk memiliki kantor induk di Jakarta, perusahan lebih memiliih dengan cara alternatif yaitu menyewa. Sebabnya harga yang lebih miring dibandingkan dengan membeli langsung. Pada umumnya, tahap sewa kantor di Jakarta tak membutuhkan waktu yang lama, cukup hanya mencari faktor utama berupa fasilitas dan harga yang sesuai dengan kondisi finansial perusahaan.

Nah bagi Anda yang berencana untuk pindah kantor, alangkah baiknya untuk memahami fakta berikut ini sebagai referensi Anda agar tidak terdapat banyak kendala saat di lapangan nanti. Nah, fakta ini menyajikan tahap sewa kantor di Jakarta secara detail dan mendalam. Simak baik-baik ya !.

List kebutuhan kantor

Tahap Sewa Kantor
Image: theodysseyonline.com

Langkah pertama dari tahap sewa kantor di Jakarta ialah memahami kebutuhan kantor itu sendiri. Ini merupakan tahap awal sebelum Anda melakukan pencarian tempat untuk disewa nantinya. Memahami kebutuhan kantor tersebut lakukan dengan cara membuat sebuah list secara detail dan rinci, agar pada saat pencarian tempat Anda sudah mempunyai patokan yang baku.

Selain itu dengan menerapkan cara tersebut, Anda tidak akan kebingungan dalam memilih sebuah tempat untuk disewa. Bahkan dengan cara ini Anda sangat menghemat waktu dalam proses pencarian tempat yang cocok untuk kantor. Dan yang utama dari proses ini adalah melihat hal yang paling prioritas dari kantor Anda, misalnya lokasi strategis, fasilitas lengkap, gedung mewah atau bisa jadi di area pusat bisnis kawasan Jakarta.

Survei Area

Tahap Sewa Kantor
Image: sott.net

Selanjutnya jangan sampai melewatkan tahap sewa kantor di Jakarta yang satu ini. Hal ini merupakan poin penting untuk keberlangsungan kantor Anda nantinya. Anda harus melakukan survey tempat terlebih dahulu atau eksplorasi ke beberapa titik yang menjadi sasaran untuk kantor baru. Misalnya area bisnis Sudirman yang sangat pontensial karena letak yang strategis dengan ciri akses yang dekat ke area publik dan pusat kota seperti bandara, stasiun, pusat perbelanjaan atau restoran. Sesuaikan lokasi dan keadaan ruang kantor dengan kebutuhan bisnis Anda.

Agendakan kunjungan ke beberapa gedung perkantoran

Tahap Sewa Kantor
Image: Shutterstock – SpaceStock

Setelah Anda memahami berbagai macam kebutuhan kantor, tahap sewa kantor di Jakarta yang harus dijalankan ialah melakukan kunjungan ke area gedung perkantoran. Hal ini bertujuan untuk memastikan fasilitas kantor yang berkualitas di dalam gedung tersebut. Sebab kunjungan langsung ke gedung tidak lain ialah untuk menilai bangunan fisik agar tidak kecewa saat disewa.

Misalnya saja di area bisnis kawasan terpusat di Jakarta, yaitu CBD Sudirman yang rata-rata dihiasi oleh gedung grade Premium, maka banyak sekali jenis gedung perkantoran yang bisa dipilih di sana. Tetapi untuk memastikan gedung tersebut cocok dengan kebutuhan kantor, harus ada proses kunjungan langsung agar lebih menjamin fasilitas yang berguna untuk kerja karyawan. Hal ini adalah kunci penting dari tahap sewa kantor di Jakarta.

Tak hanya seputar fasilitas dan fisik gedung, tahap sewa kantor di Jakarta yang satu ini juga berguna untuk mengetahui kualitas pelayanan dari building management. Misalnya mengenai kebersihan tempat mulai dari sirkulasi udara, sistem air bersih, toilet ataupun ruangan lain yang sering digunakan agar tidak mengecewakan saat sudah ditempati.

Negosiasi dengan baik

Tahap Sewa Kantor
Image: thegreatcoursesdaily.com

Langkah selanjutnya masuk ke proses bernegosiasi dengan pemilik gedung. Proses ini tak begitu sulit dilakukan karena Anda hanya melakukan percakapan diskusi dengan building management untuk mengambil keputusan yang kooperatif.

Prinsip dasar dari tahap ini ialah harus mengutarakan langsung apa saja yang ingin perusahaan Anda dapat ketika mengambil salah satu unit tersebut. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui istilah – istilah dalam penyewaan gedung agar memudahkan Anda pada saat negosiasi berlangsung. Setelah itu dapat membayar transaksi terkait penyewaan gedung untuk kantor.

(Baca Juga: Deretan Abjad Istilah Properti Ini Wajib Anda Ketahui)

Lakukan renovasi

Tahap Sewa Kantor
Image: Medium

Pasca menyelesaikan negosiasi yang telah banyak disepakati dalam kontrak sewa gedung, langkah penting berikutnya ialah melakukan renovasi. Tahap ini biasa masuk dalam salah satu kategori perjanjian sewa gedung. Alhasil segala proses renovasi dipertanggungjawabkan oleh kontraktor gedung tersebut.

Namun dalam proses renovasi Anda harus melakukan berbagai dokumentasi terkait barang yang berada dalam gedung, misalnya jumlah kursi, meja, lampu, AC dan lain – lain. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kekurangan fasilitas agar pada saat renovasi Anda dapat mengusulkan kepada kontraktor untuk menambahkan fasilitas dalam kantor Anda.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dari tahap sewa kantor ini ialah deadline pengerjaan renovasi. Sebabnya pekerjaan yang berlarut-larut akan membuat proses pindahan kantor Anda terhambat. serta menimbulkan kerugian karena waktu pemakaian gedung sudah terbuang percuma.

Pindahan

Tahap Sewa Kantor
Image: businessfirstfamily.com

Ini merupakan langkah terakhir dari tahap sewa kantor di Jakarta. Bisa dibilang, proses ini pula yang paling dinanti oleh semua karyawan di kantor Anda. Pindahan kantor adalah kegiatan yang menyenangkan tapi juga melelahkan karena menyambut ruangan baru dengan sejuta ekspektasi dan harapan baru.

Agar perkerjaan pindah kantor tidak berat dan melelahan, Anda harus menerapkan tim kerja yang terorganisir dari awal pindahan hingga ke tahap akhir. Terbentuknya tim kerja ini tidak terlepas dari kebutuhan kantor itu sendiri seperti apa yang sudah dijelaskan dari berbagai langkah di atas.

Komposisi dari tim kerja tersebut akan dipilih salah satu orang yang menjadi penanggung jawab. Misalnya divisi Humas sebagai penanggung jawab yang akan berkomunikasi ke building management ketika semua barang kantor telah siap untuk dipindahkan atau perusahan Anda telah siap menempati gedung baru tersebut. Meskipun terlihat tak begitu penting namun ini merupakan bagian paling krusial dari tahap sewa kantor di Jakarta agar lancar.

Nah, itulah beberapa hal langkah dari tahap sewa kantor di Jakarta yang perlu Anda lakukan mulai dari tahap persiapan hingga menuju perpindahan kantor untuk menempati gedung baru. Selamat menikmati suasana baru di kantor Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.