SpaceStock Logo
apartemen
Hubungi kami
SpaceStock Logo
Cari
Lokasi pencarian

Jakarta Timur

Tentang Jakarta Timur

Jakarta Timur adalah kota administrasi di timur Daerah Khusus Ibukota. Jakarta Timur menjadi daerah yang tidak bisa dianggap remeh dengan banyaknya infrastruktur yang terus dibangun seperti Tol Becakayu dan juga proyek LRT. Pengembang - pengembang properti besar pun tidak mau kalah untuk membangun proyek proyek besar di Jakarta Timur, membuat daerah ini semakin naik pangsa pasarnya. Jakarta Timur memiliki luas wilayah 188 kilometer persegi. Lokasi dari pusat pemerintahannya berada di Menteng.

Belum ada unit tersedia di area ini
  1. Tentang Jakarta Timur

    Jakarta Timur menjadi salah satu kota administrasi di DKI Jakarta yang terletak di bagian timur ibu kota dengan pusat pemerintahan di daerah Cakung. Secara geografis, Jakarta Timur memiliki luas 188,03 km persegi sekaligus menjadikannya sebagai kota administratif terluas di DKI Jakarta. Secara administratif, wilayah Jakarta Timur terbagi ke dalam 10 kecamatan dan 65 kelurahan. Area ini mempunyai tingkat pertumbuhan penduduk 2,4% per tahunnya.
    Bicara soal fasilitas, Jakarta Timur juga terus berbenah dan mengembangkan wilayahnya agar sanggup bersaing dengan beberapa wilayah tetangga misalnya Jakarta Pusat ataupun Jakarta Selatan. Pembangunan pun dilakukan agar dapat mencukupi berbagai macam kebutuhan gaya hidup serta hiburan warga. Selain itu, pembangunan berbagai macam fasilitas juga diusahakan agar dapat memenuhi permintaan dari berbagai segmen. Tak hanya kalangan kelas atas saja yang dapat menikmati fasilitas penunjang, namun juga mereka yang datang dari kelas menengah bawah dan menengah atas.

  2. Mengapa Jakarta Timur?

    Jakarta Timur bisa dikatakan sebagai kota yang nyaman untuk dihuni sebab menawarkan lingkungan yang masih asri dan belum banyak disentuh oleh pengembang. Kawasan ini juga berbatasan secara langsung dengan kota besar lain diantaranya Bogor, Bekasi, dan Depok memungkinkan akses mudah sekitar sekitar sejam untuk sampai di wilayah ini.
    Daerah yang memiliki perkembangan paling pesat di kawasan Jakarta Timur adalah Cibubur yang memiliki banyak lokasi perumahan dan apartemen kelas menengah ke atas. Namun demikian, masih banyak hunian dengan harga yang terjangkau yang bisa dilirik. Apabila dilihat sebagai investasi, tiap tahunnya harga hunian di daerah Cibubur dan sekitarnya bisa menyentuh angka Rp100 juta - Rp300 juta dan terus naik sebagai imbas dari hadirnya proyek Light Rail Transit (LRT).
    Kehadiran moda transportasi massal ini juga dapat menjadi andalan masalah transportasi yang masih kurang berkembang di koridor timur. Banyak pegiat properti yang meramalkan bahwa adanya LRT akan menggenjot investasi bidang properti untuk kawasan Jakarta Timur dan sekitarnya secara signifikan. Untuk saat ini saja, efek dari keberadaan proyek ini bisa dilihat dari perkembangan kawasan Sentra Timur Residence.
    Tak hanya itu, properti seperti perumahan, kantor, dan apartemen di Jakarta Timur juga menjanjikan jika dilihat dari perkembangan CBD Jakarta dan menuju ke daerah Cawang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas kawasan di Jakarta Timur menjanjikan potensi tersendiri. Ditambah dengan harga tanah yang semakin menjanjikan dikarenakan adanya perubahan tata ruang di Pulo Gadung pasca diberlakukannya aturan Jakarta yang harus bebas dari kawasan industri. Dengan demikian, akan ada relokasi industri Pulogadung yang keluar Jakarta.
    Perkembangan Jakarta Timur juga menarik perhatian retailer internasional sekelas IKEA, Lulu Hypermarket, Aeon Mall dan Hongkong Land. Berbagai fasilitas yang ada tentu saja membuat Jakarta Timur menjadi tempat potensial sebagai hunian.

  3. Pusat Kota Jakarta Timur

    Jakarta Timur memang dikenal sebagai kota pinggiran dan bahkan dianggap kurang cocok jika dijadikan lokasi pariwisata. Namun kenyataannya, Jakarta Timur juga memiliki berbagai tempat menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata maupun belanja. Ada banyak lokasi pusat perbelanjaan dan hiburan yang bisa Anda temui di sini. Sebut saja seperti TMII, Masjid At-Tin, Bumi Perkemahan Cibubur, Museum Lubang Buaya ataupun ke Kanal Banjir Timur.
    Sementara itu, Anda juga bisa menghabiskan waktu di sejumlah pusat perbelanjaan dan hiburan seperti halnya di Mall @Bassura City, Cipinang Indah Mall, AEON Mall Jakarta Garden City, Tamini Square dan Lippo Plaza Kramat Jati.
    Untuk dapat mengakses berbagai tempat menarik di Jakarta Timur, Anda bisa memanfaatkan Tol Becak Kayu, jalur Light Rail Transit (LRT) sebagai moda transportasi massal yang menghubungkannya dengan Bekasi ataupun Bogor. Ada pula transjakarta, kereta api dan bus yang bisa Anda manfaatkan untuk menunjang mobilitas.

  4. Apa Saja Fasilitas di Jakarta Timur?

    Fasilitas penunjang kebutuhan hidup di Jakarta Timur terbilang lengkap dan menjangkau semua segmen, mulai kelas menengah ke bawah hingga menengah atas. Hal ini menyesuaikan dengan gaya hidup dan kehidupan di sekitar kawasan yang memang belum sepenuhnya menjadi kawasan permukiman elite.
    Di Jakarta Timur, Anda bisa menemukan berbagai pusat perbelanjaan yang menawarkan solusi pemenuhan kebutuhan secara terintegrasi. Begitu pula dengan keberadaan pasar tradisional yang juga bisa Anda temukan di sekitar. Anda tidak akan kesulitan untuk mencukupi berbagai kebutuhan tanpa khawatir dengan gaya hidup. Pun demikian soal makanan, ada banyak tempat makan dan kafe dengan harga terjangkau yang bisa Anda cicipi. Meskipun melabel menunya dengan harga miring, soal citarasa juga bisa dipertanggungjawabkan. Apabila Anda menginginkan sesuatu yang lebih premium, masih ada restoran berkelas yang juga bisa Anda kunjungi.
    Soal makanan, Anda tidak perlu khawatir bahwa Jakarta Timur tidak cocok dengan selera dan nafsu makan sebab ada banyak tempat makan menarik dengan pilihan menu mulai menu tradisional ala Timur Tengah sampai menu Barat. Soal harga, Anda juga tidak perlu khawatir makanan-makanan lezat ini bakal menguras dompet sebab harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.
    Beberapa menu dan tempat menarik untuk makan di Jakarta Timur ini antara lain Miting Lobster di Rumah Genjing, Warung Mak Dower dengan menu khas ala Betawi, restoran Timur Tengah Ajwad Resto, kafe Instagramable PAUSE dengan beragam menu, Republik Jengkol yang menawarkan aneka menu jengkol dengan harga terjangkau.
    Meskipun tak sebesar Jakarta Pusat ataupun Jakarta Barat, nyatanya Jakarta Timur masih tetap menawarkan sejumlah pusat perbelanjaan yang tak kalah lengkap. Beberapa diantaranya adalah;

    • Mall @Bassura City Mall dengan konsep Lifestyle Family Shopping ini memiliki 4,5 lantai yang diisi oleh berbagai tenant internasional dan dikelilingi oleh perumahan, perkantoran, sekolah hingga kampus.
    • Cipinang Indah Mall Mall ini diresmikan Oktober 2013 silam dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar dengan luas lahan mencapai 5 hektar dan luas bangunan 50.000 m2 dan 5 lantai yang dimilikinya.
    • AEON Mall Jakarta Garden City Diresmikan pada tahun 2017, mall 3 lantai ini menawarkan konsep Smile of Life yang terkenal oleh bianglala sebagai landmark di bagian atas gedung. Mall ini juga termasuk sebagai mall terbesar di kawasan Jakarta Timur dengan lahan parkir yang sanggup memuat hingga 3000 mobil dengan 1300 tempat duduk untuk food court di lantai 3.
    • Tamini Square Tamini Square menjadi salah satu mall favorit remaja maupun keluarga. Mall yang dibangun di lahan seluas 1 hektar ini menawarkan berbagai sarana kebutuhan keluarga serta tempat bermain anak-anak di bangunan 5 lantainya.
    • Lippo Plaza Kramat Jati Pusat perbelanjaan yang awalnya bernama Kramat Jati Indah Plaza ini memiliki 5 lantai dengan luas lahan sekitar 3 hektar. Tempat ini juga cukup menarik untuk dikunjungi sebagai pusat belanja dan hiburan. Dengan kehadiran sejumlah pusat perbelanjaan dan hiburan di atas, tentunya Anda tidak akan kesulitan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari.
  5. Apa Saja Tempat Wisata di Jakarta Timur?

    Jakarta Timur, meskipun dianggap sebagai daerah pinggiran, nyatanya juga memiliki banyak tempat wisata menarik antara lain

    • Taman Mini Indonesia Indah

      Pastinya Anda pernah mendengar tentang TMII (Taman Mini Indonesia Indah ) yang merupakan taman dengan luas sekitar 150 hektar dan menyajikan miniatur kekayaan seni budaya Tanah Air mulai dari Sabang sampai Merauke.
    • Masjid At-Tin

      Masjid yang merupakan peninggalan dari alm. Ibu Tien Soeharto ini didirikan tahun 1999. Selain menjadi tempat ibadah muslim usai mengunjungi TMII, masjid ini juga sering dijadikan lokasi ijab-qobul antara 2 keluarga.
    • Buperta Pramuka Cibubur

      Cibubur merupakan daerah perbatasan dimana sebagian dari wilayahnya termasuk provinsi Jawa Barat, misalnya Depok, Bekasi sampai Bogor. Di sini Anda bisa singgah di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata untuk menikmati keasrian alam yang menenangkan. Di sekitar lokasi ini, Anda juga bisa mengunjungi Taman Bunga Wiladatika yang kerap dijadikan spot syuting sinetron.
    • Kampung Artis

      Studio syuting ini memiliki berbagai macam bangunan seperti rumah sakit, kantor dan sebagainya yang digunakan untuk keperluan syuting. Daerah ini menawarkan wisata edutainment bagi Anda yang berminat.
    • Museum Lubang Buaya

      Nama Lubang Buaya berasal dari legenda yang menyebut adanya buaya-buaya putih di sungai di kawasan Pondok Gede. Ada sebuah rumah yang menjadi saksi bisu penyiksaan dan pembunuhan atas 7 pahlawan revolusi. Rumah ini kemudian dijadikan sebagai Museum Lubang Buaya.
    • Kanal Banjir Timur

      Ada banyak tempat menarik di Jakarta Timur yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata menarik dengan daya tarik yang unik. Menariknya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk sekedar menikmati sisi lain dari kota metropolitan.
  6. Bagaimana Transportasi di Jakarta Timur?

    Jakarta Timur memiliki sarana transportasi yang cukup lengkap untuk menunjang berbagai aktivitas warga dan kebutuhan bisnis. Dukungan akses serta transportasi publik yang dimiliki antara lain stasiun commuter line, MRT, halte TransJakarta hingga Bandara Halim Perdana Kusuma.
    Bandara Halim Perdana Kusuma, misalnya, menawarkan penerbangan harian dari wilayah Bandung. Berbagai layanan maskapai low cost juga bisa Anda temukan dengan jenis penerbangan domestik terjadwal misalnya Citilink. Ada pula maskapai full-service misalnya Batik Air yang juga beroperasi. Bandara ini juga digunakan untuk keperluan militer, jet pribadi hingga pelatihan pilot. Hampir semua kota besar di Indonesia bisa dijangkau dengan penerbangan dari bandara ini.
    Anda juga bisa menyewa helikopter di bandara Soekarno Hatta di Tangerang menuju bandara Halim Perdanakusuma. Selain itu, jika Anda menggunakan pesawat dan bertolak dari Kepulauan Seribu, Pulau Christmas, Banten ataupun Lampung, Anda pun bisa langsung mendarat di bandara Halim Perdanakusuma.

  7. Kawasan Perkantoran

    Berbicara tentang kawasan perkantoran di Jakarta Timur, wilayah ini memiliki kawasan populer dengan pertumbuhan pabrik, ruko, dan gedung kantor yang semakin meningkat. Salah satunya adalah kawasan bisnis JIEP (Jakarta Industrial Estate Pulogadung) menjadi wilayah di Jakarta Timur sebagai kawasan favorit perusahaan mencari unit industri. Hal ini dikarenakan Pulo Gadung memiliki akses yang memadai untuk transportasi dan distribusi ke wilayah Jakarta.
    Selain itu kawasan bisnis di Jakarta Timur lainnya adalah Cakung. Anda akan menemukan Bizpark Cakung dengan beragam tipe Gudang usaha yang dibutuhkan oleh bisnis saat ini. Lokasi ini juga dekat dengan Terminal Terpadu Sentra Timur Pulogebang sehingga memudahkan mobilitas para pekerja di sekitarnya.
    Cawang – MT Haryono juga menambah daftar kawasan perkantoran di Jakarta Timur diluar CBD. Kebutuhan akan gedung perkantoran terus meningkat di Jakarta Timur, mengingat alasan harga sewa kantor di Jakarta CBD yang juga terus mahal. Kabar baiknya pemerintah juga terus mengoptimalkan infrastruktur dan sarana aksesibilitas yang memudahkan mobilitas pengusaha dan para pekerja.
  8. Hunian di Jakarta Timur

    Berkembangnya kompleks perumahan dan apartemen di Jakarta Timur seiring dengan meningkatkan permintaan. Banyak developer membangun proyek hunian di lokasi-lokasi favorit di Jakarta Timur, seperti Cibubur, Cakung, Pasar Rebo, Cipinang, Pulomas. Terlebih lagi di Jakarta Timur juga memiliki akses yang mudah dengan adanya Bandara Halim Perdanakusuma dan terminal yang melayani banyak rute ibukota dan kota lainnya.
    Daya tarik hunian di Jakarta Timur juga tak lepas dari harganya yang terbilang masih murah jika dibandingkan dengan Jakarta Selatan yang dekat dengan gedung pencakar langit. Belum lagi dengan pusat pendidikan dan pusat perbelanjaan menambah list mengapa hunian di Jakarta Timur terus dibutuhkan. Hal ini dapat Anda lihat dari harga jual dan sewa apartemen di Jakarta Timur yang masih terjangkau untuk semua kalangan.